Preview PSM Makassar Vs Perseru Serui: Upaya Lampiaskan Rasa Rindu

Sudah sebulan "Juku Eja" tak bersua dengan pendukungnya

Minggu 5 Agustus 2018, Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, 15:30 WIB (Live tvOne)

Rindu, itulah kata yang tepat untuk mewakili perasaan publik kota Makassar atas klub sepak bola kebanggaan mereka. Bagaimana tidak, PSM terpaksa "mengungsi" ke Gianyar akibat masalah penerangan stadion yang belum memenuhi persyaratan. Sekali bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta, empat laga sisa pasca libur bulan Ramadhan adalah laga tandang.

Dengan kata lain, PSM belum bertemu para pendukungnya selama sebulan terakhir! Namun penantian akan terbayar lunas di pekan ke-19. Stadion Andi Mattalatta seiap kembali diselimuti warna merah kebanggaan setelah mendapat lampu hijau dari pihak operator kompetisi. Kini misi mereka hanya satu: menuntaskan rasa kangen.

1. Bagi Robert Rene Alberts, pelatih PSM, hanya kemenangan yang bisa menghapus rasa rindu publik Makassar

Preview PSM Makassar Vs Perseru Serui: Upaya Lampiaskan Rasa RinduInstagram.com/psm_makassar

Sadar ada rasa rindu yang harus dibayar lunas, Robert Rene Alberts selaku pelatih kepala PSM memasang target kemenangan. Terlebih tiga poin bakal memberi nafas tambahan kepada skuat Juku Eja dalam perburuan gelar juara Liga 1 musim 2018. Tiga poin akan membawa mereka lebih dekat kepada Persib, sang pemuncak klasemen sementara.

"Kami lama tidak bermain di kandang. Saya bisa melihat tekad, semangat dan kemauan pemain untuk menang setelah akhirnya kami tampil di kandang," tutur meneer Robert pada sesi konferensi pers jelang pertandingan pada hari Sabtu (4/8/2018) kemarin seperti dikutip dari situs resmi klub PSMMakassar.co.id.

Lebih lanjut, dirinya mengaku enggan meremehkan Perseru. Meski secara peringkat bagaikan bumi dan langit (posisi 4 dan 14), tren positif sang tamu dalam dua pekan terakhir jadi perhatian tersendiri untuk sosok berusia 63 tahun tersebut.

2. Kiper anyar Juku Eja, Imam Arief Fadillah, dipastikan turun sejak menit pertama

Preview PSM Makassar Vs Perseru Serui: Upaya Lampiaskan Rasa RinduInstagram.com/psm_makassar

Kejutan bakal hadir dari susunan tim tuan rumah. Kiper pinjaman dari Persib yakni Imam Arief Fadillah dipastikan turun sebagai starter. Hal ini tak lepas dari fakta jika dua penjaga gawang andalan PSM, Rivky Mokodompit dan Syaiful Syamsuddin, tengah dibekap cedera. Sementara Sandro sang legiun asing anyar masih butuh waktu adaptasi.

Dari kubu tamu, Perseru enggan langsung ciut hadapi PSM dengan materi pemain berkualitas ditambah atmosfer Mattoanging saat dipenuhi puluhan ribu suporter. Namun catatan berbicara, Cendrawasih Jingga belum sekali pun meraih sekali kemenangan dalam empat kesempatan bersua.

"Kami sudah sangat siap untuk menghadapi PSM besok. Sejak musim lalu kami selalu kalah. Kami juga datang dengan semangat yang bagus," tutur I Putu Gede Dwi Santoso, juru taktik Perseru Serui, dalam kesempatan yang sama.

3. Perseru datang ke Makassar bermodal kemenangan 3-1 atas Persebaya pekan kemarin

Preview PSM Makassar Vs Perseru Serui: Upaya Lampiaskan Rasa RinduLiga-Indonesia.id

Meski terhitung sulit, sebiji poin dari Kota Daeng jelas amat berharga sebagai bekal perjuangan Silvio Escobar dan kawan-kawan menjauhi zona degradasi. Kemenangan telak 3-1 atas Persebaya pekan kemarin jadi modal menantang PSM di kandangnya.

Selain itu, Perseru juga mendapat suntikan tenaga dari dua legiun asing baru. Ada Beto de Paula, striker yang sebelumnya merumput bersama Madura United di putaran bertama, serta gelandang Osmar dos Santos Filho alias Mazinho. Kehadiran duo Brasil ini diharap menjadi jawaban atas masalah produktifitas gol sektor depan.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya