5 Penjualan Pemain Termahal AS Roma Sepanjang Sejarah

Ada nama Mohamed Salah

Di dalam dunia sepak bola, salah satu cara klub untuk memperoleh pendapatan adalah dengan menjual pemainnya ke klub lain. Sebuah klub akan mendapatkan keuntungan dari biaya transfer yang dibayarkan dari penjualan pemainnya. Beberapa klub mampu untung besar dari penjualan pemain, salah satunya adalah AS Roma.

Klub yang bermarkas di Stadion Olimpico ini sering mendatangkan pemain dengan harga murah lalu menjualnya dengan harga yang tinggi. Berikut lima penjualan termahal AS Roma sepanjang sejarah.

1. Alisson Becker

5 Penjualan Pemain Termahal AS Roma Sepanjang Sejarahpotret Alisson Becker (twitter.com/OfficialASRoma)

Alisson Becker menjadi salah satu kiper terbaik di dunia saat ini. AS Roma menjadi tim Eropa pertama yang dibela oleh kiper Timnas Brazil ini. Alisson Didatangkan AS Roma dari Internacional pada 2016. Selama berseragam As Roma, dirinya mampu menunjukkan permainan impresif. Alisson telah memainkan 64 pertandingan bersama AS Roma dan mampu mencatatkan 26 clean sheet

Berkat penampilannya yang gemilang, Alisson Becker menjadi incaran Liverpol yang saat itu membutuhkan penjaga gawang. AS Roma melepas Alisson Becker ke Liverpool pada bursa transfer musim panas 2018 dengan harga 62,5 juta euro atau setara 932 miliar rupiah. Jumlah tersebut menjadikannya sebagai salah satu kiper termahal di dunia sekaligus menjadi penjualan termahal AS Roma sepanjang sejarah.

2. Mohamed Salah

5 Penjualan Pemain Termahal AS Roma Sepanjang Sejarahpotret Mohamed Salah (twitter.com/OfficialASRoma)

AS Roma bukanlah klub Italia pertama yang dibela oleh Mohamed Salah. Sebelumnya ia pernah memperkuat Florentina pada 2014/2015. Mohamed Salah didatangkan AS Roma dengan status pinjaman selama semusim dari Chelsea. Berkat penampilannya yang apik, ia kemudian dipermanenkan pada 2016/2017. Selama berseragam AS Roma, Mohamed Salah mampu menorehkan 34 gol dan 22 assist dari 83 pertandingan di semua kompetisi.

Pada bursa transfer musim panas 2017, Liverpool mencapai kesepakatan dengan AS Roma untuk mendatangkan Mohamed Salah. Saat itu Liverpool harus mengeluarkan 42 juta euro atau sekitar 626 miliar rupiah untuk memboyong Salah ke Anfield. Saat ini Mohamed Salah menjadi salah satu pemain kunci bagi Liverpool di bawah asuhan Jurgen Klopp.

Baca Juga: 5 Rekor Mohamed Salah Selama Bermain di Premier League

3. Radja Nainggolan  

5 Penjualan Pemain Termahal AS Roma Sepanjang Sejarahpotret Radja Nainggolan (twitter.com/OfficialASRoma)

Radja Nainggolan merupakan salah satu pemain yang cukup berpengalaman di Liga Italia. Sebelum memperkuat AS Roma, ia pernah berseragam Piacenza dan Cagliari. Radja Nainggolan didatangkan AS Roma dengan status pinjaman selama setengah musim dari Cagliari pada 2014. Berkat penampilannya yang konsisten, ia dipermanenkan AS Roma dengan harga 15 juta euro atau setara 222 miliar rupiah.

Radja Nainggolan menjadi sosok yang tak tergantikan di lini tengah AS Roma. Pemain yang memiliki darah Indonesia ini memiliki keunggulan dalam duel serta terndangan jarak jauh yang akurat. Radja Nainggolan menghabiskan 4,5 musim bersama AS Roma. Pada 2018, dirinya memutuskan berlabuh ke Inter Milan. Saat itu, Inter Milan harus mengeluarkan 38 juta euro atau setara 536 miliar rupiah untuk mendatangkan Radja Nainggolan.

4. Konstantinos Manolas  

5 Penjualan Pemain Termahal AS Roma Sepanjang Sejarahpotret Konstantinos Manolas (twitter.com/OfficialASRoma)

Konstantinos Manolas merupakan pemain asal Yunani yang didatangkan AS Roma dari Olympiakos pada 2014. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini mampu tampil apik bersama Il Giallorosso. Manolas selalu menjadi pilihan utama di lini pertahanan AS Roma. Selama berseragam AS Roma, Manolas telah mencatatkan 206 penampilan di semua kompetisi.

Penampilan Manolas bersama AS Roma mampu menarik minat Napoli yang kemudian mendatangkannya pada 2019. AS Roma memasang harga 36 juta euro atau setara 536 miliar rupiah untuk kepindahan Manolas ke Napoli. Akan tetapi, penampilan Manolas bersama Napoli tidak segemilang saat ia membela AS Roma. Manolas kurang mendapatkan menit bermain bersama Napoli. Pada paruh musin 2021/2022, ia memutuskan kembali ke klub lamanya, Olympiakos.

5. Antonio Rudiger

5 Penjualan Pemain Termahal AS Roma Sepanjang Sejarahpotret Antonio Rudiger (twitter.com/OfficialASRoma)

Antonio Rudiger datang ke Stadion Olimpico pada 2015 dengan status pinjaman dari Stuttgart. Ia kemudian dipermanenkan pada 2016 dengan biaya transfer 9 juta euro atau setar 134 miliar rupiah. Rudiger mampu menjadi sosok tangguh di lini pertahanan AS Roma. Oleh karena itu, dirinya menjadi incaran tim-tim besar Eropa.

Chelsea berhasil mendapatkan tanda tangan pemain Jerman ini pada bursa transfer musim panas 2017. The Blues harus mengeluarkan 35 juta euro atau setara 521 miliar rupiah untuk memboyong Rudiger ke Stamford Bridge. Selama 5 musim berseragam Chelsea, Rudiger berhail meraih berbagai gelar seperti Piala FA 2018, Liga Europa 2018/2019, dan Liga Champions 2020/2021. Musim ini, Rudiger berlabuh ke Liga Spanyol untuk memperkuat Real Madrid dengan status bebas transfer.

 

Menarik untuk menantikan pemain selanjutnya yang akan memecahkan rekor penjualan AS Roma. Dari daftar tersebut, siapa yang jadi pemain favorit kalian?

Baca Juga: 5 Pemain yang Pakai Nomor 22 Real Madrid sebelum Antonio Rudiger

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya