Tekuk Persipura 3-1, Arema FC Akhirnya Raih Kemenangan Pertama

Dedik Setiawan menjadi pahlawan tuan rumah berkat sepasang golnya

Setelah ditimpa episode buruk sejak kompetisi mulai bergulir, akhinya Arema FC bisa mengecap kembali manisnya meraih 3 poin untuk pertama kalinya. Menjamu Persipura Jayapura di Stadion Kanjuruhan Malang, Jumat (27/4/2018) sore, Dendi Santoso dan kawan-kawan berhasil menang dengan skor telak 3-1.

Kedua tim secara mengejutkan melakukan rotasi akibat cedera sejumlah pemain dan absennya pilar penting. Arema memasang bek Syaiful Indra Cahya, gelandang Muhammad Rafli dan penyerang Dedik Setiawan. Sementara Persipura menurunkan para pemain muda seperti duet Muhammad Tahir - Todd Rivaldo Ferre di lini tengah sekaligus penyerang Marce Kararbo.

Laga sudah berlangsung sengit sejak peluit tanda kick off dibunyikan. Beberapa peluang berhasil diciptakan silih berganti namun tidak ada yang menjadi gol. Tepat pada menit terakhir babak pertama, sang penghuni Kanjuruhan berhasil memecahkan kebuntuan.

Memanfaatkan umpan silang dari Dendi Santoso, penyerang Arema Rivaldi Bawuo yang lolos dari pengawalan berhasil menjebol gawang Dede Sulaiman. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

1. Rivaldi Bawuo mencetak gol pembuka kemenangan Arema FC atas Persipura

Tekuk Persipura 3-1, Arema FC Akhirnya Raih Kemenangan PertamaInstagram.com/aremafcofficial

Sebiji gol seolah memicu Singo Edan bangun dari tidurnya, Arema di babak kedua semakin menyerang guna memperlebar defisit angka. Di menit ke-47, Dedik Setiawan melaju sendirian di daerah pertahanan Persipura guna mengejar bola assist dari Thiago Furtuoso.

Dedik tak menyia-nyiakan peluang, bola berhasil dia sarangkan setelah mengecoh kiper Dede Sulaiman terlebih dahulu. Namun jika dilihat dari tayangan ulang, gol ini sebenarnya berbau offside.

Dedik Setiawan yang pada beberapa partai sebelumnya lebih sering dibangkucandangkan membayar lunas kepercayaan Joko Susilo. Penyerang berusia 23 tahun itu sukses mencatatkan namanya di papan skor dua kali berkat sepakannya di menit ke-71 memanfaatkan tendangan bebas dari Dendi Santoso.

Mutiara Hitam hanya sanggup membalas melalui satu gol Todd Rivaldo Ferre di menit ke-90. Laga berakhir dengan skor telak 3-1. Menarik untuk mengetahui bahwa Arema FC meraih kemenangan pertamanya saat bersua tim yang belum pernah kalah sejak pekan pertama Liga 1 musim 2018.

2. Joko Susilo, pelatih Arema FC, mengatakan bahwa raihan 3 poin ini adalah hasil kerja keras para pemainnya

Tekuk Persipura 3-1, Arema FC Akhirnya Raih Kemenangan PertamaLiga-Indonesia.id

Joko Susilo, pelatih Arema FC, amat bersyukur dengan hasil ini. Kemenangan ini amat berarti bagi perjuangan skuatnya keluar dari zona degradasi sekaligus mengangkat moral bertanding. Terlebih sanksi Komisi Disiplin kepada Arema FC membuat jumlah penonton yang hadir turun drastis dibandingkan partai-partai kandang sebelumnya.

"Kami bersyukur atas kemenangan hari ini. Kemenangan ini adalah buah kerja keras dari semua pemain. Mereka mampu bermain konsisten," terang coach Joko dalam konferensi pers pasca pertandingan seperti dilansir oleh laman Liga-Indonesia.id.

3. Persipura tampil kurang bergairah sebab kehilangan sejumlah pemain kunci

Tekuk Persipura 3-1, Arema FC Akhirnya Raih Kemenangan PertamaLiga-Indonesia.id

Di kubu lawan, Persipura memang bermain tak seperti biasa. Absennya beberapa pilar penting seperti Boaz Solossa, Hilthon Moreira, Gunansar Mandowen dan Ricardo Salampessy membuat intensitas permainan mereka menurun drastis.

Terlebih beberapa pemain muda yang menjadi starter masih butuh waktu untuk nyetel dengan permainan tim.

"Dalam laga ini kami banyak kehilangan konsentrasi ketika menguasai bola. Ditambah banyak pemain muda yang diturunkan. Mereka masih butuh waktu untuk bermain lebih baik. Kekalahan ini kami jadikan pembelajaran untuk lebih baik di pertandingan berikutnya," tutur juru taktik Persipura, Peter Butler, dalam kesempatan yang sama.

Di pekan ketujuh, Arema FC akan bertandang ke Surabaya sebagai tamu sang rival lama Persebaya pada hari Minggu (6/5/2018). Sementara Persipura menerima lawatan Borneo FC di Stadion Mandala di hari Jumat (4/5/2018).

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya