5 Penjualan Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Liverpool

Ada nama Sadio Mane

Pencapaian Liverpool sebagai salah satu tim besar tidak lepas dari materi pemain yang berkualitas. Banyak tim besar lain yang kemudian tertarik untuk mendatangkan pemain Liverpool, bahkan dengan harga yang cukup tinggi.

Ada sedikitnya lima penjualan termahal Liverpool sepanjang sejarah. Siapa saja pemain yang masuk ke dalam daftar ini?

1. Philippe Coutinho

5 Penjualan Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Liverpoolpotret Philippe Coutinho (twitter.com/LFC)

Philippe Coutinho merupakan pemain asal Brasil yang berposisi sebagai gelandang serang. Ia dikenal mampu mengolah bola dengan baik; memiliki visi bermain yang baik; serta mempunyai tendangan jarak jauh yang akurat.

Coutinho didatangkan Liverpool dari Inter Milan pada bursa transfer musim dingin 2013 dengan mahar 11,7 juta pound sterling atau sekitar 212 miliar rupiah. Dirinya mampu tampil gemilang bersama The Reds dengan mencatatkan 54 gol dan 45 assist dari 201 pertandingan.

Penampilan Coutinho bersama Liverpool mampu menarik perhatian Barcelona. Barca merekrut Coutinho pada bursa transfer 2018 dengan biaya 121,5 juta pound sterling atau setara 2,2 triliun rupiah. Jumlah tersebut sekaligus menjadikan Coutinho sebagai rekrutan termahal Barcelona. 

Meskipun dibeli dengan harga selangit, penampilan Philippe Coutinho bersama Barcelona masih jauh dari harapan. Ia kemudian dipinjamkan ke Bayern Muenchen serta Aston Villa demi mendapatkan menit bermain.

Kontrak peminjaman Coutinho bersama Aston Villa berakhir per 1 Juli 2022. Aston Villa telah sepakat untuk mempermanenkan Coutinho berkat penampilannya yang cukup memuaskan bersama The Villans.

2. Luis Suarez

5 Penjualan Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Liverpoolpotret Luis Suarez (twitter.com/LFC)

Luis Suarez resmi berseragam Liverpool pada 2011 setelah bermain untuk Ajax Amsterdam. Ia menjelma menjadi striker yang ditakuti di Liga Inggris.

Suarez mampu mencetak 82 gol bersama Liverpool dari 133 pertandingan di semua kompetisi. Bahkan, ia meraih gelar top skor English Premier League pada 2013/2014 dengan torehan 31 gol.

Suarez kemudian hijrah ke Liga Spanyol pada 2014 untuk memperkuat Barcelona. Saat itu, Barca harus mengeluarkan 73,55 juta pound sterling atau sekitar 1,3 triliun rupiah untuk memboyong Suarez ke Camp Nou.

Suarez mampu tampil cemerlang bersama Barcelona dengan mencetak 194 gol dari 281 pertandingan. Ia juga berhasil mengantarkan Barca meraih berbagai gelar bergengsi, seperti Liga Champions Eropa, LaLiga Spanyol, dan Piala Dunia Antarklub.

Baca Juga: 11 Potret Fabio Carvalho, Wonderkid Anyar Liverpool yang Baru Direkrut

3. Raheem Sterling

5 Penjualan Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Liverpoolpotret Raheem Sterling (twitter.com/LFC)

Raheem Sterling mencatatkan debut bersama skuad senior Liverpool pada 24 Maret 2012 saat usianya baru menginjak 17 tahun 107 hari. Ia merupakan pemain yang dikenal memiliki kecepatan dan kemampuan akselerasi yang baik.

Sebelum memperkuat Liverpool, Sterling bermain untuk skuad muda Queens Park Rangers. Setelah membela The Reds, Sterling mencatatkan 23 gol dan 25 assist dari 129 pertandingan di semua kompetisi.

Penampilan apik Raheem Sterling bersama Liverpool mampu menarik perhatian Manchester City. Mereka memboyong Sterling dari Liverpool dengan harga 57,33 juta pound sterling atau setara 1,04 triliun rupiah.

Sterling mampu menjadi andalan di lini serang Manchester City. Ia mengantarkan mereka meraih berbagai gelar, termasuk empat kali juara EPL.

Kontrak Sterling bersama Manchester City akan habis pada Juni 2023. Chelsea dikabarkan tertarik menggunakan jasa pemain 27 tahun ini.

4. Fernando Torres

5 Penjualan Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Liverpoolpotret Fernando Torres (twitter.com/LFC)

Fernando Torres merupakan pemain kebangsaan Spanyol yang berposisi sebagai penyerang tengah. Ia diperkenalkan sebagai pemain Liverpool pada 2007 setelah bermain untuk Atletico Madrid di Liga Spanyol.

Torres mampu tampil ciamik bersama Liverpool dengan mencetak 80 gol dari 141 pertandingan yang ia jalani. Namun, pada 2011, Chelsea resmi mendatangkan Fernando Torres dari Liverpool dengan biaya transfer 52,65 juta pound sterling atau sekitar 953 miliar rupiah.

Penampilan Torres bersama The Blues ternyata tidak sesuai dengan biaya transfer yang telah dikeluarkan. Ia bahkan sempat dipinjamkan ke AC Milan sebelum dipermanenkan pada 2015.

Fernando Torres telah memutuskan gantung sepatu pada 2019. Sagan Tosu di Liga Jepang menjadi klub terakhir yang ia bela.

5. Sadio Mane

5 Penjualan Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Liverpoolpotret Sadio Mane (twitter.com/LFC)

Sadio Mane baru saja diumumkan sebagai pemain anyar Bayern Muenchen. Raksasa Jerman itu harus mengeluarkan dana 28,8 juta pound sterling atau setara Rp518,7 miliar untuk mendatangkan Sadio Mane dari Liverpool.

Pemain Timnas Senegal ini dikontrak selama 3 tahun. Ia akan bermain hingga 2025 mendatang.

Sadio Mane sendiri mampu tampil apik bersama Liverpool. Ia menjadi pemain yang tak tergantikan di bawah asuhan Jurgen Klopp.

Mane berposisi sebagai penyerang sayap. Ia dikenal memiliki kecepatan, kemampuan akselerasi, dan penyelesaian yang baik.

Sang pemain telah mencetak 120 gol dan 48 assist dari 269 pertandingan yang ia jalani bersama The Reds. Sadio Mane juga pernah meraih gelar top skor EPL pada 2018/2019 dengan torehan 22 gol.

Menarik menantikan pemain Liverpool selanjutnya yang bisa memecahkan rekor penjualan The Reds. Saat ini, sudah ada 5 pemain yang masuk ke dalam 5 besar rekor transfer.

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya