Inilah Jumlah Rekor Luka Modric, Pemain Terbaik Piala Dunia 2018

#WorldCup2018 Calon penerima FIFA Ballon d'Or?

Mimpi Kroasia menyabet gelar juara pertama sepanjang sejarah keikutsertaan di Piala Dunia sirna. Laga final di Luzhniki Stadium Moskow pada Minggu (15/7/2018) malam kemarin adalah akhir yang anti-klimaks. Bermain gemilang dan unggul telak dari segi penguasaan bola tetap kalah dari permainan efektif.

Pulang sebagai runner-up, masih ada hadiah hiburan. Sang kapten yakni Luka Modric dianugerahi gelar Pemain Terbaik edisi 2018. Kerja keras dan mobilitas tanpa henti selama tujuh laga di Rusia mendapat pengakuan dari FIFA.

Mantan penggawa Tottenham Hotspur itu kini menjelma sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia.

Berikut ini kami sajikan angka-angka yang berhubungan dengan penampilannya sebulan terakhir, mulai dari nominal ratusan hingga nol.

1. Jumlah waktu bermain =694 menit

Inilah Jumlah Rekor Luka Modric, Pemain Terbaik Piala Dunia 2018FIFA.com

Paling banyak di antara anggota skuat Kroasia lainnya. Modric bahkan bermain penuh 120 menit saat berjumpa Denmark (Babak 16 besar) dan Rusia (Perempat final). Kemampuannya membagi bola memang amat dibutuhkan di lapangan.

Kecemerlangan sekaligus kunci sukses Real Madrid turut bertuah untuk timnas. Pelatih Zlatko Dalic jelas amat beruntung punya sosok jenderal di lapangan tengah seperti dirinya. Dan semua makin lengkap berkat kehadiran Ivan Rakitic. Sayang, kerja keras "duet maut" ini tak berujung pada gelar juara pertama dalam sejarah negeri pecahan Yugoslavia tersebut.

2. Jarak jelajah di lapangan =72,3 km

Inilah Jumlah Rekor Luka Modric, Pemain Terbaik Piala Dunia 2018FIFA.com

Mobilitas, itulah ciri utama seorang playmaker. Bergerak dari satu area ke area lain adalah hal yang wajib hukumnya dilakukan. Entah demi membangun serangan, membongkar lini belakang tim lawan atau membantu pertahanan.

Selama Piala Dunia 2018, total luas area yang dijelajahinya adalah 72,3 km. Hanya berbeda sedikit dari sang kolega di lini tengah, Ivan Rakitic, yang mencapai 72,5 km.

3. Jumlah umpan = 523 umpan

Inilah Jumlah Rekor Luka Modric, Pemain Terbaik Piala Dunia 2018FIFA.com

Ivan Rakitic memang unggul dalam segi daya jelajah, namun Modric adalah sosok penggerak permainan Hrvatska sebenarnya. 439 umpan sukses lahir dari Modric, dengan rincian 64 umpan panjang. Sebiji assist turut disumbang pemain 32 tahun ini, yakni saat Kroasia kandaskan perlawanan tuan rumah Rusia di perempat final.

WhoScored mencatat 2,6 umpan kunci per laga bisa dihadirkan di tiap laga. Sekali lagi, paling banyak dibanding rekan setimnya.

4. Jumlah tembakan ditambah 2 gol = 11 tembakan

Inilah Jumlah Rekor Luka Modric, Pemain Terbaik Piala Dunia 2018FIFA.com

Gelandang tentu tak lupa memberi ancaman jika ada kesempatan. Dan itu pula yang dilakukan Modric selama sebulan terakhir. Total 11 tembakan dikirim ke benteng terakhir lawan. Empat di antaranya tepat sasaran.

Satu dari sepasang gol koleksi di tanah Rusia lahir dari sontekan kerasnya, yakni dalam partai kedua penyisihan grup ketika Argentina dihajar tiga gol tanpa balas. Uniknya, 7 tembakan dilepas dari area luar kotak penalti. Dengan kata lain, tak ada peluang terbuang percuma.

5. Perolehan hukuman kartu = 0

Inilah Jumlah Rekor Luka Modric, Pemain Terbaik Piala Dunia 2018FIFA.com

Sejatinya ini tak mengagetkan. Mendikte permainan, melepas umpan silang, mengirim bola lambung, menggiring bola serta memanfaatkan peluang sekecil apapun adalah tugas utama seorang playmaker.

Modric tak lupa memberi bantuan atau memotong serangan. Risiko kartu pun diambil. Tercatat 12 kali pelanggaran dilakukan, namun tak ada satupun membuahkan kartu.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya