Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-26 Liga 1 2018

PSM Makassar merebut tahta dari tangan Persib Bandung

Pekan ke-26 bukanlah hari-hari bersahabat bagi kesebelasan yang bertindak sebagai tuan rumah. Terkecuali Bali United, seluruh tim tamu sukses memetik poin dalam perjalanan tandang. Mulai dari PSMS di Palembang hingga Perseru ketika singgah ke Banjarmasin. Ini tampaknya pertanda jika status kandang tetap kalah dari faktor mentalitas.

Pacuan sengit bukan hanya milik mereka di pos lima teratas semata. Papan bawah turut menyaksikan PSMS, Perseru dan PS TIRA berjibaku demi sebiji poin berharga. Lebih jauh, atensi pecinta sepak bola tertuju pada suksesnya upaya kudeta klasemen. Berikut ulasan beberapa laga pilihan dan kondisi klasemen sementara usai pekan ke-26.

1. Sriwijaya FC 0-3 PSMS: Papan bawah juga seru!

Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-26 Liga 1 2018Liga-Indonesia.id

Alih-alih bangkit, Sriwijaya FC malah tumbang dengan skor mencolok. Tiga gol PSMS mengoyak gawang Teja Paku Alam, membungkam ribuan suporter yang padati Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang pada Kamis (18/10) malam.

Seperti yang diumbar Peter Butler sehari sebelum laga, tim tamu langsung mengambil inisiatif serangan sejak menit pertama. Alexandros Tannidis membuka keunggulan di menit ke-40, manfaatkan situasi tendangan bebas Gusti Sandria.

PSMS kian menggila di babak kedua. Gol Felipe Martins (77') dan Shohei Matsunaga (90+10') benamkan tuan rumah dalam derita. Meski begitu, kemenangan Laskar Ayam Kinantan harus dibayar mahal. Kiper utama Abdul Rohim alami cedera, sementara bek tengah Roni Fatahillah kantongi hukuman kartu merah.

2. Borneo FC 1-2 PSM: Siapa mampu hadang Juku Eja?

Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-26 Liga 1 2018Instagram.om/psm_makassar

Satu pihak menjaga rekor, yang lain terpaksa mengubur ambisi. Kalimat tersebut cukup untuk menggambarkan laga sengit nan keras antara Borneo FC dan PSM Makassar di Stadion Segiri Samarinda pada Jumat (19/10) sore.

Suporter tuan rumah sempat bersorak lebih dulu pada menit ke-11. Tembakan Titus Bonai di tengah kepungan bek dimentahkan oleh kiper Rivky Mokodompit. Beruntung bola liar berhasil dicocor oleh Matias Conti yang leluasa bergerak maju tanpa pengawalan. PSM menjawab saat laga berumur 39 menit dari sundulan M. Rahmat usai menerima umpan silang Guy Junior.

Meski saling bertukar serangan di babak kedua, justru Pasukan Ramang-lah yang berhasil menambah keunggulan. Skema serangan balik apik dari Guy Junior - Marc Klok mampu dituntaskan menjadi angka kedua oleh Sandro. Skor 1-2 bertahan hingga peluit panjang ditiup oleh wasit Rully Ruslin Tambutina.

Baca Juga: Arema FC Libas Bali United, Hanif Sjahbandi Sumbang Sepasang Gol

3. Persib 1-4 Persebaya: Maung terluka di Gianyar

Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-26 Liga 1 2018Persib.co.id/Gregorius Aditya Katuk

Persib harus merelakan tampuk pemimpin klasemen direbut PSM. Mereka dicukur Persebaya dengan skor mencolok 1-4 dalam partai usiran di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar pada Sabtu (20/10) malam.

Muhammad Natshir menyaksikan gawangnya koyak dalam tempo 16 menit sejak sepak mula. Hadiah penalti plus kartu kuning melayang dari saku wasit Adi Riyanto setelah si kiper utama Pangeran Biru mengganjal Osvaldo Haay di kotak terlarang. Irfan Jaya yang ditunjuk sebagai eksekutor jalankan tugasnya dengan baik.

Sempat membuka asa dua menit berselang lewat sundulan Febri Haryadi, Green Forcemembalas dengan tiga gol tambahan. Fandi Eko Utomo lesatkan sepasang angka di menit 42 dan 77. Osvaldo Haay menutup pesta berkat sepakannya sepuluh menit sebelum waktu normal rampung.

4. Performa PSIS belum tunjukkan tanda-tanda bakal menurun

Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-26 Liga 1 2018Liga-Indonesia.id

PSIS Semarang sukses mencuri perhatian pada putaran kedua kompetisi. Sempat lama berkubang di zona degradasi, Laskar Mahesa Jenar kini sanggup merangsek ke papan tengah berkat raihan moncer selama empat pekan terakhir. Berikut ini hasil lengkap dari lima pertandingan lain :

Rabu, 17 Oktober 2018 :

  • PS TIRA 0-1 PSIS, Stadion Sultan Agung - Bantul (Bruno Silva 41')

Jumat, 19 Oktober 2018 :

  • Mitra Kukar 0-1 Bhayangkara FC, Stadion Aji Imbut - Tenggarong (Paulo Sergio 17')
  • Barito Putera 0-0 Perseru, Stadion 17 Mei - Banjarmasin

Sabtu, 20 Oktober 2018 :

  • Arema FC 3-1 Bali United, Stadion Kanjuruhan - Kab. Malang (Hanif Sjahbandi 12', 43'; Makan Konate 67' - Irfan Bachdim 52')
  • Madura United 2-2 Persipura, Stadion Gelora Ratu Pamelingan - Pamekasan (Mahamadou Samassa 69', 81' - Hilton Moreira 63' Pen., Elisa Basna 88')

Susunan daftar top skorer sama seperti pekan kemarin. Mahkota masih dipegang David da Silva (Persebaya, 16 gol) disusul Fernando Rodriguez Ortega (Mitra Kukar, 15 gol). Peringkat tiga dengan raihan 14 gol tetap dihuni Ezechiel N'Douassel (Persib) serta Aleksandar Rakic (PS TIRA) yang saling berbagi tempat.

5. Susunan klasemen sementara Liga 1 pasca pekan ke-26

Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-26 Liga 1 2018Instagram.com/liga1match

Beberapa duel panas siap ramaikan pekan ke-27. PSIS dituntut menjaga performa apik saat menjamu Sriwijaya FC. Derby Suramadu jilid kedua kali ini berlangsung di markas Surabaya. Ada juga perjumpaan si pemuncak klasemen dengan runner-up yang dipastikan berlangsung alot. Berikut ini jadwal selengkapnya seperti dilansir laman Liga-Indonesia.id (Jadwal dan tempat dapat berubah sewaktu-waktu):

Selasa, 23 Oktober 2018 :

  • PSMS vs Mitra Kukar, Stadion Teladan - Medan, 15:30 WIB (Live O Channel)
  • PSIS vs Sriwijaya FC, Stadion Moch. Soebroto - Magelang, 18:30 WIB (Live Indosiar)
  • Persela vs Barito Putera, Stadion Surajaya - Lamongan, 18:30 WIB (Live Streaming Vidio.com)

Rabu, 24 Oktober 2018 :

  • Perseru vs PS TIRA, Stadion Marora - Serui, 13:30 WIB
  • PSM vs Persib, Stadion Andi Mattalatta Mattoanging - Makassar, 15:30 WIB (Live Indosiar)
  • Bhayangkara FC vs Arema FC, Stadion PTIK - Jakarta Selatan, 15:30 WIB (Live tvOne)

Kamis, 25 Oktober 2018 :

  • Persipura vs Persija, Stadion Mandala - Jayapura, 16:00 WIB (Live O Channel)
  • Bali United vs Borneo FC, Stadion Kapten I Wayan Dipta - Gianyar, 18:30 WIB (Live O Channel)
  • Persebaya vs Madura United, Stadion Gelora Bung Tomo -Surabaya, 18:30 WIB (Live Indosiar)

Baca Juga: Dihajar Persebaya di Gianyar, Pelatih Persib: Ada Banyak Kesalahan

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya