Comscore Tracker

5 Klub Eropa dengan Jumlah Gol Sundulan Terbanyak pada Musim 2021/2022

Ada Barcelona, lho!

Sepak Bola menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia. Olahraga yang satu ini memiliki banyak penggemar di seluruh penjuru dunia. Salah satu alasan sepak bola begitu populer karena olahraga ini menggunakan taktik dan strategi.

Salah satu strategi dalam sepak bola adalah memanfaatkan bola atas sehingga mampu tercipta gol melalui sundulan. Gol heading atau sundulan sangat sering dijumpai dalam sebuah pertandingan termasuk di liga top Eropa. Berikut lima tim Eropa dengan jumlah gol sundulan terbanyak pada musim 2021/2022.

1. Inter Milan

5 Klub Eropa dengan Jumlah Gol Sundulan Terbanyak pada Musim 2021/2022potret pemain Inter Milan (instagram.com/inter)

Serie A  musim 2021/2022 berlangsung sangat menarik ketika dua tim asal Milan berlomba untuk meraih Scudetto. Pada akhirnya, AC Milan mampu menjadi juara Serie A setelah terakhir kali meraihnya 11 tahun yang lalu. Meskipun begitu, Inter Milan patut berbangga dengan pencapaian mereka musim lalu. Nerazzurri mampu menjadi tim paling produktif di Serie A dengan mencetak 84 gol.

Dengan kualitas pemain yang mereka miliki, tidak heran Inter Milan mampu menjadi tim dengan jumlah gol terbanyak. Inter Milan juga menjadi tim dengan gol sundulan terbanyak dengan mencetak 19 gol. Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak di lima liga top Eropa. Edin Dzeko dan Lautaro Martinez mencatatkan gol sundulan terbanyak bagi Inter Milan pada musim lalu dengan masing-masing mencetak empat gol.

2. Rennes

5 Klub Eropa dengan Jumlah Gol Sundulan Terbanyak pada Musim 2021/2022potret pemain Stade Rennais (instagram.com/staderennaisfc)

Rennes mampu tampil konsisten pada musim lalu dengan finis di peringkat empat Liga Prancis. Klub ini mampu memperoleh 66 poin yang meloloskannya ke Liga Europa. Rennes tampil sangat impresif dalam menyerang, dengan mencetak 82 gol pada musim 2021/2022

Jumlah gol tersebut menjadi yang terbanyak kedua di Liga Prancis setelah Paris Saint-Germain. Dari 82 gol yang mereka cetak, 18 di antaranya datang melalui sundulan. Martin Terrier mampu menjadi pemain dengan gol sundulan terbanyak dengan mencetak empat gol. Pemain lain seperti Gaetan Laborde dan Serhou Guirassy masing-masing mampu mencetak tiga sundulan pada musim lalu.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal Stade Rennes Sepanjang Masa, Siapa Saja?

3. Liverpool

5 Klub Eropa dengan Jumlah Gol Sundulan Terbanyak pada Musim 2021/2022potret pemain Liverpool (instagram.com/liverpoolfc)

Liverpool harus merelakan gelar Premier League pada musim lalu setelah hanya terpaut satu poin di bawah Manchester City. Meskipun demikian, Liverpool mampu tampil impresif dengan permainannya yang menyerang. Pasukan Jurgen Klopp hampir tidak menemukan kesulitan untuk menemukan celah di pertahanan lawan. Liverpool mengakhiri musim 2021/2022 dengan mencatatkan 94 gol.

Dengan skema umpan silang  yang diberikan ke dalam kotak penalti, The Reds berhasil mencetak 16 gol melalui sundulan di Premier League musim lalu. Meskipun bukan pemain paling tinggi, Diogo Jota mampu menjadi pemain dengan gol sundulan terbanyak bagi Liverpool. Pada musim lalu, Jota berhasil mencatatkan empat gol sundulan mengalakan Sadio Mane dengan tiga gol sundulannya. 

4. Freiburg

5 Klub Eropa dengan Jumlah Gol Sundulan Terbanyak pada Musim 2021/2022potret pemain Freiburg (instagram.com/scfreiburg)

Freiburg berhasil bertahan di divisi teratas Liga Jerman sejak tahun 2016. Tim ini mampu tampil cukup baik dalam beberapa musim terakhir. Pada musim 2021/2022, Freiburg berhasil finis di peringkat enam Bundesliga serta mampu mencapai babak final DFB Pokal meskipun harus mengakui keunggulan RB Leipzig.

Pada musim lalu, Freiburg mampu mencetak 58 gol dalam 34 pertandingan. Dari semua gol yang dicetak, 16 di antaranya datang melalui sundulan. Gol melalui sundulan menyumbang 27,58% dari total gol yang mereka cetak. Philipp Leinhart dan Jeong Woo-Yeong menjadi pencetak gol sundulan terbanyak bagi Freiburg dengan masing-masing mencetak tiga gol.

5. Barcelona

5 Klub Eropa dengan Jumlah Gol Sundulan Terbanyak pada Musim 2021/2022potret pemain Barcelona (instagram.com/fcbarcelona)

Barcelona mengawali musim 2021/2022 secara kurang meyakinkan setelah kepergian Lionel Messi ke Paris Saint-Germain pada jendela transfer musim panas. Barca terlihat sangat kehilangan sosok Lionel Messi di lini serang. Setelah tampil mengecewakan selama setengah musim, raksasa Spanyol itu mampu finis di posisi kedua La Liga setelah terpaut 13 poin dari juara bertahan Real Madrid.

Barcelona mencetak 68 gol dalam 38 pertandingan yang mereka jalani di La Liga. Barca juga menjadi tim dengan jumlah gol sundulan terbanyak di Liga Spanyol dengan 16 gol. Jumlah tersebut mampu mengungguli Sevilla yang hanya mampu mencetak 11 gol sundulan. Luuk De Jong menjadi pencetak gol sundulan terbanyak dengan torehan empat gol.

 

Tim-tim di atas menjadikan bola udara sebagai salah satu senjata untuk mencetak gol ke gawang lawan. Dari daftar tim tersebut, tim mana yang menjadi favorit kalian?

Baca Juga: Lini Depan Barcelona Sekarang: Tajam dan Cepat!

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya