6 Pemain Berpotensi Dilepas Arsenal pada Musim Panas 2023  

Arsenal mulai tatap UCL musim depan

Arsenal mampu tampil dominan di English Premier League (EPL) 2022/2023. The Gunners saat ini memuncaki klasemen sementara dengan mengoleksi 69 poin. Tim yang bermarkas di Emirates Stadium itu menjadi kandidat terkuat untuk menjuarai Premier League 2022/2023.

Arsenal juga telah memastikan tiket Liga Champions pada musim depan. Untuk dapat bersaing di kancah Eropa, Mikel Arteta dikabarkan akan merekrut beberapa nama pemain baru pada musim panas 2023. Agar mendapatkan dana segar, Arsenal perlu melepas beberapa pemain. Berikut enam pemain yang berpotensi Arsenal pada musim panas 2023.

1. Kieran Tierney

6 Pemain Berpotensi Dilepas Arsenal pada Musim Panas 2023  potret Kieran Tierney (instagram.com/kierantierney)

Kieran Tierney didatangkan Arsenal dari Celtic pada musim panas 2019. Pemain asal Skotlandia itu telah tampil dalam 114 pertandingan dengan menyumbang 5 gol dan 13 assist bagi The Gunners. 

Sayangnya, pada musim 2022/2023 ini, Tierney kurang mendapatkan menit bermain. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu kalah bersaing dengan Oleksandr Zinchenko yang baru didatangkan pada awal musim.  Newcastle United dikabarkan bersedia menampung Tierney jika dilepas Arsenal pada musim panas nanti. 

2. Albert Sambi Lokonga

6 Pemain Berpotensi Dilepas Arsenal pada Musim Panas 2023  potret Albert Sambi Lokonga (arsenal.com)

Albert Sambi Lokonga merupakan gelandang yang dibeli Arsenal dari Anderlecht dengan harga 17,5 juta euro atau Rp287 miliar. Sayangnya, pemain 23 tahun itu tidak mampu menunjukkan kualitasnya bersama Arsenal. Pada musim dingin 2023 ini, ia dipinjamkan ke Crystal Palace hingga akhir musim.

Lokonga masih menyisakan kontrak bersama Arsenal hingga Juni 2026. Namun, pemain Belgia tersebut tampaknya akan sulit mendapatkan posisi utama di lini tengah Arsenal setelah kedatangan Jorginho pada bursa transfer Januari 2023 lalu.

3. Nuno Tavares

6 Pemain Berpotensi Dilepas Arsenal pada Musim Panas 2023  potret Nuno Tavares (instagram.com/nuno_tavares71)

Arsenal merekrut Nuno Tavares dari Benfica pada musim panas 2021. Pada musim pertamanya berseragam The Gunners, Tavares lebih sering duduk di bangku cadangan. Pada Juli 2022, pemain asal Portugal itu resmi dipinjamkan ke Olympique Marseille. 

Nuno Tavares menjadi pemain penting bagi Marseille pada musim 2022/2023 ini. Ia telah tampil dalam 31 laga dengan menorehkan 6 gol. Dengan performa apik yang ditunjukkan bersama Marseille, bukan tidak mungkin klub Prancis tersebut akan memermanenkan sang pemain pada akhir musim.

Baca Juga: 5 Pembelian Termahal Arsenal selama Ditangani Mikel Arteta

4. Folarin Balogun

6 Pemain Berpotensi Dilepas Arsenal pada Musim Panas 2023  potret Folarin Balogun (arsenal.com)

Satu lagi pemain Arsenal yang tengah dipinjamkan ke klub lain adalah Folarin Balogun. Pemain 21 tahun itu kini tengah membela Stade Reims di Ligue 1 Prancis. Sebelumnya, Balogun sempat dipinjamkan ke Middlesbrough selama setengah musim. 

Sejauh ini, Folarin Balogun telah mencatatkan 16 gol dan 2 assist bersama Reims. Kabarnya, pemain asal Amerika Serikat itu masuk dalam radar Inter Milan pada bursa transfer musim panas 2023 ini.

5. Emile Smith Rowe

6 Pemain Berpotensi Dilepas Arsenal pada Musim Panas 2023  potret Emile Smith Rowe (instagram.com/esr)

Emile Smith Rowe sebenarnya menjadi salah satu pemain andalan Arsenal pada era kepelatihan Mikel Arteta. Selama berseragam Arsenal, Smith Rowe tampil dalam 91 pertandingan dengan membukukan 18 gol dan 10 assist

Akan tetapi, pemain asal Inggris ini tengah mengalami cedera sehingga harus absen cukup lama. Selain itu, performa gemilang yang ditunjukkan Martin Odegaard juga dapat mengancam posisinya di skuad The Gunners. Smith Rowe bisa saja dilepas ke klub lain dengan status pinjaman pada akhir musim dengan harapan mampu mengembalikan performa terbaiknya.

6. Granit Xhaka

6 Pemain Berpotensi Dilepas Arsenal pada Musim Panas 2023  potret Granit Xhaka (instagram.com/granitxhaka)

Granit Xhaka adalah salah satu pemain paling senior di skuad Arsenal saat ini. Ia datang ke Emirates Stadium sejak musim panas 2016. Sampai saat ini, pemain kebangsaan Swiss itu masih mampu tampil konsisten bersama The Gunners. 

Namun, belum ada penandatanganan kontrak baru antara Xhaka dengan Arsenal. Kontrak sang pemain bersama Arsenal akan habis pada Juni 2024 mendatang. Arsenal dapat menjual Granit Xhaka pada bursa transfer musim panas 2023 jika tidak ingin melepas pemain 30 tahun tersebut secara gratis.

Pemain-pemain di atas berpeluang besar dijual oleh Arsenal pada musim panas 2023. Dengan nilai pasar pemain yang masih tinggi, Meriam London berpotensi mendapatkan dana segar untuk bisa membeli pemain baru jika sukses melego beberapa pemain dalam skuad saat ini.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal 2022/2023 yang Paling Sering Tampil di Liga Champions

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya