5 Kiper Manchester United dengan Jumlah Clean Sheet Terbanyak

De Gea menyamai rekor Peter Schmeichel

Manchester United meraih kemenangan 3-0 atas Leicester City pada pekan ke-24 English Premier League (EPL) 2022/2023. Dengan hasil tersebut, Setan Merah mengokohkan posisinya di peringkat ketiga klasemen sementara.

Selain itu, hasil tersebut juga menjadi catatan spesial bagi David De Gea. Pemain asal Spanyol itu kini menyamai rekor Peter Schmeichel sebagai kiper Manchester United dengan jumlah clean sheet terbanyak.

De Gea bersanding dengan kiper legendaris Manchester United lainnya. Inillah kiper Manchester United dengan jumlah clean sheet Terbanyak.

1. David De Gea

5 Kiper Manchester United dengan Jumlah Clean Sheet Terbanyakpotret David De Gea (instagram.com/d_degeaofficial)

Predikat kiper Manchester United dengan clean sheet terbanyak salah satunya dipegang David De Gea. Kiper asal Spanyol ini memiliki rekor 180 clean sheet dalam 521 pertandingan. Sebanyak 141 clean sheet ia torehkan saat berlaga di Premier League. 

David De Gea telah berseragam Manchester United sejak musim panas 2011. Posisinya sebagai kiper utama Manchester United tidak  pernah tergantikan hingga 2022/2023 ini. Ia telah meraih berbagai trofi bersama Setan Merah, termasuk gelar juara Premier League 2012/2013.

2. Peter Schmeichel

5 Kiper Manchester United dengan Jumlah Clean Sheet Terbanyakpotret Peter Schmeichel (twitter.com/premierleague)

Selain David De Gea, kiper dengan clean sheet terbanyak juga ditempati kiper Manchester United era 1990-an , Peter Schmeichel. Sepanjang kariernya, Schmeichel pernah membela tiga klub EPL, termasuk Aston Villa dan Manchester City. Bersama Manchester United, pemain asal Denmark ini mencatatkan 180 clean sheet dari 386 penampilan

Peter Schmeichel memperkuat Manchester United selama 8 musim. Selama membela Setan Merah, Schmeichel telah meraih berbagai gelar bergengsi, termasuk juara Liga Champions Eropa 1998/1999.

Baca Juga: 5 Kiper Senior yang Menjadi Pelapis David De Gea di Manchester United

3. Alex Stepney

5 Kiper Manchester United dengan Jumlah Clean Sheet Terbanyakpotret Alex Stepney (twitter.com/ManUtd)

Berikutnya, ada kiper asal Inggris, Alex Stepney. Ia memiliki statistik 175 clean sheet dalam 539 penampilan bersama Manchester United. Jumlah tersebut menjadikan Stepney sebagai kiper Manchester United dengan jumlah penampilan terbanyak.

Selain Manchester United, Alex Stepney juga pernah membela beberapa tim Inggris lainnya, seperti Millwall FC,  Chelsea, dan Altrincham FC. Namun, penampilan Stepney bersama Setan Merah membuatnya meraih berbagai gelar, seperti juara Liga Champions 1967/1968, Liga Inggris 1966/1967, dan Piala FA 1976/1977.

4. Gary Bailey

5 Kiper Manchester United dengan Jumlah Clean Sheet Terbanyakpotret Gary Bailey (twitter.com/ManUtd)

Kiper legendaris Manchester United, Gary Bailey, menempati tangga keempat dengan 161 clean sheet. Jumlah itu diraih Bailey dalam 375 penampilan bersama Manchester United di semua kompetisi. Ia menjadi kiper utama Manchester United setelah Alex Stepney memutuskan gantung sepatu. 

Gary Bailey tidak mendapatkan banyak gelar bersama Manchester United. Mantan kiper Timnas Inggris itu hanya meraih dua gelar juara Piala FA, yakni pada 1982/1983 dan 1984/1985. Bailey menghabiskan 9 musim di Old Trafford sebelum berlabuh ke Kaizer Chiefs pada 1987.

5. Edwin van der Sar

5 Kiper Manchester United dengan Jumlah Clean Sheet Terbanyakpotret Edwin van der Sar (twitter.com/premierleague)

Edwin van der Sar menjadi kiper kelima Manchester United dengan raihan clean sheet terbanyak. Dirinya mempunyai catatan 135 clean sheet selama 6 musim membela Setan Merah. Pemain asal Belanda itu telah tampil dalam 266 pertandingan bersama Manchester United. 

Manchester United menjadi klub terakhir yang diperkuat Edwin van der Sar. Sang pemain mampu meraih 11 trofi, termasuk 4 gelar juara Premier League dan 1 gelar juara Liga Champions selama berkarier di Old Trafford.

Dengan penampilannya yang konsisten, David De Gea berpeluang besar untuk menahbiskan diri sebagai kiper dengan clean sheet terbanyak bagi Manchester United. Menurutmu, mampukah De Gea melakukannya?

Baca Juga: 5 Klub Inggris Paling Sering Dihadapi Barcelona, Ada Manchester United

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya