5 Pelatih Termuda yang Pernah Menjuarai Premier League

Ada nama Pep Guardiola

Pelatih merupakan sosok penting dalam sebuah klub sepak bola. Pelatih bertanggung jawab dalam menyusun strategi agar tim dapat memenangkan pertandingan. Maka dari itu, kualitas seorang pelatih sangat menentukan performa sebuah tim sepak bola.

Umumnya, kursi kepelatihan diisi oleh seseorang yang telah berpengalaman. Namun, tak jarang pelatih muda dipercaya untuk menangani sebuah tim. Di Premier League, beberapa pelatih mampu menjadi juara dengan usia yang relatif muda.  Berikut lima pelatih termuda yang mampu menjuarai kompetisi Premier League.

1. Jose Mourinho

5 Pelatih Termuda yang Pernah Menjuarai Premier Leaguepotret Jose Mourinho (twitter.com/premierleague)

Jose Mourinho menjadi pelatih termuda yang mampu menjuarai kompetisi Premier League. Saat itu, Mourinho yang baru berusia 42 tahun berhasil mengantarkan Chelsea menjadi juara Premier League 2004/2005.

Selama berkarier di Inggris, Mourinho telah menjuarai Premier League sebanyak tiga kali, yakni pada musim 2003/2005, 2005/2006, dan 2014/2015. Ketiga gelar tersebut ia raih saat menjadi pelatih kepala The Blues.

Selama berkarier di Premier League, Jose Mourinho telah melatih tiga tim berbeda, yaitu Chelsea, Manchester United, dan Tottenham Hotspur. Kini, pria asal Portugal tersebut tengah menangani AS Roma yang berkompetisi di Serie A.

2. Kenny Dalglish

5 Pelatih Termuda yang Pernah Menjuarai Premier Leaguepotret Kenny Dalglish (twitter.com/Rovers)

Sebagai seorang pelatih, Kenny Dalglish telah memenangkan gelar juara Premier League saat usianya 44 tahun. Prestasi tersebut ia raih bersama Blackburn Rovers pada musim 1994/1995. Blackburn Rovers merupakan klub kedua Kenny Dalglish sebagai pelatih setelah sebelumnya sempat menangani Liverpool selama 6 musim.

Bersama Blackburn Rovers, Kenny Dalglish mampu mencetak pemain-pemain hebat, seperti Tim Sherwood dan Alan Shearer. Setelah tidak lagi menjadi pelatih Blackburn Rovers, pria asal Skotlandia tersebut sempat menangani beberapa tim, seperti Newcastle United, Celtic, dan Liverpool.

Baca Juga: 5 Pemain yang Hengkang setelah Berselisih dengan Pep Guardiola

3. Pep Guardiola

5 Pelatih Termuda yang Pernah Menjuarai Premier Leaguepotret Pep Guardiola (twitter.com/premierleague)

Pep Guardiola ditunjuk sebagai pelatih Manchester City pada musim 2016/2017. Sebelumnya, pelatih asal Spanyol tersebut sempat menangani dua tim raksasa,  yakni Barcelona dan Bayern Munich. 

Bersama Manchester City, Pep Guardiola berhasil mempersembahkan empat gelar Premier League. Gelar Premier League pertama Pep diraih pada musim 2017/2018. Saat itu, sang pelatih baru menginjak usia 47 tahun.

Pep Guardiola masih menyisakan kontrak dengan Manchester City hingga 2025 mendatang. Bukan tidak mungkin pelatih satu ini mampu kembali menambah koleksi gelar juara Premier League.

4. Roberto Mancini

5 Pelatih Termuda yang Pernah Menjuarai Premier Leaguepotret Roberto Mancini (instagram.com/mrmancini10)

Roberto Mancini merupakan pelatih pertama Manchester City pada era kepemilikan Sheikh Mansour. Mancini berhasil membawa The Citizen menjuarai Premier League musim 2011/2012. Roberto Mancini yang saat itu berusia 47 tahun mampu mengantarkan Manchester City menjuarai Liga Inggris untuk pertama kalinya sejak musim 1967/1968.

Setelah hengkang dari Manchester City, Roberto Mancini sempat melatih beberapa klub sebelum ditunjuk sebagai pelatih kepala Timnas Italia pada 2018. Selama menangani Timnas Italia, Mancini sukses mengantarkan timnya menjadi juara Euro 2020. Sayangnya, pelatih 58 tahun ini gagal membawa Gli Azzurri lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.

5. Antonio Conte

5 Pelatih Termuda yang Pernah Menjuarai Premier Leaguepotret Antonio Conte (twitter.com/premierleague)

Chelsea merupakan klub Inggris pertama yang dilatih oleh Antonio Conte. Ia datang ke Stamford Bridge pada musim 2016/2017 setelah sebelumnya menjabat sebagai pelatih kepala Juventus. Conte yang saat itu berusia 47 tahun sukses menjuarai Premier League pada musim debutnya menangani The Blues.

Antonio Conte hanya bertahan selama 2 musim bersama Chelsea. Ia dipecat pada musim panas 2018 setelah setelah gagal meloloskan Chelsea ke Liga Champions. Saat ini Conte kembali ke Inggris untuk melatih tim London lainnya, yaitu Tottenham Hotspur.

 

Menarik untuk menantikan pelatih muda berikutnya yang akan menjuarai Premier League. Dari daftar tersebut, siapa yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 5 Alternatif Pengganti Antonio Conte di Tottenham Hotspur

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya