5 Lulusan La Masia yang Bisa Dipulangkan Barca pada Musim Panas 2023

Ada nama Thiago Alcantara

Barcelona dikenal sebagai salah satu klub yang memiliki akademi sepak bola terbaik di dunia, yakni La Masia. Banyak pemain papan atas yang menjadi alumnus dari akademi tersebut, seperti Lionel Messi, Sergio Busquets, dan Andres Iniesta. Akan tetapi, tidak semua pemain lulusan La Masia mampu masuk dalam skuad utama Barcelona.

Beberapa pemain justru bersinar bersama klub lain. Saat ini, terdapat beberapa alumnus La Masia yang dapat didatangkan kembali oleh Blaugrana karena penampilan apiknya.

Siapa saja para pemain tersebut? Simak ulasan berikut ini!

1. Dani Olmo

5 Lulusan La Masia yang Bisa Dipulangkan Barca pada Musim Panas 2023potret Dani Olmo (instagram.com/daniolmo7)

Dani Olmo bergabung dengan akademi La Masia pada 2007 saat usianya baru menginjak 9 tahun. Pada 2014, ia meninggalkan La Masia dan bergabung bersama klub asal Kroasia, Dinamo Zagreb.

Kepindahan Dani Olmo ke Dinamo Zagreb membuat kariernya makin melesat. Gelandang asal Spanyol itu kemudian direkrut RB Leipzig pada musim dingin 2020 dengan biaya transfer mencapai 29 juta euro atau 478 miliar rupiah.

Sepanjang 2022/2023, Olmo telah membukukan 4 gol dan 6 assist di semua ajang. Kontrak pemain 24 tahun tersebut bersama RB Leipzig akan habis pada Juni 2024 mendatang.

2. Xavi Simons

5 Lulusan La Masia yang Bisa Dipulangkan Barca pada Musim Panas 2023potret Xavi Simons (instagram.com/xavisimons)

Xavi Simons memutuskan untuk hengkang dari Barcelona ke Paris Saint-Germain (PSG) pada musim panas 2019. Padahal, pemain asal Belanda tersebut telah bergabung dengan tim muda Blaugrana sejak 2010.

Pemain 20 tahun itu sendiri tidak banyak mendapat menit bermain bermain selama membela PSG. Pada awal 2022/2023, Simons berlabuh ke PSV Eindhoven dengan status bebas transfer.

Bersama PSV, Simons mampu menampilkan performa yang cukup impresif. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu telah mengoleksi 18 gol dan 11 assist dari 43 pertandingan di semua kompetisi.

Baca Juga: Xavi Simons, Remaja Keempat yang Tampil bagi Belanda di Piala Dunia

3. Arnau Martinez

5 Lulusan La Masia yang Bisa Dipulangkan Barca pada Musim Panas 2023potret Arnau Martinez (twitter.com/GironaFC)

Sebelum bergabung bersama tim muda Girona FC, Arnau Martinez sempat menimba ilmu di La Masia selama 6 tahun. Pada 2018, dirinya pindah ke tim muda Girona dan memulai debut di tim utama pada Desember 2021.

Saat ini, Arnau Martinez  menjadi pemain inti bagi Girona. Meski baru berusia 19 tahun, pemain yang berposisi sebagai bek kanan tersebut telah memainkan 90 laga di semua ajang.

Martinez juga mampu berkontribusi dengan mencetak 3 gol dan 2 assist sepanjang 2022/2023. Kabarnya, Barcelona menjadikan Arnau Martinez sebagai target utama pada bursa transfer musim panas nanti.

4. Thiago Alcantara

5 Lulusan La Masia yang Bisa Dipulangkan Barca pada Musim Panas 2023potret Thiago Alcantara (instagram.com/thiago6)

La Masia dikenal sering menghasilkan gelandang hebat, salah satunya adalah Thiago Alcantara. Pemain asal Spanyol itu mampu tampil reguler bersama Barcelona dengan mencatatkan seratus penampilan sebelum hengkang ke Bayern Munich.

Saat ini, Thiago memperkuat klub raksasa Inggris, Liverpool. Sayangnya, sang pemain kerap absen memperkuat The Reds karena cedera.

Barcelona dikabarkan sedang mencari sosok gelandang tengah baru. Thiago dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Blaugrana untuk mengisi posisi tersebut.

5. Sergio Gomez

5 Lulusan La Masia yang Bisa Dipulangkan Barca pada Musim Panas 2023potret Sergio Gomez (instagram.com/sergiogm_10)

Sergio Gomez merupakan salah satu pemain muda potensial yang dimiliki Manchester City. Bek kiri asal Spanyol itu menghabiskan waktu 8 tahun untuk menimba ilmu sepak bola di La Masia.

Pada musim dingin 2018, Gomez hijrah ke Jerman untuk memperkuat Borussia Dortmund. Ia juga sempat bermain untuk SD Huesca dan RSC Anderlecht sebelum bergabung dengan Manchester City pada 2022.

Sampai saat ini, Gomez telah tampil dalam 20 pertandingan di semua ajang bagi The Citizens. Sang pemain masih memiliki kontrak bersama klubnya hingga Juni 2026.

Barcelona dapat menjadikan pemain-pemain di atas sebagai target pembelian pada bursa transfer yang akan datang. Sebagai lulusan La Masia, seharusnya bukan hal yang sulit bagi mereka untuk beradaptasi dengan gaya permainan Blaugrana.

Baca Juga: 5 Fakta Thiago Alcantara, Lulusan La Masia yang Sukses di Tempat Lain

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya