Comscore Tracker

5 Pemain Sepak Bola dengan Gelar Individu Terbanyak

Ada nama Cristiano Ronaldo

Meskipun sepak bola merupakan olahraga tim, tak bisa dimungkiri jika kemampuan individu pemain cukup berpengaruh dalam permainan. Untuk menjalankan sebuah strategi dengan baik, diperlukan kemampuan individu yang baik untuk menopang jalannya strategi yang diberikan.

Beberapa pemain dianugerahi kemampuan individu yang luar biasa sehingga dapat berdampak positif terhadap permainan tim yang dibela. Maka dari itu, tidak heran jika terdapat penghargaan individu bagi pemain sepak bola.

Berikut lima pemain sepak bola dengan gelar individu terbanyak.

1. Lionel Messi

5 Pemain Sepak Bola dengan Gelar Individu Terbanyakpotret Lionel Messi (twitter.com/PSG_English)

Kemampuan Lionel Messi dalam memainkan si kulit bundar tidak perlu diragukan lagi. Pemain Timnas Argentina ini dikenal dengan kemampuan olah bolanya sehingga ia dapat melewati beberapa pemain sekaligus untuk menciptakan ancaman ke gawang lawan.

La Pulga juga memiliki kemampuan dalam membuat sebuah keputusan serta melakukan eksekusi secara tepat. Karena kemampuannya yang istimewa itu, Lionel Messi telah meraih tujuh belas penghargaan individu sepanjang kariernya.

Jumlah tersebut sekaligus menjadi yang terbanyak di antara pemain sepak bola lainnya di dunia. Messi juga menjadi pemain sepak bola dengan gelar Ballon d'Or terbanyak.

Pemain Paris Saint-Germain ini berhasil meraih tujuh gelar Ballon d'Or. Ia terakhir kali meraihnya pada 2021 lalu.

2. Cristiano Ronaldo

5 Pemain Sepak Bola dengan Gelar Individu Terbanyakpotret Cristiano Ronaldo (twitter.com/ManUtd)

Cristiano Ronaldo merupakan salah satu pemain sepak bola hebat pada abad ini. Pemain Timnas Portugal ini mampu tampil konsisten dalam urusan mencetak gol baik di level klub maupun tim nasional. CR7 telah mencetak 815 gol sepanjang kariernya sekaligus menjadikannya sebagai pemain sepak bola dengan jumlah gol terbanyak dalam sejarah.

Pada usianya yang sudah menginjak 37 tahun, Cristiano Ronaldo masih mampu tampil prima. Hal ini dibuktikan ketika ia mampu mencetak 24 gol bersama Manchester United pada musim lalu.

Ronaldo juga berhasil meraih berbagai penghargaan individu dalam karier sepak bolanya. Pemain Manchester United ini telah meraih lima belas gelar individu, seperti Ballon d'Or, Pemain Terbaik Eropa, maupun FIFA Puskas Awards.

Baca Juga: 5 Rekor Individu yang Tak Biasa dalam Dunia Sepak Bola, Apa Saja?

3. Ronaldo Luis Nazario

5 Pemain Sepak Bola dengan Gelar Individu Terbanyakpotret Ronaldo Luis Nazario (twitter.com/FIFAcom)

Ronaldo Luis Nazario merupakan salah satu legenda sepak bola Brasil yang telah malang melintang di beberapa klub besar Eropa. Beberapa klub Eropa yang pernah ia bela di antaranya adalah PSV Eindhoven, Barcelona, Inter Milan, Real Madrid, dan AC Milan.

Selain sukses di level klub, Ronaldo juga memiliki catatan mentereng bersama Timnas Brasil. Dirinya merupakan aktor utama di balik kesukesan Brasil meraih gelar Piala Dunia 2002.

Ronaldo memiliki enam gelar individu sepanjang kariernya sebagai pemain sepak bola. Dirinya pernah meraih 2 Ballon d'Or, 3 The Best FIFA Men's Player, dan 1 Sepatu Emas Eropa.

Sayangnya, cedera lutut yang cukup parah menghambat karier sepak bola Ronaldo. Dirinya memutuskan untuk gantung sepatu pada 2011. Corinthians menjadi klub terakhir yang pernah ia bela.

 4. Marco van Basten 

5 Pemain Sepak Bola dengan Gelar Individu Terbanyakpotret Marco van Basten (twitter.com/FIFAcom)

Marco van Basten merupakan salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang masa Belanda. Pemain ini hanya memperkuat dua tim sepanjang kariernya sebagai pemain sepak bola profesional, yakni Ajax Amsterdam dan AC Milan.

Van Basten juga turut mengantarkan Timnas Belanda menjuarai Piala Euro untuk pertama kalinya pada 1988. Ia mampu mencetak satu gol saat laga final menghadapi Uni Soviet.

Sayangnya, karier sepak bola Marco van Basten tidak bertahan lama. Ia harus gantung sepatu pada 1995 saat usianya masih 31 tahun akibat cedera parah yang ia alami. Sepanjang kariernya, van Basten berhasil meraih 5 penghargaan individu, termasuk 3 trofi Ballon d'Or yang ia raih pada 1988, 1989, dan 1992.

5. Zinedine Zidane

5 Pemain Sepak Bola dengan Gelar Individu Terbanyakpotret Zinedine Zidane (twitter.com/juventusfcen)

Zinedine Zidane merupakan salah satu gelandang serang terbaik pada masanya. Ia memiliki visi bermain serta kemampuan olah bola yang sangat baik.

Zidane menjadi andalan bagi Timnas Prancis maupun klub yang ia bela. Bersama Timnas Prancis, Zidane berhasil mempersembahkan gelar Piala Dunia 1998 serta Piala Euro 2000.

Sepanjang kariernya sebagai pemain sepak bola, Zidane berhasil meraih empat gelar individu, yakni 1 Ballon d'Or dan 3 The Best FIFA Men's Player. Setelah pensiun sebagai pemain sepak bola, ia sempat menjadi pelatih Real Madrid. Saat menjadi pelatih Real Madrid, Zidane berhasil mengantarkan Real Madrid menjuarai Liga Champions 3 musim berturut-turut.

Menarik untuk menantikan pemain selanjutnya yang dapat memecahkan rekor pemain di atas. Dari daftar tersebut, siapa yang menjadi pemain favorit kalian?

Baca Juga: 5 Eks Pesepak Bola Ini Jadi Pimpinan Tim Sepak Bola, Ada Beckham!

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya