5 Pemain Liverpool dengan Gol Terbanyak pada Musim Debut

Cepat beradaptasi sehingga jadi mesin gol

Liverpool mengawali 2022/2023 dengan kurang memuaskan. Hingga pekan ke-14 English Premier League (EPL), The Reds bertengger di posisi ke-9 dengan raihan 16 poin.

Salah satu faktor menurunnya performa Liverpool pada musim ini adalah tumpulnya lini depan setelah ditinggal Sadio Mane. Darwin Nunez yang menjadi rekrutan anyar Liverpool belum mampu menunjukkan permainan terbaiknya.

Liverpool sendiri sebenarnya dikenal cukup sering mencetak penyerang tajam. Bahkan, beberapa penyerang mereka mampu mencetak banyak gol pada musim debutnya.

Penasaran siapa saja penyerang Liverpool dengan jumlah gol terbanyak pada musim debut? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Mohamed Salah  

5 Pemain Liverpool dengan Gol Terbanyak pada Musim Debutpotret Mohamed Salah (twitter.com/LFC)

Salah satu kunci keberhasilan Jurgen Klopp bersama Liverpool adalah peran Mohamed Salah di lini serang The Reds. Ia dikenal sebagai pemain yang mempunyai kemampuan olah bola yang sangat baik serta insting mencetak gol tinggi.

Pemain asal Mesir ini didatangkan pada 2017/2018 dari AS Roma. Ia ditebus dengan biaya transfer mencapai 42 juta euro atau setara 643 miliar rupiah. 

Premier League bukanlah kompetisi baru bagi Mohamed Salah karena ia pernah berseragam Chelsea. Hal tersebut tampaknya cukup berpengaruh dengan proses adaptasinya bersama Liverpool.

Pada musim debutnya bersama The Reds, Salah mampu mencetak 44 gol dari 52 penampilan. Jumlah tersebut menjadikannya sebagai pemain Liverpool dengan jumlah gol terbanyak pada musim debut.

2. Fernando Torres 

5 Pemain Liverpool dengan Gol Terbanyak pada Musim Debutpotret Fernando Torres (twitter.com/LFC)

Fernando Torres didatangkan Liverpool pada 2007 dengan mahar mencapai 38 juta euro atau setara 582 miliar rupiah. Kedatangan Torres ke Anfield merupakan keinginan dari Rafael Benitez yang menjadi pelatih Liverpool saat itu.

Benitez yakin Torres merupakan sosok striker yang dibutuhkan Liverpool. Tak butuh waktu lama, sang pemain mampu menunjukkan kemampuannya bersama Liverpool.

Pemain asal Spanyol itu menjadi fenomena di kasta tertinggi Liga Inggris. Pada musim pertamanya berseragam The Reds, Fernando Torres berhasil mencetak 33 gol dari 46 pertandingan.

Torres merupakan sosok striker haus gol yang sangat berbahaya di kotak penalti lawan. Meskipun mampu menunjukkan performa apik selama membela Liverpool, ia belum pernah sekali pun mencicipi gelar juara bersama The Reds. Setelah 3,5 musim memperkuat Liverpool, Torres memutuskan hijrah ke Chelsea pada 2011/2012.

Baca Juga: Gestur Berkelas Mohamed Salah, Sumbang Rp2,3 M Buat Gereja di Mesir

3. Stan Collymore 

5 Pemain Liverpool dengan Gol Terbanyak pada Musim Debutpotret Stan Collymore (twitter.com/LFC)

Nama Stan Collymore mulai dikenal luas saat memperkuat Nottingham Forest. Dirinya menjadi sosok penting bagi Nottingham Forest dengan mencatatkan 41 gol dari 65 pertandingan di semua kompetisi.

Collymore memiliki insting mencetak gol yang sangat baik. Selain itu, ia juga memiliki kelebihan dalam hal kecepatan serta tendangan keras yang menyulitkan penjaga gawang lawan.

Berkat penampilannya yang gemilang bersama Nottingham Forest, Stan Collymore menjadi incaran tim-tim besar. Liverpool menjadi tim yang berhasil mendapatkan tanda tangannya dari Nottingham Forest.

Musim 1995/1996 menjadi tahun debut Stan Collymore bersama The Reds. Ia berhasil mencetak 19 gol dari 44 penampilan pada musim debutnya. Namun, Collymore hanya bertahan selama 2 musim bersama Liverpool. Pada 1997, ia memutuskan untuk hijrah ke Aston Villa.

4. Robbie Fowler 

5 Pemain Liverpool dengan Gol Terbanyak pada Musim Debutpotret Robbie Fowler (twitter.com/LFC)

Para pencinta Liverpool tidak asing lagi dengan sosok Robbie Fowler. Ia merupakan sosok legendaris.

Fowler itu jebolan akademi sepak bola Liverpool. Ia mencatatkan debut senior bersama Liverpool pada 1993/1994. Pertandingan menghadapi Fulham di Piala Liga Inggris menjadi laga debutnya bersama The Reds. Ia berkontribusi dengan mencetak satu gol.

Pada musim debutnya bersama Liverpool, Fowler mencetak 18 gol dari 34 penampilan di semua kompetisi. Capaian tersebut luar biasa mengingat pada saat itu ia baru berusia 18 tahun.

Setelah hampir 8 musim memperkuat The Reds, Fowler memutuskan untuk meninggalkan Liverpool pada 2001/2002. Ia kemudian melanjutkan kariernya bersama Leeds United.

5. Dirk Kuyt 

5 Pemain Liverpool dengan Gol Terbanyak pada Musim Debutpotret Dirk Kuyt (twitter.com/LFC)

Dirk Kuyt merupakan pemain asal Belanda yang direkrut Liverpool dari Feyenoord pada 2006/2007 dengan biaya transfer mencapai 18 juta euro atau setara 275 miliar rupiah. Pada musim perdananya bersama Liverpool, Kuyt mampu tampil luar biasa dengan mencatatkan 14 gol dan 6 assist di semua kompetisi. Jumlah golnya hanya kalah dari Peter Crouch yang menjadi top skor Liverpool pada musim itu dengan 18 gol.

Dirk Kuyt merupakan pemain yang biasa beroperasi di sayap kanan. Ia dikenal memiliki kecepatan serta stamina yang sangat kuat.

Selama 6 musim memperkuat Liverpool, Dirk Kuyt hanya mampu meraih gelar Piala Liga Inggris. Pada 2012, ia memutuskan hijrah ke Liga Turki untuk memperkuat Fenerbahce.

Nama-nama di atas mampu beradaptasi dengan permainan Liverpool. Akankah ada pemain yang mampu  memecahkan rekor di atas? Menarik untuk kita nantikan.

Baca Juga: Kabar Terkini 5 Pewaris Nomor Punggung 9 Fernando Torres di Liverpool

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya