6 Pemain Spanyol yang Pernah Membela Arsenal, Ada Sang Pelatih

Mikel Arteta kini mengasuh tim

Arsenal menjadi salah satu klub yang sering bertengger di papan atas klasemen English Premier League (EPL). Oleh karena itu, klub yang bermarkas di Emirates Stadium ini memiliki banyak penggemar yang tersebar di seluruh dunia.

Arsenal memakai berbagai cara untuk menjaga performa tim agar tetap konsisten. Salah satunya dengan mendatangkan pemain berkualitas.

Mereka banyak mendatangkan pemain dari luar inggris. Misalnya, Spanyol yang memiliki tradisi sepak bola yang kuat. Penasaran dengan pemain asal Spanyol yang pernah didatangkan Arsenal? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Hector Bellerin 

6 Pemain Spanyol yang Pernah Membela Arsenal, Ada Sang Pelatihpotret Hector Bellerin (instagram.com/arsenal)

Hector Bellerin didatangkan Arsenal dari Barcelona saat usianya masih 16 tahun. Bellerin memulai debutnya bersama The Gunners saat menghadapi West Bromwich Albion dalam ajang Piala Liga Inggris 2013/2014. Tak lama setelah itu, pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini sempat dipinjamkan ke klub Inggris lainnya, Watford.

Bellerin telah memainkan 239 laga bersama tim senior Arsenal dengan catatan 9 gol dan 29 assist. Bersama Arsenal, Bellerin mampu mempersembahkan gelar Piala FA sebanyak tiga kali. Kini Bellerin tengah dipinjamkan ke Real Betis hingga Juni 2022.

2. Cesc Fabregas 

6 Pemain Spanyol yang Pernah Membela Arsenal, Ada Sang Pelatihpotret Cesc Fabregas (instagram.com/cescf4bregas)

Para pencinta sepak bola, khususnya penggemar Arsenal, pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok Cesc Fabregas. Ia merupakan pemain asal Spanyol yang berposisi sebagai pemain tengah. Karena talenta yang dimiliki, Arsenal merekrut Fabregas saat usianya masih 16 tahun.

Bersama Arsenal, Fabregas menjelma menjadi pemain penting di lini tengah. Dirinya bahkan ditunjuk sebagai kapten tim setelah ban kapten lepas dari William Gallas. Kebersamaan Fabregas dengan Arsenal berakhir pada 2014 setelah ia hengkang ke klub lamanya, Barcelona.

3. Dani Ceballos 

6 Pemain Spanyol yang Pernah Membela Arsenal, Ada Sang Pelatihpotret Dani Ceballos (instagram.com/danifuli10)

Dani Ceballos pernah didatangkan Arsenal dengan status pinjaman dari Real Madrid. Ceballos memperkuat Arsenal selama 2 musim sebelum kembali ke Real Madrid pada 2021 lalu.

Dani Ceballos menjadi sosok penting di lini tengah The Gunners. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya menit bermain yang ia miliki bersama Arsenal. Selama membela Arsenal, Ceballos telah memainkan 77 laga dan mengantarkan Arsenal menjuarai Piala FA 2020.

Baca Juga: 10 Pemain Spanyol yang Pernah Membela Chelsea, Ada Sang Kapten

4. Mikel Arteta 

6 Pemain Spanyol yang Pernah Membela Arsenal, Ada Sang Pelatihpotret Mikel Arteta (instagram.com/arsenal)

Setelah 6 tahun membela Everton, Mikel Arteta hijrah ke London untuk memperkuat Arsenal. Arteta merupakan pemain tengah yang memiliki kemampuan umpan yang baik sehingga perannya di lini tengah Arsenal sangatlah penting.

Mikel Arteta telah memainkan 150 laga bersama Arsenal. Ia mempersembahkan gelar FA Cup sebanyak dua kali. Kini Mikel Arteta ditunjuk sebagai kepala pelatih Arsenal dan telah membawa Arsenal meraih dua gelar, Piala FA dan Piala Liga Inggris.

5. Santi Cazorla 

6 Pemain Spanyol yang Pernah Membela Arsenal, Ada Sang Pelatihpotret Santi Cazorla (instagram.com/santicazorla)

Santi Cazorla merupakan pemain tengah yang didatangkan Arsenal dari klub LaLiga Spanyol, Malaga. Cazorla berposisi sebagai gelandang tengah yang bertugas mengatur tempo permainan dan mengkreasikan sebuah serangan.

Meski dilepas Arsenal pada 2018, penampilan terakhir Cazorla bersama Arsenal berlangsung pada Oktober 2016. Ia absen cukup lama akibat cedera yang cukup parah sehingga membutuhkan serangkaian tindakan operasi.

6. Nacho Monreal 

6 Pemain Spanyol yang Pernah Membela Arsenal, Ada Sang Pelatihpotret Nacho Monreal (instagram.com/nachomonreal_)

Selain Santi Cazorla, Nacho Monreal juga merupakan pemain yang direkrut Arsenal dari Malaga. Nacho Monreal berposisi sebagai bek kiri dan hampir selalu menjadi pilihan utama saat berseragam Arsenal.

Selama 6 tahun memperkuat The Gunners, Monreal telah mencatatkan 251 pertandingan. Ia turut mempersembahkan gelar juara Piala FA dan Piala Liga Inggris masing-masing sebanyak tiga kali untuk Arsenal.

Menarik untuk menantikan pemain Spanyol selanjutnya yang akan membela Arsenal. Dari daftar di atas, mana yang menjadi pemain favorit kamu?

Baca Juga: 5 Pemain Spanyol yang Membela Valencia pada 2021/2022

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya