Comscore Tracker

Piala Asia 2019: India Vs Uni Emirat Arab, Macan Siap Menerkam!

Tim tuan rumah waspadai serangan balik Sunil Chhetri cs

Publik dalam negeri India tengah memusatkan perhatian pada perjuangan timnas. Usai melindas Thailand dengan skor telak 4-1 di matchday pertama (Minggu, 6/1), harapan akan kebangkitan sepak bola membuncah lebih dari biasanya. Kini mereka digadang-gadang bakal melenggang ke babak gugur untuk pertama kali sepanjang sejarah keikutsertaan Piala Asia.

Namun, mereka wajib melewati hadangan tim tuan rumah terlebih dahulu. Uni Emirat Arab sendiri banyak belajar dari hasil imbang 1-1 ketika berjumpa Bahrain (Sabtu, 5/1). Dengan satu poin yang telah dikantongi, kemenangan berarti kans melaju dari fase penyisihan grup masih terbuka lebar. Syaratnya cukup sederhana: menang.

1. India dengan percaya diri membidik kemenangan kedua

Piala Asia 2019: India Vs Uni Emirat Arab, Macan Siap Menerkam!the-afc.com

Rasa antusias tengah selimuti Sunil Chhetri dan kawan-kawan lantaran hanya butuh tiga poin tambahan demi menyegel satu tempat di babak 16 besar. Kendati Uni Emirat Arab tergolong sukar ditaklukkan, The Blue Tigers percaya bisa mewujudkan mimpi yang tertahan selama 55 tahun.

"Melawan UEA jadi laga yang sukar, itu pasti. Mereka bertujuan menang, begitu pula kami. Para pemain dalam motivasi tinggi untuk mengulang penampilan cemerlang. Kami sudah mewujudkan target kembali ke Piala Asia. Selanjutnya, lolos ke babak gugur," tegas sang juru taktik, Stephan Constantine, pada sesi jumpa pers Rabu (9/1/2019) kemarin.

Menyoal prospek sapu bersih sekaligus lolos sebagai jawara Grup A, pria asal Inggris itu mengakui hal tersebut bukan perkara mustahil. Namun dirinya mengaku lebih berfokus pada laga terdekat ketimbang sesumbar.

Baca Juga: Piala Asia 2019: Kalah Tipis, Oman Gagal Jegal Uzbekistan

2. Alberto Zaccheroni, pelatih Uni Emirat Arab, masih percaya dengan kans lolos ke fase gugur

Piala Asia 2019: India Vs Uni Emirat Arab, Macan Siap Menerkam!the-afc.com

Sedang dari kubu Uni Emirat Arab, Alberto Zaccheroni selaku nahkoda tim memandang India sebagai contoh bagaimana sepak bola di tanah Asia telah berkembang pesat beberapa tahun terakhir. Karenanya, mantan pelatih timnas Jepang tersebut meminta Ismail Matar cs tampil total sepanjang 90 menit.

"Jelas ini akan berjalan sulit meski target kami adalah menang. Kami akan melakukan yang terbaik meski saya tahu India akan menyulitkan. Namun saya dapat meyakinkan Anda jika semangat dan keinginan tengah menanjak, lebih dari apa yang ditunjukkan dalam pertandingan melawan Bahrain," paparnya dalam kesempatan terpisah seperti dilansir the-afc.com.

Hadapi India, Zaccheroni beranggapan jika sang lawan lebih kompak. Belum lagi serangan balik yang bekerja sangat efektif saat melawan Thailand. Nah, akankah The White tunjukkan hasil evaluasi atau malah terpuruk?

3. The White belum terkalahkan dalam empat pertemuan terakhir dengan India

Piala Asia 2019: India Vs Uni Emirat Arab, Macan Siap Menerkam!the-afc.com

Berikut ini prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

India (4-4-2)

Gurpreet Singh Sandhu; Anas Etathodhika, Sandesh Jhingan, Pritam Kotal, Subhashish Bose; Udanta Singh, Halicharan Narzary, Anirudh Thapa, Pronay Halder; Sunil Chhetri, Ashique Kuruniyan

Uni Emirat Arab (3-5-1-1)

Khalid Eisa Bilal; Khalifa Mubarak, Fares Juma Al Saadi, Al Hassan Saleh; Bandar Al-Ahbabi, Ali Salmeen, Amer Abdulrahman, Khalfan Mubarak, Khamis Esmaeel; Ismail Al Hammadi; Ali Mabkhout

Catatan empat pertemuan terakhir :

28/07/2011 India 1-1 Uni Emirat Arab (Kualifikasi Piala Dunia)

23/07/2011 Uni Emirat Arab 3-0 India (Kualifikasi Piala Dunia)

18/11/2010 Uni Emirat Arab 5-0 India (Uji Coba)

26/06/2001 India 0-0 Uni Emirat Arab (Uji Coba).

Baca Juga: Piala Asia 2019: Yordania Vs Suriah, Misi Teruskan Kejutan

Achmad Hidayat Alsair Photo Community Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh mahasiswa tua, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You