Comscore Tracker

5 Rekor Transfer Pinjaman Termahal dalam Sejarah Sepak Bola

Alvaro Morata menjadi pemain pinjaman termahal

Klub-klub sepak bola berlomba-lomba untuk mendatangkan pemain-pemain berkualitas. Bahkan, beberapa klub rela mengeluarkan banyak uang untuk mendatangkan pemain yang bagus. Untuk mendatangkan pemain, para klub dapat melakukan pembelian pemain ataupun peminjaman pemain.

Mendatangkan pemain dengan status pinjaman menjadi salah satu opsi bagi sebuah klub untuk mendatangkan pemain dengan biaya yang lebih murah. Akan tetapi, beberapa klub ini malah harus mengeluarkan biaya yang cukup tinggi untuk mendatangkan pemain dengan status pinjaman. Berikut lima transfer pemain pinjaman termahal dalam sejarah sepak bola.

1. Alvaro Morata

5 Rekor Transfer Pinjaman Termahal dalam Sejarah Sepak Bolapotret Alvaro Morata (twitter.com/juventusfcen)

Alvaro Morata memiliki dua periode berbeda ketika membela Juventus. Ia pertama kali bergabung bersama Juventus pada musim 2014/2015 setelah sebelumnya memperkuat Real Madrid di Liga Spanyol. Sementara itu, periode keduanya di Juventus berlangsung pada musim 2020/2021 hingga berakhir pada tanggal 30 Juni 2022 dengan status pinjaman dari Atletico Madrid.

Pada awalnya, kesepakatan pinjaman Alvaro Morata bersama Juventus hanya selama satu tahun, tetapi Juve melanjutkan untuk memperpanjangnya selama satu tahun lagi. Juventus harus mengeluarkan biaya 18 juta poundsterling atau sekitar 322 miliar rupiah untuk peminjaman Morata. Jumlah tersebut sekaligus menjadi yang termahal dalam sejarah sepak bola.

2. Alvaro Morata

5 Rekor Transfer Pinjaman Termahal dalam Sejarah Sepak Bolapotret Alvaro Morata (twitter.com/atletienglish)

Alvaro Morata telah bermain untuk beberapa klub top Eropa. Morata mampu tampil memukau bersama Real Madrid di periode keduanya pada musim 2016/2017. Dirinya mampu mencetak 15 gol liga hanya dalam 14 penampilan untuk klub.

Musim berikutnya, Morata menandatangani kontrak dengan Chelsea dengan nilai transfer 60 juta poundsterling atau sekitar 1 triliun rupiah. Sayangnya, Morata tak mampu tampil maksimal dengan hanya mencetak 24 gol dalam 72 penampilan di semua kompetisi untuk The Blues.

Pada musim dingin 2019, Morata bergabung dengan Atletico Madrid dengan status pinjaman selama 18 bulan. Kesepakatan itu menelan biaya 16,2 juta poundsterling atau sekitar 289 miliar rupiah sebelum akhirnya dipermanenkan.

Baca Juga: 5 Klub yang Bisa Jadi Tujuan Alvaro Morata pada Musim 2022/2023

3. Giovani Lo Celso

5 Rekor Transfer Pinjaman Termahal dalam Sejarah Sepak Bolapotret Giovani Lo Celso (instagram.com/locelsogiovani)

Setelah menjalani musim yang impresif di Real Betis pada musim 2018/2019, Giovani Lo Celso menarik perhatian beberapa klub papan atas Eropa. Tottenham Hotspur adalah salah satunya dan berhasil mengontraknya dengan status pinjaman untuk musim berikutnya. Spurs harus membayar 14,4 juta poundsterling atau setara 258 miliar rupiah untuk peminjaman Giovani Lo Celso.

Selama pinjaman selama satu musim di Spurs, Lo Celso menderita cedera, tetapi sempat menunjukkan kualitasnya di lini tengah. Dengan keuletan dan kemampuan passing yang ia miliki, pemain Argentina itu memberikan dampak yang luar biasa. Tottenham Hotspur kemudian memilih untuk mempermanenkannya. Akan tetapi, masalah cederanya membuat ia tidak bisa menemukan performa terbaiknya. Lo Celso akhirnya dipinjamkan ke Villarreal pada jendela transfer musim dingin 2022.

4. Duvan Zapata

5 Rekor Transfer Pinjaman Termahal dalam Sejarah Sepak Bolapotret Duvan Zapata (instagram.com/duvanzapata91)

Duvan Zapata didatangkan Napoli dari Argentina Estudiantes pada tahun 2013. Dia telah dipinjamkan ke beberapa tim Serie A, seperti Udinese dan Sampdoria. Pemain Timnas Kolombia ini dikenal karena kemampuannya dalam mencetak gol. Zapata kemudian dipinjamkan ke Atalanta pada musim 2018/2019 dari Sampdoria untuk jangka waktu dua musim sebelum dipermanenkan pada tahun 2020.

Striker Kolombia ini mampu bermain dengan sangat baik pada musim debutnya. Ia mampu mencetak 23 gol di Serie A,  jumlah gol terbanyak kedua di Liga Italia musim itu.Performa mencetak gol Zapata berlanjut musim berikutnya saat ia mampu mencetak 18 gol liga hanya dalam 25 pertandingan. Meskipun Atalanta harus membayar 12,6 juta poundsterling atau setara 225 miliar rupiah untuk peminjamannya, jumlah tersebut sebanding dengan penampilan apiknya bersama Atalanta.

5. James Rodriguez

5 Rekor Transfer Pinjaman Termahal dalam Sejarah Sepak Bolapotret James Rodriguez (instagram.com/jamesrodriguez10)

Setelah penampilan apiknya di Piala Dunia FIFA 2014 bersama Kolombia, James Rodriguez menjadi incaran beberapa klub besar. Real Madrid berhasil mendatangkan James Rodriguz dari AS Monaco pada musim 2014/2015. Setelah melalui tiga musim pertamanya bersama Los Blancos, James Rodriguez  dipinjamkan ke Bayern Munich pada musim 2017/2018 untuk jangka waktu dua tahun.

Bersatu kembali dengan mantan manajer Carlo Ancelotti, James Rodriguez mampu menunjukkan performa terbaikna. Dia mampu mencetak 15 gol dan mencatatkan 20 assist dalam 67 pertandingan selama dua musim untuk Die Roten. Bayern Munich memutuskan untuk tidak melakukan opsi pembelian terhadap James Rodriguez di akhir masa pinjamannya. Peminjaman James Rodriguez menelan biaya sebesar 11,7 juta poundsterling atau setara 209 miliar rupiah.

 

Mendatangkan pemain dengan status pinjaman dapat menjadi salah satu upaya untuk mendatangkan pemain berkualitas dengan biaya lebih rendah. Dari daftar pemain di atas, siapa yang menjadi favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Musim Ini Bermain di Liga Qatar, Ada James Rodriguez

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya