Piala Asia 2019: Yordania Vs Suriah, Misi Teruskan Kejutan

Satu tiket fase gugur sudah menunggu skuat The Chivalrous

Yordania sedang berada di atas angin. Australia, si juara bertahan, secara mengejutkan dijegal pada laga pembuka Grup B pada Minggu (6/1/2019) lalu. Sebiji gol Anas Bani Yaseen sudah cukup untuk mengukir kemenangan sensasional. Kini mereka kembali membidik tiga poin demi pastikan satu tempat di babak gugur.

Keadaan berbeda dialami Suriah yang harus puas dengan skor kacamata ketika bersua Palestina. Terlebih The Qasioun Eagles masih mencari kemenangan perdana. Posisi kedua klasemen sementara yang tengah diduduki (lebih sedikit menerima kartu dibanding Palestina) jadi keuntungan. Tugas mereka hanya satu, memanfaatkannya.

1. Anas Bani Yaseen cs ingin mengunci satu tiket ke fase gugur

Piala Asia 2019: Yordania Vs Suriah, Misi Teruskan Kejutanthe-afc.com

Vital Borkelmans, pelatih Yordania, mempercayakan tugas krusial ke pundak anak asuhnya. Menanjaknya mentalitas berbanding lurus dengan tren kejutan yang menyeruak pada sejumlah laga. Selain itu, pria berpaspor Belgia tersebut beralasan jika Amer Shafi cs sudah hafal betul kekuatan sang lawan lantaran sudah sering bertemu baik di ajang resmi atau partai uji coba.

"Pemain saya tahu lebih banyak tentang pemain Suriah. Mereka hafal cara bermain, serta di sisi mana titik tumpu serangan. Beberapa pemain Suriah pun merumput di Liga Yordania. Seluruh info ini tentu berguna sebagai bahan strategi, kami punya banyak opsi. Mereka tahu apa yang harus dilakukan," ujarnya dalam sesi jumpa pers pada Rabu (9/1/2019) kemarin.

Berbicara lebih jauh, Borkelmans turut menekankan pada pentingnya skuat The Chivalrous menjaga momentum. "Tim pelatih wajib menyebarkan aura positif. Sangat penting menyiapkan para pemain saya, baik secara fisik dan juga mental," imbuhnya.

Baca Juga: Piala Asia 2019: Bahrain Vs Thailand, Gajah Perang Terseok-seok?

2. Bernd Stange, pelatih Suriah, usung target poin penuh

Piala Asia 2019: Yordania Vs Suriah, Misi Teruskan Kejutanthe-afc.com

Hal senada turut disampaikan juru taktik Suriah, Bernd Stange. Baginya, duel dengan negeri tetangga ini bak sebuah derby lantaran kedua tim sudah saling jajal selama bertahun-tahun. Namun tensi laga di Al Ain tentu saja akan berbeda. Mereka pun butuh kemenangan meski sadar ini akan menjadi 90 menit yang sulit untuk Omar Al Somah cs.

"Kami akan coba meraih poin penuh, semua tim tentu saja ingin melakukan itu. Situasi kian rumit setelah Yordania menang atas Australia. Dengan fakta tersebut, tugas selanjutnya takkan berjalan mudah. Kami butuh poin, kami akan mengerahkan segalanya," papar sosok gaek asal Jerman tersebut dalam kesempatan terpisah, seperti dilansir laman the-afc.com.

Diperkirakan susunan tim inti Suriah tak banyak berubah. Mulai dari duet bek tengah Moayad Ajan dan Abdul Malek Anizan, barisan gelandang veteran macam Omar Kharbin plus Zaher Midani, serta Omar Al Somah selaku juru gedor andalan.

3. The Qasioun Eagles hanya menang sekali dalam empat pertemuan terakhir dengan Yordania

Piala Asia 2019: Yordania Vs Suriah, Misi Teruskan Kejutanthe-afc.com

Berikut prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

Yordania (4-2-3-1)

Amer Shafi; Salem Al-Ajalin, Tareq Khattab, Anas Bani Yaseen, Feras Shelbaieh; Yousef Al-Rawashdeh, Saeed Murjan; Baha' Abdel-Rahman, Khalil Bani Attah, Yaseen Al-Bakhit; Musa Al-Tamaari

Suriah (4-2-3-1)

Ibrahim Alma; Ahmad Al Salih, Moayad Ajan, Abdul Malek Anizan, Jehad Al Baour; Tamer Haj Mohamad, Fahd Youssef; Osama Omari, Omar Kharbin, Zaher Midani; Omar Al Somah

Catatan empat pertemuan terakhir :

26/03/2015 Yordania 0-1 Suriah (Uji Coba)

05/03/2014 Yordania 2-1 Suriah (Kualifikasi Piala Asia)

13/08/2013 Suriah 1-1 Yordania (Kualifikasi Piala Asia)

16/12/2012 Yordania 1-2 Suriah (Uji Coba).

Baca Juga: Profil Peserta Piala Asia 2019: Grup A, Potensi Milik Tuan Rumah

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya