5 Pemain Paling Banyak Menyabet Man of the Match di Liga Champions

Didominasi penyerang

UEFA Champions League (UCL) merupakan ajang untuk klub sepak bola paling bergengsi di Eropa. Kompetisi tersebut diikuti oleh klub-klub terbaik di tiap liga di Benua Biru. Tidak heran jika pertandingan Liga Champions selalu dinantikan para pencinta sepak bola. 

Liga Champions Eropa juga menjadi ajang bagi pemain untuk menunjukkan kualitas terbaiknya. Pada tiap pertandingannya, terdapat gelar Man of the Match yang diberikan kepada pemain yang tampil menonjol. Berikut lima pemain dengan gelar Man of the Match terbanyak di Liga Champions.

1. Lionel Messi

5 Pemain Paling Banyak Menyabet Man of the Match di Liga Championspotret Lionel Messi (twitter.com/PSG_English)

Lionel Messi merupakan salah satu pesepak bola terbaik sepanjang sejarah. Pemain asal Argentina tersebut telah memenangi berbagai trofi, termasuk trofi Liga Champions. Sepanjang kariernya, Messi telah mengoleksi empat Si Kuping Besar. Semuanya ia raih saat masih membela Barcelona.

Di Liga Champions, Messi sendiri berhasil membukukan 137 gol dan 49 assist dari 172 penampilan. Berkat performa apiknya di pertandingan antarklub Eropa terbaik itu, sang pemain mampu menyabet 64 predikat Man of the Match. Catatan tersebut menjadikannya sebagai pemain dengan gelar Man of the Match terbanyak di Liga Champions.

2. Cristiano Ronaldo

5 Pemain Paling Banyak Menyabet Man of the Match di Liga Championspotret Cristiano Ronaldo (twitter.com/realmadrid)

Posisi kedua ditempati mantan pemain Manchester United, Cristiano Ronaldo. Pemain asal Portugal tersebut berhasil meraih 40 gelar Man of the Match di Liga Champions. Gelar tersebut berhasil ia peroleh dalam 131 pertandingan.

Ronaldo mampu membukukan 140 gol di kompetisi antarklub terbaik Eropa. Dirinya juga berhasil meraih lima gelar juara Liga Champions bersama Manchester United dan Real Madrid. Sayangnya,  Ronaldo tidak berpartisipasi di Liga Champions 2022/2023 setelah memutuskan hijrah ke Saudi Pro League untuk memperkuat Al-Nassr. Klub ini kebetulan tidak bermain di Eropa, tetapi di Asia.

Baca Juga: 4 Alumni EPL yang Berpeluang Meraih Trofi UCL Bersama Inter Milan

3. Neymar Jr

5 Pemain Paling Banyak Menyabet Man of the Match di Liga Championspotret Neymar (instagram.com/neymarjr)

Neymar Jr merupakan pemain asal Brasil yang saat ini membela Paris Saint-Germain (PSG). Pesepak bola satu ini dikenal memiliki kemampuan individu di atas rata-rata. Tidak heran jika dirinya menjadi pemain penting di tiap klub yang ia bela. 

Sepanjang kariernya, Neymar Jr telah 23 kali terpilih sebagai Man of the Match di Liga Champions. Ia juga turut berperan mengantarkan Barcelona meraih titel juara Liga Champions 2014/2015. Sayangnya, pencapaian tersebut belum mampu ia ulangi bersama PSG.

4. Robert Lewandowski

5 Pemain Paling Banyak Menyabet Man of the Match di Liga Championspotret Robert Lewandowski (instagram.com/_rl9)

Robert Lewandowski merupakan merupakan salah satu penyerang tertajam di Eropa saat ini. Pemain asal Polandia tersebut mampu mencetak 91 gol dari 111 pertandingan di Liga Champions. Torehan tersebut menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak ketiga sepanjang sejarah kompetisi antarklub terbaik Eropa. 

Sejauh ini, Lewandowski telah 19 kali mendapatkan penghargaan Man of the Match di Liga Champions. Penghargaan tersebut terakhir ia raih pada babak penyisihan grup Liga Champions 2022/2023. Saat itu, Barcelona berhasil mengalahkan Victoria Plzen dengan skor 5-1. Pada pertandingan tersebut, Lewandowski mampu menjaringkan hattrick.

Musim 2022/2023 sendiri menjadi musim debut bagi Lewandowski di klub barunya, Barcelona. Sayangnya, pemain berusia 35 tahun tersebut gagal membawa Blaugrana melangkah jauh di Liga Champions. Barca tersingkir pada babak penyisihan grup setelah kalah bersaing dengan Inter Milan dan Bayern Munich.

5. Karim Benzema

5 Pemain Paling Banyak Menyabet Man of the Match di Liga Championspotret Karim Benzema (instagram.com/karimbenzema)

Karim Benzema menjadi andalan Real Madrid dalam urusan mencetak gol. Secara total, pemain asal Prancis itu telah membukukan 352 gol di semua kompetisi. Sebanyak 78 gol di antaranya ia cetak di Liga Champions. 

Penampilan gemilang di Liga Champions membawanya meraih 13 gelar Man of the Match. Mantan pemain Olympique Lyon itu sendiri telah memenangi lima trofi Liga Champions bersama Real Madrid. Sayangnya, Benzema gagal meraih gelar juara keenamnya setelah Los Blancos tersingkir pada babak semifinal Liga Champions 2022/2023.

Peraih gelar Man of the Match terbanyak di Liga Champions didominasi oleh penyerang. Kualitas pemain-pemain di atas memang tidak perlu diragukan lagi. Mereka selalu berusaha menampilkan performa maksimal di tiap pertandingan Liga Champions bersama klub yang dibela.

Baca Juga: 5 Hal Menarik saat Man City Bantai Real Madrid di Semifinal UCL 2023

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya