UEFA Nations League, Belanda Vs Jerman: Ada yang Harus Dibuktikan

Kedua tim masih mencari kemenangan pertama di Grup 1

(League A - Grup 1) Minggu 14 Oktober 2018, Johan Cruijff Arena - Amsterdam, 01:45 WIB

Duel tetangga sekaligus rival hiasi matchday kedua Liga Negara Eropa. Belanda dan Jerman akan bersua di Johan Cruijff Arena pada Sabtu (13/10) malam waktu setempat. Terlepas dari bayang Perang Dunia II yang menumbuhkan sentimen negatif, kedua tim memang sangat serius menatap laga di Amsterdam ini.

Mereka bersua dengan misi serupa, yakni mencari kemenangan pertama di Grup 1. Belanda ditekuk 1-2 oleh Prancis saat melawat ke Saint-Denis, sedang Jerman terpaksa menelan skor kacamata ketika menjamu Les Blues di Aliianz Arena Munchen.

1. Ronald Koeman memanggil pemain-pemain muda demi penyegaran skuat De Oranje

UEFA Nations League, Belanda Vs Jerman: Ada yang Harus DibuktikanUEFA.com

"Ini adalah pertandingan yang sangat penting. Kami telah melakukan persiapan maksimal dan menuntaskan banyak pembenahan. Kami berjanji akan bermain sedikit lebih baik dari apa yang ditunjukkan kala melawan Prancis. Jika tim ini mencapai level yang diharapkan, saya optimis laga ini kami menangkan," tandas pelatih Belanda, Ronald Koeman dalam sesi jumpa pers pada Jumat (12/10) kemarin seperti dikutip dari laman Football-Oranje.

Lebih jauh, eks manajer Everton ini memanggil beberapa nama baru demi menyegarkan skuat. Mereka antara lain trio PSV Eindhoven yakni bek kanan Denzel Dumfries, gelandang Pablo Rosario dan winger Steven Bergwijn. Ada juga Arnaut Danjuma yang tengah naik daun bersama Club Brugge di Liga Belgia.

2. Joachim Loew masih menyimpan tekad untuk membawa Jerman bangkit

UEFA Nations League, Belanda Vs Jerman: Ada yang Harus DibuktikanDFB.de/en

Kubu Jerman masih berusaha menyembuhkan luka pasca Piala Dunia. Ada yang harus dibuktikan skuat Der Panzer, yakni mereka masih bertaji untuk bersaing di level tertinggi. Liga Negara Eropa jadi tahap pertama penebusan.

"Kami telah mempersiapkan diri untuk dua pertandingan mendatang. Hanya ada empat laga di kompetisi ini, kalah di salah satunya bisa amat riskan. Tentu saja kami punya ambisi menjuarai Grup 1 meski semua lawan adalah tim tangguh," tutur Joachim Loew, pelatih Jerman, seperti dilansir oleh DFB.de.

Menilik kondisi skuat, beberapa pilar andalan Loew harus menepi akibat cedera. Mereka antara lain Kevin Trapp, Leon Goretzka, Marco Reus dan Antonio Rudiger. Sebagai gantinya, nama-nama yang absen cukup lama kembali dipanggil seperti Emre Can, Serge Gnabry, Bernd Leno serta Mark Uth.

3. Der Panzer hanya kalah sekali dalam lima pertemuan terakhir dengan Belanda

UEFA Nations League, Belanda Vs Jerman: Ada yang Harus DibuktikanUEFA.com/Getty Images

Prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan:

Belanda (4-3-3)

Jasper Cillessen; Hans Hateboer, Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Daley Blind; Kevin Strootman, Frenkie de Jong, Georginio Wijnaldum; Quncy Promes, Memphis Depay, Ryan Babel

Jerman (4-2-3-1)

Manuel Neuer; Matthias Ginter, Mats Hummels, Niklas Sule, Jonas Hector; Joshua Kimmich, Toni Kroos; Julian Brandt, Thomas Muller, Leroy Sane; Timo Werner

Catatan lima pertemuan terakhir:

13/06/2012 Belanda 1-2 Jerman (Piala Eropa)

15/06/2004 Jerman 1-1 Belanda (Piala Eropa)

18/06/1992 Belanda 3-1 Jerman (Piala Eropa)

24/06/1990 Jerman 2-1 Belanda (Piala Dunia)

26/04/1989 Belanda 1-1 Jerman (Kualifikasi Piala Dunia)

Baca Juga: Rekap UEFA Nations League B: Ukraina Sempurna, Drama di Solna

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya