Uji Coba Lawan Korea Selatan U-23, Luis Milla Panggil 23 Pemain

Performa Stefano Lilipaly akhirnya berbuah manis.

Jakarta, IDN Times - Jelang partai uji coba kontra Korea Selatan U-23 yang dihelat pada hari Sabtu (23/6/) mendatang, Luis Milla selaku pelatih telah mengumumumkan sebanyak 23 nama yang dipanggil untuk memperkuat Timnas U-23.

Laga yang berlangsung di Stadion Pakansari Cibinong ini merupakan bagian dari masa persiapan Garuda Muda jelang gelaran Asian Games. Sepanjang 2018 ini, total mereka sudah melakoni tiga rangkaian uji coba. Di bulan Maret saat bertandang ke Singapura, ajang PSSI Anniversary Cup pada bulan April serta dua pertemuan beruntun kontra Thailand bulan lalu.

1. Bongkar pasang skuat kerap dilakukan Luis Milla jelang gelaran Asian Games

Uji Coba Lawan Korea Selatan U-23, Luis Milla Panggil 23 PemainPSSI.org

“Kami memanggil 23 pemain untuk persiapan menghadapi Korea Selatan. Kami akan berkumpul pada 20 Juni mendatang. Uji coba melawan Korea Selatan sangat bagus bagi kami. Apalagi mereka salah satu tim kuat di Asia dan juara bertahan Asian Games. Laga ini juga momentum untuk terus mematangkan persiapan tim. Setelah melawan Thailand, kami memang masih membutuhkan laga uji coba internasional," terang Luis Milla seperti dilansir oleh PSSI.org.

Catatan Timnas U-23 sendiri agaknya masih mengkhawatirkan. Dari 6 pertandingan yang dilakoni sejak bulan April, mereka baru sekali merasakan kemenangan. Sisanya dalah tiga kali imbang dan dua kekalahan. Uji coba terakhir kontra Thailand U-23 di awal Juni kemarin pun berkesudahan dengan skor kacamata.

Coach Milla pun akan maksimalkan waktu sebelum batas pendaftaran pemain yang jatuh pada akhir Juni ini untuk menemukan formula tepat. Belakangan, langkah bongkar pasang skuat kerap dilakukan oleh sosok asal Spanyol tersebut. Hal itu menandakan bahwa dirinya masih meraba skema yang cocok untuk Hansamu Yama dan kawan-kawan.

2. Tampil apik bersama Bali United, Stefano Lilipaly akhirnya dipanggil oleh Luis Milla

Uji Coba Lawan Korea Selatan U-23, Luis Milla Panggil 23 PemainBaliUtd.com/Ewin Setyo

Dari deretan nama senior yang dipanggil, terselip nama gelandang serang andalan Bali United yakni Stefano Lilipaly. Pemanggilannya ke Timnas U-23 pun tak lepas dari fakta bahwa dialah satu-satunya nama lokal di jajaran daftar pencetak gol terbanyak Liga 1.

Terakhir kali Fano berseragam Merah-Putih adalah pada Oktober 2017 saat menang 3-1 atas Kamboja. Mantan pemain SC Cambuur itu tak dapat menyembunyikan kegembiraan kembali dipercaya sebagai bagian dari tim nasional. Performa moncernya bersama Serdadu Tridatu dalam beberapa laga akhirnya menarik perhatian Luis Milla.

"Saya tahu pemanggilan ini hanya untuk pertandingan melawan Korea Selatan. Tapi saya pastikan bila saya akan memberikan segalanya dan berharap bisa membawa sesuatu yang lebih baik untuk tim," terangnya seperti dilansir oleh BaliUtd.com.

3. Sejumlah wajah baru juga dipanggil untuk memperkuat "Garuda Muda"

Uji Coba Lawan Korea Selatan U-23, Luis Milla Panggil 23 PemainInstagram.com/pssi__fai

Bali United sendiri jadi tim yang paling banyak menyumbang pemain. Selain Fano, ada pula bek sayap Ricky Fajrin serta duet Timnas U-19 yakni Feby Eka dan Hanis Saghara. Di sisi lain, tidak ada nama Evan Dimas - Ilham Udin Armayn karena tidak mendapat izin dari klubnya, Selangor FA, untuk ambil bagian dalam laga uji coba.

Berikut ini daftar lengkap skuat Timnas U-23 seperti dilansir oleh situs resmi PSSI (Yang tertulis tebal adalah pemain senior):

Kiper : Muhammad Ridho (Borneo FC), Awan Setho Rahardjo (Bhayangkara FC)

Bek : Rezaldi Hehanusa (Persija Jakarta), I Putu Gede Juni Antara (Bhayangkara FC), Hansamu Yama Pranata (Barito Putera), Andy Setyo Nugroho (PS TIRA), Ricky Fajrin (Bali United), Gavin Kwan Adsit (Barito Putera), Bagas Adi Nugroho (Arema FC)

Tengah : Riko Simanjuntak (Persija Jakarta), Stefano Lilipaly (Bali United), M. Hargianto (Bhayangkara FC), Hanif Sjahbandi (Arema FC), Saddil Ramdani (Persela Lamongan), Zulfiandi (Sriwijaya FC), Septian David Maulana (Mitra Kukar), Febri Hariyadi (Persib Bandung), Osvaldo Haay (Persebaya Surabaya), Nelson Alom (Persebaya Surabaya), Irfan Jaya (Persebaya Surabaya), Feby Eka Putra (Bali United)

Depan : Beto Goncalves (Sriwijaya FC), Hanis Saghara (Bali United)

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya