Rekap UEFA Nations League B: Ukraina Sempurna, Drama di Solna

Kasta kedua tetap sajiikan laga-laga bertensi tinggi

UEFA Nations League B bisa disebut sebagai ajang pertemuan para kesebelasan "nanggung". Mereka pernah memberi kejutan di berbagai ajang internasional, namun juga acapkali gagal wujudkan ekspektasi banyak kalangan. Kini, sebanyak 12 tim berusaha merangsek masuk ke Liga A sekaligus mencari satu tiket sisa ke hajatan Piala Eropa 2020.

Beberapa cerita hadir dari 8 laga bulan September. Ada tren positif Ukraina serta Bosnia-Herzegovina, drama duel Swedia-Turki hingga istilah "roda kehidupan" yang dialami Wales. Berikut ini rangkuman hasilnya seperti dihimpun dari situs resmi UEFA.

1. (Grup 1) Laju mulus Ukraina

Rekap UEFA Nations League B: Ukraina Sempurna, Drama di SolnaUnion.info

Kampanye Ukraina pada dua laga dituntaskan dengan ciamik. Bertandang ke City Stadium Uherske Hradiste (Kamis 6/9) sebagai tamu Republik Ceko, tuan rumah berhasil dibungkam dengan skor 2-1. Sempat ketinggalan berkat gol cepat Patrik Schick (4'), Si Kuning-Biru membalas lewat Yevhen Konoplyanka (45+1') dan Oleksandr Zinchenko (90+3').

Tim besutan Andriy Shevchenko itu disulitkan oleh Slovakia tiga hari berselang (Minggu 9/9). Sempat dibuat frustrasi oleh bek-bek The Falcons, kebuntuan pecah juga pada menit ke 80. Wasit Anastasios Sidiropoulos (Yunani) menunjuk titik putih setelah bek Milan Skriniar melanggar gelandang Viktor Tsygankov. Andriy Yarmolenko menunaikan tugas algojo dengan baik. Gol penalti penggawa West Ham United tersebut jadi satu-satunya yang tercipta.

2. (Grup 2) Comeback sempurna Turki

Rekap UEFA Nations League B: Ukraina Sempurna, Drama di SolnaAnadolu Agency

Kekalahan dari Rusia pada matchday pertama sempat membuat Turki cemas. Bersua di Senol Gunes Stadium Trabzon (Jumat 7/9), Ay-Yildizlilar harus akui keunggulan Sbornaya. Angka sumbangan Denis Cheryshev (13') dan Artem Dzyuba (49') hanya berbalas sepakan keras bek tengah Serdar Aziz di menit ke-41. Skor akhir ialah 1-2 untuk tim tamu.

Pasukan Mircea Lucescu itu baru bangkit dengan cara dramatis di Friends Arena Solna saat menjajal Swedia (Senin 10/9). Mereka tertinggal dua angka lebih dulu, hasil lesatan Isaac Kiese Thelin (35') serta Victor Claesson (49'). Namun Mehmet Topal cs langsung balikkan keadaan. Diawali Hakan Calhanoglu (51'), sepasang gol Emre Akbaba di menit ke-88 dan ke-90+2 buyarkan kemenangan Si Kuning-Biru.

3. (Grup 3) Naga menyapu bersih

Rekap UEFA Nations League B: Ukraina Sempurna, Drama di SolnatalkSport.com/Getty Images

Tak ada yang mampu memberi Bosnia-Herzegovina sebuah ujian berarti. Di matchday pertama (Sabtu 8/9), Irlandia Utara yang bertindak sebagai tuan rumah berhasil ditekuk dua gol berbalas satu. Sepasang gol The Dragons datang dari kaki Haris Duljevic (36') dan Elvis Saric (64'). Sebiji gol Norn Iron dari hasil lesakan striker Will Grigg di penghujung waktu normal.

Kedigdayaan berlanjut di Bilino Polje Stadium Zenica (Selasa 11/9) kala dijajal Austria. Meski serangan berkali-kali patah di lini belakang Das Team, kebuntuan akhirnya pecah di menit ke-78. Satu-satunya gol laga tersebut dilesakkan oleh Edin Dzeko memanfaatkan skema serangan balik. Berkat sapu bersih dua laga awal, tim asuhan Robert Prosinecki tersebut kini duduki puncak klasemen Grup 3.

4. (Grup 4) Nasib terbalik Wales

Rekap UEFA Nations League B: Ukraina Sempurna, Drama di SolnabeINsports.com/Getty Images

Wales harus menerima kenyataan jika nasib mereka berbalik dalam tempo tiga hari saja. Rasa percaya diri sempat membuncah kala menghajar Irlandia dengan skor telak 4-1 (Kamis 6/9). Gareth Bale dan Aaron Ramsey turut catatkan nama di papan skor, sekaligus memberi Ryan Giggs debut kepelatihan yang apik.

Sayang, tren positif tak berlanjut kala menantang Denmark di Ceres Park Aarhus (Minggu 9/9). Turun dengan kekuatan penuh, termasuk Bale dan Ramsey, serangan demi serangan malah urung buahkan hasil. Christian Eriksen jadi aktor antagonis. Sepasang golnya di menit ke-32 dan ke-63 lunturkan rasa cemas suporter The Danish Dynamite pasca polemik para penggawa timnas dengan pihak federasi.

5. Hasil klasemen sementara UEFA Nations League B usai matchday bulan September

Rekap UEFA Nations League B: Ukraina Sempurna, Drama di SolnaUEFA.com

Daftar perolehan gol terbanyak League B saat ini diduki oleh Christian Eriksen (Denmark) dan Emre Akbaba (Turki) dengan koleksi 2 angka. Berikut jadwal matchday lanjutan yang berlangsung pada Oktober mendatang seperti dilansir oleh UEFA.com :

Jumat 12 Oktober 2018 :

  • (Grup 2) Rusia vs Swedia, Kaliningrad Stadium - Kaliningrad, 01:45 WIB

Sabtu 13 Oktober 2018 :

  • (Grup 3) Austria vs Irlandia Utara, Ernst-Happel-Stadion - Wina, 01:45 WIB
  • (Grup 1) Slovakia vs Repubik Ceko, Stadion Antona Malatinskeho - Trnava, 20:00 WIB

Minggu 14 Oktober 2018 :

  • (Grup 4) Irlandia vs Denmark, Aviva Stadium - Dublin, 01:45 WIB
  • (Grup 2) Rusia vs Turki, Fisht Olympic Stadium - Sochi, 23:00 WIB

Selasa, 16 Oktober 2018 :

  • (Grup 3) Bosnia-Herzegovina vs Irlandia Utara, Stadion Grbavica - Sarajevo, 01:45 WIB

Rabu, 17 Oktober 2018 :

  • (Grup 1) Ukraina vs Republik Ceko, Metalist Stadion - Khakiv, 01:45 WIB
  • (Grup 4) Irlandia vs Wales, Aviva Stadium - Dublin, 01:45 WIB

Sumber :

https://www.uefa.com/uefanationsleague/news/newsid=2530253.html

https://www.uefa.com/uefanationsleague/news/newsid=2569311.html

https://www.uefa.com/uefanationsleague/news/newsid=2569310.html

https://www.uefa.com/uefanationsleague/news/newsid=2569309.html

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya