Comscore Tracker

Piala Asia 2019: Kirgizstan Vs Korea Selatan, Si Kerdil dan Goliath

Pasukan Taeguk bakal menang mudah?

Pantaslah melabeli laga ini sebagai pertemuan antara liliput dan Goliath. Kirgizstan, negara Asia Tengah, baru pertama kali merasakan ketatnya persaingan di tingkat Asia sejak resmi merdeka dua dekade silam. Selain Akhlidin Israilov yang sedikit akrab dengan telinga publik sepak bola Indonesia, tak ada satu pun nama pemain mereka yang pernah menjadi sorotan media.

Berbeda dengan materi Korea Selatan dengan segudang talenta milik sejumlah klub papan atas Eropa. Sebutlah Ki Sung-yueng (Newcastle United), Lee Chung-yong (VfL Bochum), Koo Ja-cheol (Hamburger SV), Lee Seung-woo (Hellas Verona) hingga Son Heung-min (Tottenham Hotspurs). Dengan level kualitas jomplang, publik seolah yakin 100% jika Taeguk Warriors bakal menang mudah.

1. Kirgizstan menolak menyerah dari pacuan menuju babak gugur

Piala Asia 2019: Kirgizstan Vs Korea Selatan, Si Kerdil dan Goliaththe-afc.com

Namun tunggu dulu. Beda kualitas di atas kertas bukan berarti berbanding lurus dengan yang bakal tersaji di lapangan. Semua sudah melihat bagaimana Filipina membuat Korsel frustrasi saat bertemu di pekan pembuka Grup C, Senin (7/1/2019) silam. Aleksandr Krestinin, pelatih kepala Kyrgyzstan, masih mengusung optimisme.

"Kami punya banyak waktu untuk bersiap. Melawan Korea Selatan memang akan terasa, tapi sudah pasti menarik. Cina tentu berbeda dengan lawan kami besok. Suasana di kamp pun positif, para pemain fokus dan masih ada dua pertandingan tersisa," papar pria berkebangsaan Rusia itu dalam sesi jumpa pers, Kamis (10/1/2019) kemarin.

Hasil minor nan tipis 2-1 saat bersua Cina jadi bahan evaluasi skuat The White Falcons. Valery Kichin dkk pun disebut secara ekstensif mempelajari rekaman laga Korsel versus Filipina demi mencari kelemahan sang calon lawan.

Baca Juga: Piala Asia 2019: Irak Tundukkan Vietnam dengan Susah Payah

2. Korea Selatan siap kembali peragakan permainan ofensif

Piala Asia 2019: Kirgizstan Vs Korea Selatan, Si Kerdil dan Goliaththe-afc.com

Paulo Bento, juru taktik Korsel, dalam kesempatan terpisah berujar jika pasukannya tengah tapaki momentum positif. Dengan koleksi tiga poin, mereka kini memburu kemenangan kedua demi amankan jalan lapang menuju babak gugur. Intinya, Kim Young-gwon beserta kolega musti bermain total ofensif.

"Kami akan berusaha melakukan yang terbaik demi lolos ke babak selanjutnya. Kirgizstan sudah pasti akan bermain defensif sembari menunggu kesempatan lakukan serangan balik, sama seperti yang dilakukan Filipina. Solusinya? Kami tetap pertahankan gaya bermain menyerang dari kaki ke kaki," papar eks pelatih timnas Portugal tersebut seperti dilansir laman the-afc.com.

Berbicara tentang sang lawan, pria 49 tahun itu mengaku lebih dulu melakukan analisa gaya bermain Kirgizstan. Adaptasi jadi poin penting yang ditekankan saat berlaga di hadapan publik Stadion Hazza bin Zayed Al Ain.

3. Taeguk Warriors belum pernah sekalipun bertemu dengan The White Falcons

Piala Asia 2019: Kirgizstan Vs Korea Selatan, Si Kerdil dan Goliaththe-afc.com

Berikut prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

Kirgizstan (4-4-2)

Pavel Matiash; Valeri Kichin, Tamirlan Kozubaev, Daniel Tagoe, Kairat Zhyrgalbek Uulu; Akhlidin Israilov, Edgar Berndhardt, Bekzhan Zagynbaev, Farhat Musabekov; Vitalij Lux, Mirlan Murzaev

Korea Selatan (4-2-3-1)

Kim Seung-gyu; Kim Jin-su, Lee Yong, Kim Young-gwon, Kim Min-jae; Lee Jae-sung, Koo Ja-cheol; Hwang Hee-chan, Jung Woo-young, Ki Sung-yueng; Hwang Ui-jo

Catatan : Kedua tim belum pernah bertemu baik di ajang resmi atau uji coba internasional.

Baca Juga: Piala Asia 2019: Filipina Vs Cina, Trauma Berat Si Bulan-bulanan

Achmad Hidayat Alsair Photo Community Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh mahasiswa tua, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You