Comscore Tracker

Rekap UEFA Nations League A: Jerman yang Merana, Auman Inggris Muda

Polandia dan Islandia resmi terdegradasi ke League B

Dua matchday lanjutan UEFA Nations League A baru saja rampung. Beberapa drama tersaji dalam delapan partai yang berlangsung pada Kamis (11/10) hingga Selasa (16/10) kemarin. Perhatian publik tertuju pada Jerman yang belum bisa lepas dari penampilan buruk. Ada juga kejutan dari tim muda Inggris kala menjajal Spanyol.

Selain itu, Polandia serta Islandia dipastikan terdegradasi dari divisi tertinggi hajatan anyar sepak bola Eropa. Alhasil, keduanya bakal berlaga di League B di musim 2020-21. Berikut rangkuman hasil untuk bulan Oktober ini seperti dihimpun dari UEFA.com.

1. Grup 1: Ada apa dengan Der Panzer?

Rekap UEFA Nations League A: Jerman yang Merana, Auman Inggris MudaUEFA.com

Badai di skuat Jerman tampaknya belum akan mereda dalam waktu dekat. Tim asuhan Joachim Loew tersebut kalah dua kali beruntun dalam matchday Oktober. Pertama, mereka dilibas sang rival sekaligus tetangga Belanda saat bertemu di Johan Cruyff Arena Amsterdam pada Sabtu (14/10) lalu.

Selanjutnya, Der Panzer harus mengakui keunggulan Prancis si juara dunia. Melawat ke Stade de France Saint-Denis hari Selasa (16/10) kemarin, Antoine Griezmann jadi mimpi buruk sang tamu berkat sepasang gol pembalik keadaan usai tertinggal 2-1.

Yang mengherankan, Manuel Neuer dkk dominan sekaligus agresif dalam dua partai tersebut. Apa daya, penyelesaian akhir buruk masih belum terpecahkan. Pertanda Jerman kian dekat dengan jurang degradasi?

  • Sabtu 14 Oktober 2018 : Belanda 3-0 Jerman, Johan Cruyff Stadium - Amsterdam (Virgil van Dijk 30'; Memphis Depay 87; Georginio Wijnaldum 90+3')
  • Selasa 16 Oktober 2018 : Prancis 2-1 Jerman, Stade de France - Saint-Denis (Antoine Griezmann 62', 80' Pen. - Toni Kroos 14' Pen.)

2. Grup 2: Teka-teki di dalam skuat Islandia

Rekap UEFA Nations League A: Jerman yang Merana, Auman Inggris MudaUEFA.com

Sempat menjadi sensasi pada Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia Rusia kemarin, Islandia tampak kesusahan di kasta teratas UEFA Nations League. Menjajal Swiss di Laugardalsvollur Reykjavik pada Senin (15/10) lalu, Si Biru takluk dengan skor tipis 1-2.

Agaknya inilah efek dari peralihan kursi pelatih dari Heimir Hallgrimsson ke Erik Hamren. Juru taktik asal Swedia tersebut tampaknya belum menemukan formula yang tepat bagi Gylfi Sigurdsson cs. Tiga dari empat partai internasional terakhir mereka berakhir negatif.

Kendati sudah terdegradasi, mereka masih pede dengan kans saat terjun ke babak kualifikasi Piala Eropa 2020. Ada banyak teka-teki yang harus dijawab demi pulihkan reputasi sebagai kuda hitam. Di sisi lain, persaingan gelar jawara grup mengerucut pada Belgia serta Swiss.

  • Jumat 12 Oktober 2018 : Belgia 2-1 Swiss, King Baudouin Stadium - Brussels (Romelu Lukaku 58', 84' - Mario Gavranovic 76')
  • Senin 15 Oktober 2018 : Islandia 1-2 Swiss, Laugardalsvollur - Reykjavik (Alfred Finnbogason 81' - Haris Seferovic 52'; Michael Lang 67')

Baca Juga: UEFA Nations League: Prancis Bungkam Jerman dengan Skor 2-1

3. Grup 3: Coba-coba Polandia berbuah petaka

Rekap UEFA Nations League A: Jerman yang Merana, Auman Inggris MudaUEFA.com

Polandia resmi jadi tim pertama yang degradasi ke League B satu hari sebelum Islandia. Kekalahan tambahan dari Portugal dan Italia genapkan catatan buruk. Hanya mengoleksi sebiji poin kala menjajal Italia, kota Chorzow seolah tak bersahabat bagi Robert Lewandowski dan kawan-kawan.

Akhir tragis warnai dua partai kandang secara beruntun. Selain itu banyak pihak bertanya kenapa Krzysztof Piatek, striker muda yang sedang naik daun, tak dimainkan saat bertemu Italia. Piotr Kozminski menjawab ini adalah eksperimen di sektor depan, Arkadiusz Milik diduetkan dengan Lewy. Sayang, tandem tersebut tak sanggup wujudkan ekspektasi.

Yang jelas, Kozminski memetik satu pelajaran berharga: dilarang coba-coba lagi di partai genting.

  • Kamis 11 Oktober 2018 : Polandia 2-3 Portugal, Silesian Stadium - Chorzow (Krzysztof Piatek 18'; Jakub Blaszczykowski 77' - Andre Silva 31'; Kamil Gilik 43' Gbd.; Bernardo Silva 52')
  • Minggu 14 Oktober 2018 : Polandia 0-1 Italia, Silesian Stadium - Chorzow (Cristiano Biraghi 90+2')

4. Grup 4: Ketika Singa menerkam Matador

Rekap UEFA Nations League A: Jerman yang Merana, Auman Inggris MudaUEFA.com

Saat Polandia gagal total, Inggris jadi bukti eksperimen yang berhasil. Evaluasi pasca Piala Dunia melahirkan terobosan baru, pakem 3-5-2 ditanggalkan demi skema 4-3-3. Mayoritas penggawa The Three Lions pun bisa menerjemahkan apa yang ada di kepala Gareth Southgate dengan baik, mengingat formasi tersebut banyak dipakai klub-klub Premier League.

Usai menahan imbang tanpa gol Kroasia (12/10) dalam partai tanpa penonton, para Singa Muda menggila di Sevilla. Publik terhenyak melihat gawang David de Gea koyak tiga kali sebelum turun minum. Sepasang gol di paruh kedua pertandingan tak mampu mengubah keadaan. Rekor 15 tahun tak terkalahkan di tanah sendiri milik tim Matador pun putus.

  • Jumat 12 Oktober 2018 : Kroasia 0-0 Inggris, Stadion HNK - Rijeka
  • Senin 15 Oktober 2018 : Spanyol 2-3 Inggris, Estadio Benito Villamarin - Sevilla (Paco Alcacer 58'; Sergio Ramos 90+8' - Raheem Sterling 16', 38'; Marcus Rashford 30')

5. Situasi papan klasemen sementara UEFA Nations League A usai matchday keempat

Rekap UEFA Nations League A: Jerman yang Merana, Auman Inggris MudaUEFA.com

Dua angka ke gawang Swiss kukuhkan Romelu Lukaku (Belgia) sebagai top skorer sementara berkat koleksi 4 gol. Berikut jadwal matchday lima dan enam alias pekan pamungkas yang berlangsung bulan November mendatang seperti dilansir oleh UEFA.com :

Jumat, 16 November 2018 :

  • (Grup 2) Belgia vs Islandia, King Baudouin Stadium - Brussels, 02:45 WIB
  • (Grup 4) Kroasia vs Spanyol, Stadion Maksimir - Zagreb, 02:45 WIB

Sabtu, 17 November 2018 :

  • (Grup 1) Belanda vs Prancis, Stadion Feijenoord - Rotterdam, 02:45 WIB

Minggu, 18 November 2018 :

  • (Grup 3) Italia vs Portugal, Stadio San Siro - Milan, 02:45 WIB
  • (Grup 4) Inggris vs Kroasia, Wembley Stadium - London, 21:00 WIB

Senin, 19 November 2018 :

  • (Grup 2) Swiss vs Belgia, Luzern Arena - Lucerne, 02:45 WIB

Selasa, 20 November 2018 :

  • (Grup 1) Jerman vs Belanda, Arena AufSchalke - Gelsenkirchen, 02:45 WIB

Rabu, 21 November 2018 :

  • (Grup 3) Portugal vs Polandia, Estadio D. Afonso Henriques - Guimaraes, 02:45 WIB.

Baca Juga: UEFA Nations League: Swiss Mengirim Islandia ke Jurang Degradasi

Achmad Hidayat Alsair Photo Community Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh mahasiswa tua, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You