Ringkasan dan Klasemen Hasil Pekan ke-11 Liga 1 2018

Kemenangan penting PSMS, PSIS, Perseru dan Barito Putera

Pekan ke-11 Liga 1 sudah usai. Beberapa tim berhasil meraih hasil penting seperti Perseru, PSIS, Persela dan Barito Putera. Ada yang mulai menunjukkan stabilitas, ada juga yang kembali meraih kemenangan penting demi keluar dari zona degradasi.

Sembilan pertandingan seru diadakan pada hari Sabtu (26/5/2018) hingga Rabu (30/5/2018), yang berlangsung mulai dari kota Medan sampai Makassar. Total ada 21 gol yang berhasil dilesakkan pada pekan ini.

1. PSMS Medan 2-0 Arema FC, Singa kalah akibat kelelahan

Ringkasan dan Klasemen Hasil Pekan ke-11 Liga 1 2018Instagram.com/psmsmedanofficial

Pekan ke-11 ini dimulai dari Medan saat PSMS menjamu Arema FC di Stadion Teladan pada hari Sabtu (26/5/2018). Laskar Ayam Kinantan masih melanjutkan tren penampilan naik-turun mereka dengan mengalahkan tamunya dengan skor 2-0.

Sama-sama bermain terbuka demi meraih hasil positif, gawang Arema yang dikawal oleh Joko Ribowo malah harus rela dijebol dua kali oleh Wilfried Yessoh di menit ke-42 dan '45+2. Usaha Arema untuk memperkecil defisit nyatanya tidak membuahkan hasil hingga babak kedua selesai.

PSMS pun makin kokoh di papan tengah klasemen dengan raihan poin ini. Di sisi lain pelatih Arema, Milan Petrovic, beralasan bahwa masalah kebugaran yang menimpa beberapa pemain penting berimbas pada kekalahan Singo Edan untuk kali kesekian.

2. Bhayangkara FC 1-1 Borneo FC, diwarnai penalti gagal Paulo Sergio

Ringkasan dan Klasemen Hasil Pekan ke-11 Liga 1 2018Instagram.com/borneofc.id

Tiga laga berlangsung pada hari Minggu (27/5/2018) malam di Jakarta Selatan, Malang serta Gianyar. Bhayangkara FC menjamu tamu mereka asal Samarinda, Borneo FC, di Stadion PTIK Jakarta Selatan.

Melawat tanpa beberapa pemain kunci, Borneo diluar dugaan berhasil menahan imbang BFC di kandangnya sendiri. Pesut Etam bahkan bisa mencuri gol terlebih dahulu melalui Marlon Da Silva di menit ke-26 yang memanfaatkan kemelut di depan gawang BFC. Namun The Guardian sanggup membalas di menit ke-63 berkat gol Marinus Wanewar.

Drama terjadi saat tuan rumah mendapat hadiah penalti di penghujung laga. Paulo Sergio yang dipercaya sebagai eksekutor ternyata mengirim bola ke angkasa alias tidak mengenai sasaran. Peluang membalikkan kedudukan pun hilang, skor 1-1 bertahan hingga laga usai.

3. Perseru Serui 1-0 Sriwijaya FC, sang musafir mulai konsisten

Ringkasan dan Klasemen Hasil Pekan ke-11 Liga 1 2018Liga-Indonesia.id

Di Stadion Gajayana Malang, Perseru Serui menghadapi tamu tim kuat asal Palembang yakni Sriwijaya FC. Siapa sangka, SFC yang bermain total menyerang ternyata harus kalah akibat gol bunuh diri beknya sendiri.

Bek tengah Mohamadou N'Diaye menjadi pesakitan usai usahanya menghalau bola hasil umpan silang Makarius Suruan di menit ke-82 ternyata malah menjebol gawang rekannya sendiri yakni Teja Paku Alam. Meski coba mengejar di sisa laga, usaha tersebut tak membuahkan hasil bagi Hamka Hamzah dan kawan-kawan.

Kemenangan ini sendiri amat berharga bagi tim Cendrawasih Jingga sebab di saat terpaksa menjadi musafir, Arthur Bonai beserta kolega mulai menunjukkan grafik permainan yang konsisten. Hal ini membuat rasa percaya diri mereka untuk menjaga posisi di papan tengah menguat.

4. Bali United 0-0 Persib Bandung, Maung gagal manfaatkan ketimpangan

Ringkasan dan Klasemen Hasil Pekan ke-11 Liga 1 2018BaliUtd.com/Ewin Setyo

Partai sengit antara Bali United dan Persib di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar pada Minggu malam ternyata harus berakhir dengan skor kacamata. Tuan rumah sendiri di luar dugaan menurunkan penyerang muda Matinus Ardhi, alih-alih memilih Yandi Sofyan Munawar yang sudah terbiasa diplot sebagai lapis kedua.

Serdadu Tridatu harus bermain dengan 10 orang setelah bek tengah Agus Nova Wiantara mendapat kartu merah di menit ke-67 usai menjatuhkan striker Persib, Ezechiel N'Douassel. Namun Eze yang mendapat tugas eksekutor gagal memecah kebuntuan setelah bola eksekusinya berhasil dimentahkan kiper BU Wawan Hendrawan.

Laga ini bukannya tanpa kontroversi. Gol Stefano Lilipaly di menit ke-22 dianulir wasit akibat offside meski di tayangan ulang terlihat jelas bahwa Fano masih onside saat mengejar bola umpan I Nyoman Sukarja.

5. PSIS Semarang 4-0 Mitra Kukar, kembali ke jalur kemenangan

Ringkasan dan Klasemen Hasil Pekan ke-11 Liga 1 2018Liga-Indonesia.id

Dua partai tersaji di hari Senin (28/5/2018) dengan Magelang serta Lamongan sebagai tuan rumahnya. Di Stadion Mochammad Soebroto Magelang, PSIS Semarang berhasil menghentikan tren negatif kalah selama tiga pekan beruntun, usai menang telak atas Mitra Kukar dengan empat gol tanpa balas.

Sempat mandek di babak pertama, tim asuhan Vincenzo Alberto Annese itu menggila di babak kedua. Para pencetak gol Laskar Mahesa Jenar adalah Bruno Silva di menit ke-55, Ibrahim Conteh sebanyak dua kali ('60 dan '70) serta ditutup Hari Nur Yulianto pada menit ke-87.

Bagi coach Vincenzo, hasil ini amat membantu memulihkan mental bertanding Haudi Abdillah dan kawan-kawan yang sempat jatuh selama beberapa pekan terakhir. Terlebih pada pekan depan mereka akan menghadapi sesama tim penghuni zona merah yakni Arema FC.

6. Persela Lamongan 4-1 PS TIRA, langsung merangsek ke papan atas

Ringkasan dan Klasemen Hasil Pekan ke-11 Liga 1 2018Instagram.com/perselafc

Persela bersua PS TIRA di Stadion Surajaya Lamongan juga pada hari Senin malam. Sempat

dibuat ketar-ketir dengan materi lokal sang tamu. Nyatanya kekhawatiran pelatih Persela, Aji Santoso, tidak terbukti di lapangan.

Sempat kecolongan lebih dahulu melalui sepakan Andy Setyo Nugroho di menit ke-24, Laskar Joko Tingkir langsung membalas dengan empat gol yang lahir dari sundulan sang ujung tombak Loris Arnaud ('29 dan '45+1), tendangan Fahmi Al-Ayyubi ('67) memanfaatkan situasi bola muntah serta Shohei Matsunaga ('73).

Raihan tiga poin penting ini langsung melambungkan Persela ke papan atas klasemen sementara, sesuatu yang sudah lama diidam-idamkan oleh coach Aji. Di sisi lain, PS TIRA masih harus tertahan di zona terbawah untuk beberapa waktu.

7. Persebaya Surabaya 1-1 Persipura Jayapura, hasil imbang yang adil

Ringkasan dan Klasemen Hasil Pekan ke-11 Liga 1 2018Persebaya.id/Satrio Wicaksono

Dua tim sarat pengalaman di kasta tertinggi sepakbola tanah air, Persebaya dan Persipura, akhirnya kembali bertemu setelah sekian lama. Aroma "derby" tercium kuat dalam laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya pada Selasa (29/5/2018) malam.

Sebab beberapa pemain andalan Bajul Ijo musim ini pernah jadi bagian dari Persipura. Termasuk sang pelatih Alfredo Vera yang bekerja untuk Mutiara Hitam pada medio tahun 2016 lalu.

Kedua tim yang sama-sama bermain terbuka sejak menit awal itu langsung tancap gas, dengan berbagai peluang yang berhasil diciptakan. Keasyikan menyerang, tim tuan rumah kebobolan terlebih dahulu melalui sepakan Hilthon Moreira di menit ke-60.

Namun lima menit berselang, Persebaya berhasil menyamakan kedudukan berkat sontekan Fandry Imbiri memanfaatkan assist dari Irfan Jaya. Tidak ada selebrasi dari Fandry, mengingat dirinya pernah menjadi bagian dari Persipura pada masa-masa awalnya meniti karier.

Tidak ada gol tambahan hingga laga selesai. Skor imbang dirasa cukup adil bagi pelatih kedua kesebelasan.

8. Barito Putera 2-1 Persija Jakarta, kudeta sukses dari Banjarmasin

Ringkasan dan Klasemen Hasil Pekan ke-11 Liga 1 2018Instagram.com/psbaritoputeraofficial

Dua partai penutup tersaji di Banjarmasin dan Makassar pada hari Rabu (30/5/2018) malam. Barito Putera yang berjumpa Persija di Stadion Gelora 17 Mei Banjarmasin coba menargetkan kemenangan, demi menggeser Persipura dari papan atas yang hanya bermain imbang sehari sebelumnya.

Misi kudeta berjalan sukses, Laskar Antasari berhasil menang dengan skor dua berbanding satu. Sepasang gol tuan rumah datang dari bek sayap Dandi Maulana Abdulhak di menit ke-24 dan gelandang muda Paulo Sitanggang pada menit ke-63. Sementara sebiji gol hiburan tim tamu dilesakkan oleh Marko Simic dari titik penalti di masa injury time.

Raihan tiga poin ini kian istimewa sebab sang pelatih kepala Barito, Jacksen F Tiago, baru saja merayakan ulang tahunnya ke-50 beberapa hari lalu. Bahkan Dandi Maulana pun mengaku mempersembahkan golnya untuk sosok yang sudah malang melintang di sepak bola Indonesia tersebut sebagai pemain dan pelatih.

9. PSM Makassar 2-0 Madura United, teguran untuk coach Robert

Ringkasan dan Klasemen Hasil Pekan ke-11 Liga 1 2018Liga-Indonesia.id

PSM Makassar dan Madura United yang saling bentrok di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging kompak mengusung misi tiga poin, demi menjaga peluang tetap bersaing di papan atas klasemen sementara. Namun tuan rumahlah yang berhasil menjaga asa usai menang dengan skor 2-0.

Selain nama Guy Junior dan Rizky Pellu sebagai pencetak gol tuan rumah yakni masing-masing di menit ke-57 dan ke-79, ada pula nama Saldi yang mencuat. Winger muda tersebut menjadi pahlawan kemenangan Juku Eja berkat dua assist-nya yang membuahkan gol.

Penampilan cemerlang Saldi sendiri seolah menyiratkan bahwa kebiasaan pelatih PSM, Robert Rene Alberts, yang jarang memberi kepercayaan terhadap pemain muda adalah sesuatu yang salah.

Kini coach Robert pun ditunggu oleh para suporter untuk kembali mencoba beberapa pemain muda, yang hanya menjadi menghangatkan bangku cadangan seperti Arsyad Yusgiantoro, Agi Pratama hingga Heri Susanto.

10. Berikut ini hasil klasemen sementara Liga 1 pasca pekan ke-11

Ringkasan dan Klasemen Hasil Pekan ke-11 Liga 1 2018Instagram.com/liga1match

Barito Putera keluar menjadi pemuncak klasemen di pekan ini. Sementara PSM membayangi dengan ketat posisi teratas setelah keduanya punya poin yang sama yakni 20, perbedaan hanya pada selisih gol.

Persipura sendiri harus puas di posisi ketiga dengan koleksi 18 poin, disusul Persela dan Madura United dengan perolehan 17 poin.

Papan tengah dihuni berturut-turut oleh PSMS, Persebaya, Perseru, Persija dan Bali United. Sementara posisi tiga terbawah masih dihiasi nama PS TIRA, PSIS dan Arema FC.

Tidak ada perubahan di daftar top skorer sementara Liga 1. Ezechiel N'Douassel (Persib) dan Fernando Rodriguez (Mitra Kukar) masih menempati peringkat pertama dengan koleksi 9 gol. Di peringkat kedua ada Aleksandar Rakic (PS TIRA) serta Douglas Packer (Barito Putera) yang sudah mengumpulkan 7 gol.

Pekan ini pun seolah menjadi pekan yang kurang produktif bagi para legiun asing tersebut sebab gagal menambah pundi gol.

11. Beberapa pertandingan besar akan tersaji di pekan ke-12

Ringkasan dan Klasemen Hasil Pekan ke-11 Liga 1 2018Instagram.com/persijajkt

Berikut ini jadwal Liga 1 2018 selanjutnya yang sudah memasuki pekan keduabelas seperti dilansir oleh laman Liga-Indonesia.id:

Kamis, 31 Mei 2018:

  • Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 20:30 WIB (Live Indosiar)

Jumat, 1 Juni 2018:

  • Borneo FC vs PSMS Medan, Stadion Segiri Samarinda, 20:30 WIB (Live O Channel)
  • Arema FC vs PSIS Semarang, Stadion Kanjuruhan Malang, 20:30 WIB (Live Indosiar)
  • Mitra Kukar vs Perseru Serui, Stadion Aji Imbut Tenggarong, 20:30 WIB (Live Streaming Vidio.com)

Sabtu, 2 Juni 2018:

  • Sriwijaya FC vs Persela Lamongan, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, 20:30 WIB (Live Indosiar)

Minggu, 3 Juni 2018:

  • Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya, Stadion Sultan Agung Bantul, 20:30 WIB (Live Indosiar)
  • Madura United vs Bali United, Stadion Gelora Bangkalan, 20:30 WIB (Live O Channel)

Senin, 4 Juni 2018:

  • Persipura Jayapura vs PSM Makassar, Stadion Mandala, 18:30 WIB (Live Indosiar)
  • PS TIRA vs Barito Putera, Stadion Sultan Agung Bantul, 20:30 WIB (Live Streaming Vidio.com).
Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya