5 Alumni La Masia yang Gagal Bersinar bersama Barcelona

Ada yang berkarier di Liga Jepang

La Masia merupakan salah satu akademi sepak bola terbaik di dunia. Beberapa lulusan La Masia mampu bersinar ketika dipromosikan ke tim utama Barcelona. Pemain-pemain tersebut di antaranya adalah Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Gerard Pique, serta Lionel Messi.

Akan tetapi,  hal tersebut tidak berlaku untuk semua alumni La Masia. Beberapa pemain justru menurun performanya setelah bermain untuk tim utama Blaugrana. Berikut enam lulusan La Masia yang gagal bersinar bersama Barcelona.

1. Victor Vazquez

5 Alumni La Masia yang Gagal Bersinar bersama Barcelonapotret Victor Vazquez (instagram.com/victorvazquez_7)

Saat masih di La Masia, Victor Vazquez merupakan pemain satu angkatan dengan Cesc Fabregas, Gerard Pique, serta Lionel Messi. Pada masa itu, Vazquez dianggap sebagai pemain terbaik di angkatannya.

Sayangnya, karier Victor Vazquez sebagai pesepak bola harus terhambat akibat cedera lutut yang cukup parah. Pemain asal Spanyol itu hanya mencatatkan tiga penampilan bersama Barcelona sebelum hijrah ke Belgia untuk memperkuat Club Brugge pada 2011.

2. Jordi Masip

5 Alumni La Masia yang Gagal Bersinar bersama Barcelonapotret Jordi Masip (twitter.com/realvalladolid)

Alumni La Masia berikutnya yang gagal bersinar bersama Barcelona adalah Jordi Masip.  Pemain 34 tahun tersebut berposisi sebagai penjaga gawang. Ia promosi ke tim utama Barcelona pada 2014.

Sayangnya, Masip hanya menjadi penjaga gawang ketiga setelah kalah bersaing dengan Claudio Bravo dan Marc-Andre ter Stegen. Pada 2017, Jordi Masip memilih hengkang ke Real Valladolid yang saat itu bermain di kasta kedua Liga Spanyol.

Baca Juga: 5 Produk Akademi La Masia yang Bersinar di Klub Lain Musim 2022/2023

3. Carles Planas

5 Alumni La Masia yang Gagal Bersinar bersama Barcelonapotret Carles Planas (instagram.com/planas21)

Carles Planas bergabung dengan La Masia saat masih berusia 9 tahun. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu kemudian dipromosikan ke Barcelona B saat usianya 18 tahun. Planas berhasil menjadi pemain inti bagi Barca B selama beberapa musim.

Akan tetapi, Carles Planas kesulitan untuk mendapatkan kesempatan bersama skuad utama Barcelona. Ia hanya mencatatkan dua penampilan bersama Blaugrana. Planas kemudian berlabuh ke Celta Vigo pada 2014 dengan status bebas transfer.

4. Jonathan dos Santos

5 Alumni La Masia yang Gagal Bersinar bersama Barcelonapotret Jonathan dos Santos (instagram.com/jona2santos)

Berkat bakatnya yang cukup potensial, Jonathan dos Santos direkrut akademi La Masia saat masih berusia 12 tahun. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah tersebut sempat beberapa kali dipercaya Pep Guardiola untuk tampil di tim utama Barca.

Total, Jonathan dos Santos hanya memainkan 28 pertandingan bersama Blaugrana. Pemain asal Meksiko itu kemudian dijual ke Villarreal pada musim panas 2014. Kini, Jonathan dos Santos kembali ke negara asalnya untuk memperkuat CF America.

5. Sergi Samper

5 Alumni La Masia yang Gagal Bersinar bersama Barcelonapotret Sergi Samper (instagram.com/sergisamper)

Sergi Samper digadang-gadang akan menjadi penerus Xavi Hernandez di Barcelona. Di level junior, Sergi Samper tampil cukup menonjol dengan mencatatkan lebih dari 100 penampilan bersama Barcelona B.

Namun, pemain 28 tahun itu gagal menunjukkan performa terbaiknya bersama skuad utama Barca. Sergi Samper hanya tampil dalam 13 pertandingan bersama Blaugrana. Kini, dirinya bermain untuk Vissel Kobe di Liga Jepang.

 

Pemain-pemain di atas tidak mampu menunjukkan kualitasnya saat dipromosikan ke tim utama Barcelona. Dari daftar tersebut, adakah pemain yang kalian ingat?

Baca Juga: 6 Pemain Jebolan La Masia yang Membela Spanyol pada Piala Dunia 2022

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya