PSIS Semarang Vs Persija Jakarta, Bukan Tentang Bruno Silva Semata

Siapa lebih unggul, Bruno Silva atau Marko Simic?

Jumat 20 April 2018, Stadion Sultan Agung Bantul, 15:30 WIB (Live Indosiar)

Sejak Bruno Silva berhasil mencetak hattrick sekaligus menyumbang satu assist ke gawang PSMS Medan pekan kemarin, namanya melambung dan menjadi buah bibir di kalangan pencinta sepak bola nasional.

Raihan istimewa tersebut seolah melengkapi parade gol dari penyerang-penyerang asing, yang belakangan menjadi tumpuan sekaligus menjadi pilar penting beberapa klub peserta Liga 1.

Kecemerlangan PSIS pada hari ini mendapatkan hadangan dari Persija Jakarta, sebuah tim dengan pola penyerangan agresif yang juga punya satu nama mentereng: Marko Simic. Demi melanjutkan misi bertahan di kasta tertinggi sepak bola Indonesia, sang tuan rumah wajib memenangi laga ini.

Singkatnya, PSIS wajib menang tidak peduli siapapun lawannya.

1. Pelatih PSIS, Vincenzo Annese, berjanji akan berusaha keras meraih 3 poin di laga ini

PSIS Semarang Vs Persija Jakarta, Bukan Tentang Bruno Silva SemataInstagram.com/psisfcofficial

"Kami sudah siap untuk menang dan bekerja keras. Seluruh pemain akan tampil fight karena sudah bersiap diri dengan matang selama sepekan ini," tutur Vincenzo Annese, pelatih kepala PSIS, dalam jumpa pers pra-pertandingan pada hari Kamis (19/4/2018) siang seperti dilansir oleh laman Liga-Indonesia.id.

Dari kubu Laskar Mahesa Jenar, ada dua pemain inti yang terpaksa absen akibat cedera di laga ini. Sang kiper utama, Jandia Eka Putra, harus menepi akibat cedera otot panggul. Sementara palang pintu jangkung mereka, Petar Planic, juga belum bisa turun sebagai starter setelah mengalami cedera hamstring.

Meski kelihatan timpang, skuat mereka saat mengalahkan PSMS pekan kemarin bisa saja menjadi gambaran starting eleven yang akan dipasang oleh coach Vincenzo. Lini belakang masih akan digawangi oleh sang kapten tim Haudi Abdillah dengan Rio Saputra sebagai pengganti Planic, serta Safruddin Tahar dan Gilang Ginarsa masing-masing di sisi kiri dan kanan.

2. Persija datang ke Bantul dengan misi memperbaiki catatan buruk kala melakoni laga tandang

PSIS Semarang Vs Persija Jakarta, Bukan Tentang Bruno Silva SemataPersija.id

Di lini tengah, trio Ibrahim Conteh - Bayu Nugroho - Hapit Ibrahim diharap bisa melanjutkan performa cemerlang mereka yang mendikte jalannya pertandingan secara penuh. Sementara di barisan depan, tuan rumah tetap mengandalkan Bruno Silva serta dua penyerang lincah yang sama berbahayanya yakni Hari Nur Yulianto serta Komarudin.

Persija sendiri datang dengan rasa percaya diri yang tengah menanjak dengan modal kemenangan dua kali berturut-turut atas Johor Darul Ta'zim (4-0) di AFC Cup serta Borneo FC (2-0) pada pekan keempat Liga 1 lalu.

Tren positif inilah yang coba dijaga oleh Ismed Sofyan dan kawan-kawan. Apalagi mereka punya tekad memperbaiki catatan laga tandang. Ya, Persija memang sejauh ini melempem jika menjadi tim tamu baik di tingkat Asia atau kompetisi domestik.

“Motivasi kami berlipat setelah meraih dua kemenangan saat jumpa Johor Darul Ta'zim dan Borneo FC. Apalagi di laga tersebut kami tidak kebobolan. Baik lini belakang, tengah, dan depan juga punya peran dalam mencetak gol. Tentunya secara mental kami cukup baik untuk laga besok (Hari ini),” ungkap Stefano Cugurra, pelatih Persija dalam kesempatan yang sama, seperti dikutip dari situs resmi Persija.id.

3. Riko Simanjuntak beserta kolega diwanti-wanti tidak hanya mewaspadai Bruno Silva saja

PSIS Semarang Vs Persija Jakarta, Bukan Tentang Bruno Silva SemataInstagram.com/persijajkt

Macan Kemayoran sendiri bertamu ke Bantul dengan kekuatan penuh tanpa masalah berarti. Jaimerson Xavier dan Maman Abdurrahman kemungkinan akan kembali dipercaya sebagai palang pintu, sekaligus bertugas membendung Bruno Silva. Namun Silva jelas bukan satu-satunya ancaman yang harus mereka waspadai dalam laga ini.

Coach Teco juga berpotensi akan melakukan rotasi pemain jelang laga lanjutan AFC Cup kontra Tampines Rovers pekan depan. Di lini tengah, Fitra Ridwan dan Sandi Sute akan bahu membahu mengatur serangan bersama Rohit Chand. Sementara barisan penyerang tetap akan diisi oleh Riko Simanjuntak, Marko Simic serta Novri Setiawan.

Berikut prakiraan susunan pemain kedua tim seperti dilansir oleh Liga-Indonesia.id :

PSIS (4-3-3)
(Kiper) Aji Bayu Putra; (Belakang) Gilang Ginarsa, M. Rio Saputra, Haudi Abdillah, Safrudin Tahar; (Tengah) Bayu Nugroho, Ibrahim Conteh, Hapit Ibrahim; (Depan) Hari Nur Yulianto, Komarudin, Bruno Silva

Persija (4-3-3)
(Kiper) Andritany Ardhiyasa; (Belakang) Ismed Sofyan, Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Valentino Telaubun; (Tengah) Fitra Ridwan, Rohit Chand, Sandi Sute; (Depan) Riko Simanjuntak, Marko Simic, Novri Setiawan.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya