Trigol Dendy Tundukkan Perlawanan Sengit Persipura

Persela menang dengan skor tipis 3-2

Rekrutan anyar Persela, Dendy Sulistyawan, menandai reuni dengan publik Lamongan dengan cara sempurna. Dirinya berhasil menjadi pahlawan kemenangan berkat hattrick sekaligus tumbangkan perlawanan sengit Persipura dengan skor tipis 3-2.

Bersua di Stadion Surajaya pada Minggu (29/7) malam, tuan rumah sejatinya mencadangkan Dendy pada babak pertama. Dari empat nama baru, hanya Gian Zola yang langsung dipercaya untuk mengisi starting eleven.

Sementara dari kubu tamu, Valentino Telaubunn jalani debut dengan lengkapi barisan belakang. Tak ada perubahan berarti untuk lini tengah. Sementara trio penyerang Prisca Womsiwor, Hilton Moreira dan Boaz Solossa jadi pilihan pelatih Amilton Olivera.

1. Meski sudah bermain terbuka, tak ada gol tercipta di interval pertama

Trigol Dendy Tundukkan Perlawanan Sengit PersipuraInstagram.com/perselafc

Babak pertama sendiri langsung diisi dengan dominasi Laskar Joko Tingkir. Sang tamu sendiri lebih banyak bertahan demi meredam ancaman yang datang dari segala sisi. Kedisiplinan membuat tuan rumah tak mampu mendapat banyak peluang.

Keasyikan menyerang, Persipura mencuri kesempatan via serangan balik. Tercatat dua peluang didapatkan dari Boaz Solossa dan Ian Louis Kabes. Namun tak kunjung membuahkan gol pembuka. Skor kacamata bertahan hingga masuk masa istirahat.

Tempo digeber kencang pada masa interval kedua. Dendy Sulistyawan baru menunjukkan tajinya untuk urusan menjebol gawang lawan meski sudah turun sejak menit ke-14. Fahmi Al-Ayyubi terpaksa diganti oleh jebolan Persela U-21 tersebut terkena cedera tangan.

Di menit ke-48, Dendy berhasil memecah kebuntuan tuan rumah. Manfaatkan umpan silang Birrul Walidain dari sisi kiri, sundulannya meluncur dengan telak gawang Persipura tanpa bisa dicegah.

2. Dendy Sulistyawan baru "menggila" pada interval kedua

Trigol Dendy Tundukkan Perlawanan Sengit PersipuraInstagrm.com/perselafc

Skema serupa terulang tujuh menit berselang. Kali yang memberi assist adalah sesama "anak baru" yakni Gian Zola. Lolos dari pengawasan Yustinus Pae, pemain yang merumput bersama Bhayangkara FC di putaran pertama tersebut dengan tenang mengarahkan bola ke sudut kanan gawang sasaran. Kiper Dede Sulaiman yang sudah mati langkah tak mampu berbuat banyak.

Tak ingin kecolongan lebih banyak, coach Amilton coba menambah daya gedor dengan memasukkan Addison Alves. Hasilnya langsung terlihat di menit ke-70. Bola gantung kiriman Boaz Solossa tak disia-siakan oleh eks Persija itu dengan mencetak gol dari skema sundulan.

Menit ke-77, optimisme sempat membuncah di bench Mutiara Hitam. Bola tangkapan tak sempurna kiper Persela, Dwi Kuswanto, berhasil "dihukum" secara telak oleh Hilton Moreira yang luput dari pengawalan. Skor jadi sama kuat 2-2.

3. Kekalahan ini membuat "Mutiara Hitam" masih tertahan di papan tengah klasemen

Trigol Dendy Tundukkan Perlawanan Sengit PersipuraLiga-Indonesia.id

Namun harapan tinggal harapan. Dendy menjadi penyelamat sekaligus bintang untuk ribuan Lamania. Didukung assist dari Syahroni, sosok yang juga menyandang pangkat Bripda itu manfaatkan kelengahan barisan pertahanan tim lawan dengan menjebol gawang Persipura untuk kali ketiga.

Saat 90 menit rampung, angka 3 berbalas 2 terpampang jelas di papan skor Surajaya. Berkat poin penuh, Persela tetap bertahan di zona atas klasemen. Di sisi lain, Boaz Solossa beserta kolega masih menduduki papan tengah.

Selanjutnya, Birrul Walidain dan kawan-kawan bakal sambangi Stadion Gelora Bung Tomo markas Persebaya pada hari Jumat (3/8) mendatang. Sementara Persipura mendapat tantangan dari Barito Putera di Sabtu (4/8) esoknya.

Berikut ini susunan pemain kedua tim yang turun dalam pertandingan tersebut :

Persela (4-2-3-1)

(Kiper) Dwi Kuswanto; (Belakang) Birrul Walidain, Arif Satria, Wallace Costa, Eky Taufik; (Tengah) Ahmad Subagja Baasith, Syahroni; Fahmi Al-Ayyubi (Dendy Sulistyawan, '14), Gian Zola Nasrulloh (Sugeng Efendi, '60), Guntur Triaji (Ahmet Atayev, '53); (Depan) Loris Arnaud

Persipura (4-3-3)

(Kiper) Dede Sulaiman; (Belakang) Yustinus Pae, Ricardo Salampessy, Yohanis Tjoe, Valentino Telaubun; (Tengah) Muhammad Tahir (Addison Alves, '57), Ian Louis Kabes, Imanuel Wanggai; (Depan) Prisca Womsiwor (Todd Rivaldo Ferre, '82), Hilton Moreira, Boaz Solossa

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya