5 Pemain Top Manchester United yang Didatangkan dari Eredivisie

Ada nama Park Ji Sung

Manchester United menunjuk Erik ten Hag sebagai pelatih baru. Erik ten Hag sebelumnya merupakan pelatih Ajax Amsterdam di Eredivisie.

Pemilihan Erik ten Hag tidak lepas dari kemampuannya dalam melatih Ajax di Liga Belanda. Apalagi itu merupakan salah satu liga terbaik di Eropa.

Selain pelatih, Manchester United juga sering mendatangkan pemain yang berasal dari Eredivisie. Penasaran siapa saja pemain yang didatangkan Manchester United dari Eredivisie? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Memphis Depay

5 Pemain Top Manchester United yang Didatangkan dari Eredivisiepotret Memphis Depay (twitter.com/premierleague)

Memphis Depay didatangkan Manchester United dari PSV Eindhoven pada 2015/2016. Kedatangannya ke Old Trafford tidak lepas dari pelatih Manchester United saat itu, Louis van Gaal, yang juga berasal dari Belanda.

Penampilan Depay bersama Manchester United masih jauh dari harapan para penggemar Setan Merah. Ia telah memainkan 53 pertandingan dengan hanya mencetak 7 gol dan 6 assist.

Setelah 1,5 musim memperkuat Manchester United, Memphis Depay hijrah ke Liga Prancis untuk memperkuat Olympique Lyon. Ia mampu tampil baik bersama Olympique Lyon dengan mencetak banyak gol. Pada 2021/2022, Depay pun hijrah ke Barcelona dengan status bebas transfer.

2. Park Ji Sung

5 Pemain Top Manchester United yang Didatangkan dari Eredivisiepotret Park Ji Sung (twitter.com/ManUtd)

Park Ji Sung merupakan pesepak bola asal Korea Selatan yang berposisi sebagai gelandang. Ia dikenal sebagai pemain yang agresif, tak kenal lelah, dan memiliki daya jelajah yang tinggi.

Park Ji Sung didatangkan Manchester United dari PSV Eindhoven pada 2005/2006. Ia kemudian tampil apik dengan mempersembahkan gelar bergengsi, seperti Liga Inggris, Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, dan Piala Liga Inggris.

Park Ji Sung telah bermain dalam 204 pertandingan dengan mencetak 28 gol dan 29 assist. Setelah 6 musim membela Manchester United, ia hengkang ke Queens Park Rangers pada 2012. Ia kini telah pensiun dari dunia sepak bola sejak 2014.

Baca Juga: Selamatkan Karier, 5 Pemain Top Ini Putuskan Hengkang ke Eredivisie

3. Daley Blind

5 Pemain Top Manchester United yang Didatangkan dari Eredivisiepotret Daley Blind (twitter.com/ManUtd)

Daley Blind merupakan pemain sepak bola berkebangsaan Belanda. Ia merupakan anak kandung dari Danny Blind yang juga mantan pesepak bola Belanda.

Daley Blind merupakan pemain yang dapat bermain dalam berbagai posisi, seperti bek tengah, bek sayap, dan gelandang bertahan. Ia bergabung bersama Manchester United pada 2014 setelah bermain untuk Ajax Amsterdam.

Daley mendapatkan tempat utama saat Manchester United dilatih Louis van Gaal. Saat Jose Mourinho menjadi pelatih Manchester United, ia justru kurang mendapatkan menit bermain. Dirinya memutuskan untuk kembali ke Ajax Amsterdam pada 2018 setelah 4 musim memperkuat Setan Merah.

4. Jaap Stam

5 Pemain Top Manchester United yang Didatangkan dari Eredivisiepotret Jaap Stam (twitter.com/ManUtd)

Jaap Stam dikenal sebagai pemain bertahan yang lugas dalam menghalau serangan lawan. Ia didatangkan Manchester United pada 1998/1999 dari PSV Eindhoven.

Stam sendiri mampu tampil apik bersama Manchester United di bawah asuhan Sir Alex Ferguson. Ia mengantarkan Manchester United meraih treble winner pada musim pertamanya.

Jaap Stam memperkuat Manchester United selama 3 musim dengan mencatatkan 125 laga di semua kompetisi. Ia memutuskan untuk gantung sepatu pada 2007.

Ajax Amsterdam menjadi klub terakhir yang dibela Jaap Stam. Ia kemudian memutuskan untuk melanjutkan kariernya di dunia sepak bola dengan menjadi pelatih.

5. Ruud van Nistelrooy

5 Pemain Top Manchester United yang Didatangkan dari Eredivisiepotret Ruud van Nistelrooy (twitter.com/premierleague)

Ruud van Nistelrooy merupakan penyerang legendaris Manchester United asal Belanda. Ia dikenal sebagai striker yang memiliki naluri mencetak gol yang tinggi.

Ruud van Nistelrooy bergabung bersama Manchester United pada 2001 setelah memperkuat PSV Eindhoven di Liga Belanda. Pada musim pertamanya, Ruud van Nistelrooy mampu mencetak 36 gol dari 49 pertandingan.

Ruud van Nistelrooy telah mencatatkan 149 gol sepanjang kariernya bersama Manchester United. Ia juga mampu meraih gelar top skor Liga Inggris pada 2002/2003 dengan torehan 25 gol. Ruud van Nistelrooy juga pernah tiga kali meraih gelar top skor Liga Champions pada 2001/2002, 2002/2003, dan 2004/2005. 

Menarik untuk menantikan pemain Eredivisie selanjutnya yang akan memperkuat Manchester United. Akankah Erik ten Hag mendatangkan pemain dari Eredivisie? Mari kita nantikan!

Baca Juga: 5 Pemain Ajax Amsterdam Terakhir yang Jadi Top Skor Eredivisie

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya