Comscore Tracker

5 Pemain Spanyol dengan Nilai Pasar Tertinggi di EPL 2022/2023

Nomor satu andalan Manchester City

Spanyol merupakan salah satu negara yang sering mencetak pemain sepak bola potensial. Hal tersebut tidak lepas dari sistem pembinaan usia dini yang sangat baik melalui akademi sepak bola yang sangat terstruktur dan memiliki fasilitas memadai. Tidak heran jika pemain asal Spanyol menjadi incaran tim-tim papan atas Liga Eropa, tak terkecuali Liga Inggris.

Banyak tim English Premier League (EPL) mendatangkan pemain Spanyol untuk memperkuat timnya. Bahkan, beberapa di antaranya sudah dipantau sejak level junior.

Pemain asal Spanyol yang berlaga di sana juga memiliki nilai pasar yang cukup tinggi. Berikut lima pemain Spanyol dengan nilai pasar tertinggi di EPL 2022/2023.

1. Rodri

5 Pemain Spanyol dengan Nilai Pasar Tertinggi di EPL 2022/2023potret Rodri (twitter.com/premierleague)

Sebelum berseragam Manchester City, Rodrigo Hernandez Cascante atau lebih dikenal Rodri pernah bermain untuk Villarreal dan Atletico Madrid di LaLiga Spanyol. Rodri merupakan pemain yang biasa beroperasi sebagai gelandang bertahan.

Ia memiliki kelebihan dalam hal visi bermain, penguasaan bola, dan kemampuan untuk memutus alur serangan lawan. Maka dari itu, posisinya sebagai gelandang bertahan di Manchester City hampir tak tergantikan pada tiap pertandingannya.

Untuk mendatangkan Rodri, Manchester City harus mengeluarkan uang sebesar 62,7 juta euro atau setara 966 miliar rupiah. Jumlah tersebut menjadikannya sebagai pemain termahal yang didatangkan oleh Manchester City sebelum dipecahkan oleh Ruben Dias dari Benfica.

Selama berseragam Manchester City, Rodri telah mengoleksi 2 gelar juara Premier League dan 2 Piala Liga. Saat ini, ia menjadi pemain Spanyol di kasta tertinggi Liga Inggris dengan dengan nilai pasar termahal, yakni 80 juta euro atau setara 1,2 triliun rupiah.

2. Marc Cucurella

5 Pemain Spanyol dengan Nilai Pasar Tertinggi di EPL 2022/2023potret Marc Cucurella (twitter.com/cucurella3)

Marc Cucurella menjadi incaran tim-tim besar pada bursa transfer musim panas 2022. Hal tersebut tidak lepas dari penampilan gemilangnya bersama Brighton & Hove Albion.

Pemain asal Spanyol ini berposisi sebagai bek kiri dan sering sekali maju ke depan untuk membantu serangan. Cucurella memiliki kelebihan dalam hal visi bermain dan umpan yang cukup akurat. Selain itu, dirinya juga mempunyai kemampuan bertahan yang cukup baik dengan sering melakukan tekel bersih untuk merebut bola dari penguasaan lawan.

Marc Cucurella merupakan jebolan akademi Espanyol sebelum pindah ke Barcelona. Ia mulai bersinar saat membela Getafe dengan mendapatkan tempat sebagai pemain utama.

Pada bursa transfer musim panas 2021, Cucurella hijrah ke Inggris untuk memperkuat Brighton & Hove Albion. Baru berseragam Brighton selama semusim, ia hengkang ke Chelsea pada bursa transfer musim panas 2022. Marc Cucurella kini memiliki nilai pasar yang cukup tinggi, yakni 55 juta euro atau setara 847 miliar rupiah.

Baca Juga: 5 Pemain Serie A dengan Kenaikan Nilai Pasar Tertinggi pada 2022/2023

3. Aymeric Laporte

5 Pemain Spanyol dengan Nilai Pasar Tertinggi di EPL 2022/2023potret Aymeric Laporte (instagram.com/laporte)

Aymeric Laporte merupakan pemain kelahiran Prancis yang berposisi sebagai bek kiri. Saat ini, ia berseragam Manchester City setelah pernah memperkuat Athletic Bilbao di LaLiga.

Laporte didatangkan Manchester City dengan nilai transfer mencapai 65 juta euro atau setara 1 triliun rupiah. Selama memperkuat The Citizens, ia mempersembahkan 4 gelar juara Premier League, 4 Piala Liga, dan 1 Piala FA.

Sebagai seorang bek tengah, Laporte memiliki postur yang cukup ideal, yakni 189 cm. Ia memiliki kemampuan sangat baik dalam membaca serangan lawan.

Selain itu, Laporte juga merupakan tipe bek modern yang mampu menginisiasi serangan dari bawah. Dengan kaki kiri sebagai kaki terkuatnya, ia dapat ditempatkan sebagai bek kiri. Saat ini, nilai pasar Aymeric Laporte mencapai 45 juta euro atau setara 693 miliar rupiah.

4. Pablo Fornals

5 Pemain Spanyol dengan Nilai Pasar Tertinggi di EPL 2022/2023potret Pablo Fornals (instagram.com/pablofornals)

Pablo Fornals menjadi salah satu pemain yang menjadi andalan West Ham United pada 2022/2023. Pemain kelahiran Spanyol ini biasa beroperasi sebagai gelandang serang.

Fornals mempunyai kemampuan olah bola dan visi bermain yang baik. Ia bertugas sebagai pengatur serangan West Ham United. Selama membela The Hammers, Fornals telah mencatatkan 17 gol serta 18 assist

Fornals menandatangani kontrak bersama West Ham United pada bursa transfer musim panas 2019 setelah memperkuat Villarreal selama 2 musim. Saat itu, West Ham United mengeluarkan 28 juta euro untuk mendatangkannya. Pemain 26 tahun itu kini memiliki nilai pasar mencapai 25 juta euro atau setara 385 miliar rupiah.

5. Robert Sanchez

5 Pemain Spanyol dengan Nilai Pasar Tertinggi di EPL 2022/2023potret Robert Sanchez (twitter.com/OfficialBHAFC)

Robert Sanchez menandatangani kontrak bersama Brighton & Hove Albion pada bursa transfer musim panas 2015. Sebelumnya, ia bermain untuk tim junior Levante di Liga Spanyol.

Dirinya sempat dipinjamkan ke Forest Green dan Rochdale untuk mendapatkan menit bermain lebih banyak. Nilai pasar Sanchez kini mencapai 25 juta euro atau setara 385 miliar rupiah.

Selama memperkuat Brighton, Robert Sanchez telah mencatatkan 24 clean sheet dari 74 penampilan. Ia juga menjadi salah satu kiper dengan penyelamatan terbanyak di Premier League.

Berkat penampilannya yang gemilang, Sanchez dipanggil Luis Enrique untuk membela Timnas Spanyol. Ia mencatatkan debut dalam laga menghadapi Georgia pada September 2021. Dirinya juga masuk dalam skuad Spanyol dalam turnamen Euro 2020 lalu.

Selalu menarik untuk menantikan kiprah pemain Spanyol bersama tim EPL. Dari daftar pemain tersebut, adakah yang menjadi pemain favoritmu?

Baca Juga: 10 Pemain Alumni Akademi Cobham yang Berkarier di EPL pada 2022/2023

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya