PSM Makassar vs Persela Lamongan, Demi Target 9 Poin!

Apakah PSM akan kembali berpesta di kandang?

Duel dua tim dengan kondisi berbeda akan terjadi pada hari ini di Makassar. PSM, sang tuan rumah, belum pernah kalah sekaligus kebobolan di dua pekan terakhir. Sementara Persela sebagai tamu belum sekali pun meraih kemenangan dan bahkan sudah kebobolan 3 gol sejauh ini.

Berangkat dari kondisi di atas, wajar jika tuan rumah lebih diunggulkan dalam pertandingan ini. Apalagi Mattoanging pun dikenal bukanlah sebuah tempat di mana para tamu bisa membawa pulang hasil positif dengan mudah. PSM bertekad kembali melanjutkan tren kemenangan demi tetap bertahan di puncak klasemen sementara.

1. PSM punya misi mempertahankan posisi mereka di puncak klasemen

PSM Makassar vs Persela Lamongan, Demi Target 9 Poin!Liga-Indonesia.id

“Kami sebagai tuan rumah tentu memiliki motivasi lebih karena ingin menjadi satu-satunya tim yang mampu mengumpulkan sembilan poin dalam tiga pertandingan awal," tutur pelatih kepala PSM, Robert Rene Alberts, dalam konferensi pers pra-pertandingan seperti dilansir oleh Liga-Indonesia.id.

Juku Eja sendiri punya target meraup 9 poin di pekan-pekan awal kompetisi. 6 poin sudah berhasil diamankan, dan sisanya akan ditentukan dalam laga ini. Publik tuan rumah dari jauh-jauh hari berharap agar Zulkifly Syukur dan kawan-kawan bisa konsisten bertahan di papan atas demi mewujudkan target juara.

Coach Robert sendiri diperkirakan masih mengandalkan trio penyerang M. Rahmat, Ferdinand Sinaga dan Guy Junior. Wiljan Pluim, Marc Klok dan Rizky Pellu tak tergantikan di lini tengah. Duet palang pintu Steven Paulle dan Abdul Rahman pun sudah padu satu sama lain. Intinya, PSM akan turun dengan kekuatan penuh.

2. Kondisi skuat "Juku Eja" sendiri sudah dalam keadaan siap tempur

PSM Makassar vs Persela Lamongan, Demi Target 9 Poin!Instagram.com/psm_makassar

Hanya ada tiga pemain tuan rumah yang harus absen. Bek Ardan Aras harus menepi selama sebulan akibat cedera di lutut kanan saat melakoni partai tandang di Marora pekan lalu. Penyerang muda Heri Susanto dan striker anyar Bruce Djite juga masih menjalani terapi penyembuhan hingga 2 pekan kedepan.

Sadar dengan kondisi skuat tuan rumah yang siap tempur dengan pilar-pilar andalan, Persela memilih target realistis yaitu hasil imbang. Laskar Joko Tingkir sendiri belum pernah menang dalam empat pertemuan terakhir, dengan rincian tiga kali kalah dan sekali seri yang diperoleh saat gelaran ISC A tahun 2016 lalu.

"PSM ini sudah lama berkumpul. Materi pemainnya tidak banyak berubah. Saya tekankan kepada pemain agar bermain lepas menghadapi PSM. Kita medapatkan 1 point aja cukup realiatis. Kalau target kemenangan, rasanya masih jauh," ungkap Aji Santoso selaku pelatih Persela dalam kesempatan yang sama seperti dikutip dari perselafootball.com.

3. Persela punya tugas sulit dalam lawatannya ke Makassar kali ini

PSM Makassar vs Persela Lamongan, Demi Target 9 Poin!Instagram.com/perselafc

Keberadaan Shohei Matsunaga dan Diego Assis di lini tengah diharapkan bisa sedikit meredam eksplosifnya serangan tuan rumah. Lini belakang Persela yang diisi sang kapten Birrul Walidain, Eki Taufik, Jodi Kustiawan dan Arif Satria pun punya tugas sulit yaitu mengantisipasi para penyerang PSM yang dikenal mengandalkan kecepatan.

Loris Arnaud tampaknya harus sedikit ngotot jika ingin menciptakan peluang, terlebih dua bek tengah tim lawan terkenal lihai mengantisipasi bola-bola tinggi. Tugasnya pun akan sedikit sulit sebab sang kompatriot, Saddil Ramdani, tidak bisa ikut ke Makassar dengan alasan harus mengikuti Ujian Nasional tingkat SMA.

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim seperti dilansir oleh Liga-Indonesia.id :

PSM (4-3-3)
(Kiper) Rivky Mokodompit; (Belakang) Zulkifly Syukur, Steven Paulle, Abdul Rahman, Fauzan Jamal; (Tengah) Marc Klok, Rizky Pellu, Wiljan Pluim; (Depan) M. Rahmat, Ferdinand Sinaga, Guy Junior

Persela (4-4-2)
(Kiper) Dwi Kuswanto; (Belakang) Eki Taufik, Jodi Kustiawan, Arif Satria, Birrul Walidain; (Tengah) Syahroni, Shohei Matsunaga, Diego Assis, Fahmi Al Ayyubi; (Depan) Sugeng Efendi, Loris Arnaud.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya