5 Penjaga Gawang dengan Gelar Golden Glove Premier League Terbanyak

Ada nama Alisson Becker

English Premier League (EPL) merupakan salah satu kompetisi sepak bola terbaik di dunia. Hal tersebut tidak terlepas dari kualitas permainan yang disajikan di setiap pertandingannya. Selain itu, Premier League juga dihuni oleh pemain-pemain papan atas dunia sehingga menambah daya tarik dari kompetisi ini.

Para pemain EPL selalu berusaha untuk menampilkan performa terbaik termasuk seorang penjaga gawang. Di Premier League, penjaga gawang dengan raihan clean sheet terbanyak akan mendapatkan penghargaan Golden Glove Premier League. Berikut daftar penjaga gawang dengan raihan Golden Glove Premier League terbanyak.

1. Petr Cech

5 Penjaga Gawang dengan Gelar Golden Glove Premier League Terbanyakpotret Petr Cech (twitter.com/premierleague)

Selama 11 musim berseragam The Blues, Petr Cech selalu menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang. Ia telah memenangkan 13 trofi utama bersama Chelsea, termasuk gelar Premier League dan Liga Champions. Selain itu, Cech berhasil memenangkan tiga penghargaan Golden Glove Premier League pada musim 2004/2005, 2009/2010, serta 2013/2014 bersama Chelsea.

Pada musim panas 2015, Petr Cech berlabuh ke klub London lainnya,  yakni Arsenal. Dirinya kembali meraih Golden Glove Premier League pada musim debutnya bersama The Gunners. Total, pemain asal Ceko tersebut telah mengoleksi empat Golden Glove Premier League selama berkarier di Liga Inggris.

2. Joe Hart

5 Penjaga Gawang dengan Gelar Golden Glove Premier League Terbanyakpotret Joe Hart (instagram.com/joehartofficial)

Selain Petr Cech, penjaga gawang lainnya yang telah mengoleksi empat gelar Golden Glove Premier League adalah Joe Hart. Pemain asal Inggris itu memenangkan penghargaan tersebut bersama Manchester City pada musim 2010/2011, 2011/2012, 2012/2013, dan 2014/2015.

Joe Hart merupakan salah satu penjaga gawang terbaik yang pernah dimiliki oleh Manchester City. Selama membela The Citizen, Joe Hart telah mempersembahkan 2 gelar Premier League, 2 gelar Piala Liga Inggris, serta 1 gelar FA Cup.

Baca Juga: Eksodus Rezim Abramovich Berlanjut di Chelsea, Cech Cabut

3. Ederson Moraes

5 Penjaga Gawang dengan Gelar Golden Glove Premier League Terbanyakpotret Ederson Moraes (instagram.com/ederson93)

Ederson Moraes merupakan penjaga gawang utama Manchester City saat ini. Ia didatangkan dari Benfica pada bursa transfer musim panas 2017. Pemain asal Brasil itu dikenal mempunyai reflek yang bagus serta mampu membangun serangan dari bawah. 

Ederson menjadi salah satu pemain kunci di balik kesuksesan Manchester City meraih berbagai gelar dalam beberapa musim terakhir. Ia juga mampu meraih berbagai gelar individu, termasuk tiga penghargaan Golden Glove Premier League pada musim 2019/2020, 2020/2021, serta 2021/2022.

4. Pepe Reina

5 Penjaga Gawang dengan Gelar Golden Glove Premier League Terbanyakpotret Pepe Reina (twitter.com/premierleague)

Liverpool mendatangkan Pepe Reina dari Villarreal pada musim panas 2005. Pemain asal Spanyol tersebut menghabiskan 8 musim bersama The Reds. Selama berseragam Liverpool, Reina tampil dalam 394 pertandingan dengan mencatatkan 177 clean sheet.

Meskipun tidak pernah meraih gelar EPL bersama Liverpool, Pepe Reina mampu mengoleksi tiga gelar Golden Glove Premier League. Ia memenangkan penghargaan tersebut tiga kali berturut-turut, yakni pada musim 2005/2006, 2006/2007, dan 2007/2008.

5. Alisson Becker

5 Penjaga Gawang dengan Gelar Golden Glove Premier League Terbanyakpotret Alisson Becker (instagram.com/alissonbecker)

Sejak didatangkan pada 2018, Alisson Becker menjadi salah satu pemain tak tergantikan di skuad Liverpool. Sebagai seorang penjaga gawang, Alisson ketenangan serta kemampuan dalam membaca serangan lawan. Ia juga sering melakukan penyelamatan penting untuk menghindarkan gawangnya dari kebobolan.

Selama memperkuat Liverpool, Alisson berhasil meraih dua Golden Glove Premier League. Kedua penghargaan tersebut ia dapatkan pada musim 2018/2019 dan 2021/2022. Alisson Becker sangat mungkin untuk kembali menambah gelar Golden Glove Premier League mengingat kontraknya di Liverpool baru akan berakhir pada Juni 2027.

 

Dengan gelar Golden Glove Premier League, kualitas para penjaga gawang di atas tidak perlu diragukan lagi. Dari daftar tersebut, siapa yang jadi pemain favorit kalian?

Baca Juga: Kisah Sedih di Balik Tandukan Super Alisson Becker

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya