5 Pemain Manchester United yang Didatangkan dari Liga Prancis

Ada nama Edinson Cavani

Manchester United memiliki sejarah apik. Klub yang bermarkas di Old Trafford ini menjadi klub dengan trofi Liga Inggris terbanyak. Mereka juga mampu meraih gelar bergengsi di tingkat internasional, seperti Liga Champions Eropa, Liga Europa, dan Piala Dunia Antarklub.

Pencapaian luar biasa Manchester United sebagai klub besar tidak lepas dari kualitas pemain yang dimiliki. Mereka tak segan-segan mendatangkan pemain dari Liga top Eropa lainnya, seperti Liga Prancis.

Inilah lima pemain Manchester United yang didatangkan dari Liga Prancis.

1. Zlatan Ibrahimovic

5 Pemain Manchester United yang Didatangkan dari Liga PrancisZlatan Ibrahimovic (premierleague.com)

Zlatan Ibrahimovic adalah pesepak bola asal Swedia yang berposisi sebagai seorang striker. Ibrahimovic malang melintang bermain di berbagai liga top dunia.

Ia pernah bermain untuk Manchester United pada 2016/2017. Ibrahimovic datang dengan status bebas transfer dari Paris Saint-Germain saat itu.

Pada awal kedatangannya di Old Trafford, Ibra sempat diragukan beberapa pihak mengingat usianya yang telah menginjak 35 tahun. Namun, ia mampu menjawab keraguan tersebut dengan penampilan yang apik bersama The Red Devils.

Ibrahimovic mencatatkan 29 gol dari 53 pertandingan yang ia lakoni. Cedera lutut yang ia derita serta kedatangan Romelu Lukaku mengakibatkan posisinya di Manchester United mulai tergantikan. Ia kemudian hengkang dari Manchester United ke LA Galaxy pada 2018.

2. Anthony Martial

5 Pemain Manchester United yang Didatangkan dari Liga PrancisAnthony Martial (twitter.com/ManUtd)

Anthony Martial didatangkan Manchester United dari AS Monaco pada 2015. Manchester United harus menebus Martial dengan biaya transfer sebesar 54 juta pound sterling atau setara 980 miliar rupiah.

Kedatangan Anthony martial diharapkan dapat menjadi mesin pencetak gol bagi Manchester United. Sayangnya, penampilan Martial bersama Manchester United ternyata masih jauh dari harapan.

Pemain Timnas Prancis ini kemudian dipinjamkan ke Sevilla pada paruh musim 2021/2022. Kinerja Martial bersama Sevilla pun dinilai kurang memuaskan dengan hanya mencetak 1 gol dari 12 penampilan.

Anthony Martial dikabarkan akan hengkang dari Manchester United. Sebab, ia tidak masuk rencana Erik ten Hag.

Baca Juga: 5 Pemain yang Dilepas FC Porto dengan Harga Mahal ke Klub Ligue 1

3. Edinson Cavani

5 Pemain Manchester United yang Didatangkan dari Liga PrancisEdinson Cavani (twitter.com/ManUtd)

Edinson Cavani datang ke Old Trafford pada 2020/2021 dengan status bebas transfer dari Paris Saint-Germain. Pemain Timnas Uruguay ini sendiri dikenal sebagai striker yang haus gol. Ia pernah mendapatkan gelar top skor di Liga Prancis serta Liga Italia.

Dengan segala pencapaian tersebut, Cavani diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi Manchester United. Namun, selama di Manchester United, Cavani kurang mendapatkan menit bermain. Hal itu disebabkan cedera yang ia alami serta kedatangan Cristiano Ronaldo di Old Trafford.

Cavani hanya mencatatkan 59 penampilan di semua kompetisi dengan menyumbang 19 gol. Ia meninggalkan Manchester United setelah kontraknya habis pada 1 Juli 2022.

4. Radamel Falcao

5 Pemain Manchester United yang Didatangkan dari Liga PrancisRadamel Falcao (twitter.com/premierleague)

Radamel Falcao merupakan pemain asal Kolombia yang berposisi sebagai seorang penyerang. Ia pernah didatangkan Manchester United dari AS Monaco dengan status pinjaman pada 2014/2015.

Penampilan Radamel Falcao bersama Manchester United masih jauh dari yang diharapkan. Ia hanya mampu mencetak 4 gol dari 29 penampilannya bersama Manchester United.

Kegagalan Falcao bersama The Red Devils tidak lepas dari cedera yang ia derita. Ia lantas pindah ke Chelsea. Namun, penampilannya bersama The Blues juga masih belum maksimal. Saat ini, Radamel Falcao memperkuat Rayo Vallecano di Liga Spanyol.

5. Patrice Evra

5 Pemain Manchester United yang Didatangkan dari Liga PrancisPatrice Evra (twitter.com/premierleague)

Patrice Evra dikenal sebagai seorang bek sayap yang sering membantu penyerangan. Evra memiliki fisik yang prima serta kemampuan melepaskan umpan yang sangat baik pada masanya.

Ia diperkenalkan sebagai pemain Manchester United pada paruh musim 2005/2006. Sebelumnya, ia bermain untuk AS Monaco di Liga Prancis. 

Evra mampu tampil apik bersama Manchester United serta hampir selalu menjadi pilihan utama. Ia bahkan sempat dipercaya untuk menjadi kapten Manchester United saat itu.

Setelah 8 tahun berseragam Manchester United, Patrice Evra hijrah ke Italia untuk memperkuat Juventus. Ia menutup kariernya bersama The Red Devils dengan memenangi banyak gelar, termasuk lima kali juara Liga Inggris. Patrice Evra kemudian memutuskan untuk gantung sepatu pada 2019 setelah berkelana ke luar Inggris.

Dengan ditunjuknya Erik ten Hag sebagai pelatih Manchester United, akankah The Red Devils mendatangkan pemain dari Liga Prancis lagi? Mari kita nantikan!

Baca Juga: 10 Potret Nordi Mukiele, Bek Prancis Incaran Manchester United

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya