Tanpa Para Pemain Inti, Persebaya Bertekuk Lutut di Kandang Sendiri

Situasi ini kian memberatkan langkah skuat Bajul Ijo

Efek krisis pemain terasa kian memberatkan langkah Persebaya. Menjamu Borneo FC di Stadion Gelora Bung Tomo pada Sabtu (13/10) malam, sang tuan rumah terpaksa bertekuk lutut dengan skor akhir 0-1.

Satu-satunya gol yang tercipta di laga tersebut datang dari kaki penyerang Borneo, Matias Conti, di menit ke-23. Umpan tarik Titus Bonai kepada Lerby Eliandry masih bisa dipotong kiper Miswar Saputra. Namun bola muntah sampai di kaki juru gedor asal Argentina tersebut. Tanpa ampun peluang dieksekusi, getarkan jala gawang Persebaya tanpa bisa dicegah.

Derita tuan rumah kian lengkap sebab si motor serangan Robertino Pugliara terpaksa ditarik empat menit sebelumnya usai menerima tekel horor Wahyudi Hamisi. Cedera yang cukup serius menambah ancaman bagi keseimbangan skuat Green Force.

1. Djadjang Nurjaman, pelatih Persebaya, masih optimis mampu lolos dari krisis

Tanpa Para Pemain Inti, Persebaya Bertekuk Lutut di Kandang SendiriPersebaya.id/Satrio Wicaksono

Berbicara selepas laga, Djadjang Nurdjaman sebagai pelatih kepala Persebaya menolak langsung kibarkan bendera putih. Meski persaingan papan bawah juga ketat, dirinya masih teguh dengan keyakinan jika Bajul Ijo bisa keluar dari lubang jarum.

"Persaingan di papan bawah memang ketat. Dengan sisa lima laga kandang yang ada, kami tetap optimistis untuk bisa lepas dari situ, kami percaya Persebaya masih akan ada di Liga 1 musim depan," tandas coach Djanur seperti dilansir oleh laman resmi klub Persebaya.id.

Robertino Pugliara menyusul beberapa rekan sejawatnya yang sudah lebih dulu berada di meja perawatan yakni David da Silva, Raphael Maitimo dan Nelson Alom. Dengan skuat timpang, juru taktik asal Majalengka itu musti mencari cara agar potensi poin di 9 laga tersisa tak melayang sia-sia.

Baca Juga: Preview Persebaya Vs Borneo FC: Tekad Bulat Bajul Ijo!

2. Borneo FC lanjutkan kemenangan beruntun sejak pekan ke-23

Tanpa Para Pemain Inti, Persebaya Bertekuk Lutut di Kandang SendiriInstagram.com/borneofc.id

Dibandingkan tuan rumah, apa yang dialami Borneo FC justru sebaliknya. Poin penuh dari GBT genapkan catatan kemenangan mereka menjadi tiga pekan beruntun. Rasa bangga pun tak dapat disembunyikan dari wajah Dejan Antonic selaku peracik taktik.

"Saya senang lihat tim saya kerja keras. Kita analisa Persebaya bagus sekali. Mungkin kita memberi kejutan kepada mereka dengan memainkan dua striker," tutur eks penggawa Persebaya era 1990-an tersebut dalam kesempatan yang sama seperti dikutip dari BorneoFC.id.

Tambahan tiga angka genapkan torehan poin Lerby Eliandry beserta kolega menjadi 38 poin. Mereka pun kini berada di peringkat 6 klasemen sementara, bayangi Madura United dan Bhayangkara FC dari bawah.

3. Di pekan ke-26, Green Force kembali jalani laga sulit dengan menantang Persib

Tanpa Para Pemain Inti, Persebaya Bertekuk Lutut di Kandang SendiriLiga-Indonesia.id

Ujian berat masih membayangi Persebaya saat mereka berjumpa tim kuat Persib Bandung di lanjutan pekan ke-26 hari Sabtu (20/10) ini. Upaya Borneo FC pertahankan catatan apik juga mendapat tantangan dari PSM Makassar pada laga yang digelar Jumat (19/10) mendatang.

Berikut ini susunan pemain kedua kesebelasan :

Persebaya (4-3-3)

Miswar Saputra; M. Irvan Febrianto (Ricky Kayame, 81'), O.K. John, Otavio Dutra, Ruben Sanadi; Misbakus Solikhin, Robertino Pugliara (Rendi Irwan, 20'), Muhammad Hidayat (Fandi Eko Utomo, 64'); Ferinando Pahabol, Rishadi Fauzi, Osvaldo Haay

Borneo FC (4-4-2)

Nadeo Argawinata; Wildansyah, Renan Alves, Leonard Tupamahu, Abdul Rahman; Ambrizal Umanailo (Edy Gunawan, 52'), Ahmad Maulana Putra (Dirga Lasut, 85'), Wahyudi Hamisi (Ahmad Hisyam Tolle, 73'), Titus Bonai; Lerby Eliandry, Matias Conti.

Baca Juga: Derby Jatim, Arema Tumbangkan Persebaya 1-0

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya