Comscore Tracker

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Berseragam PSG dan Marseille

Klub pencetak pemain hebat

Ligue 1 menjadi salah satu kompetisi terbaik di Benua Eropa. Ligue 1 kerap menampilkan pertandingan-pertandingan seru yang memanjakan mata pencinta sepak bola di seluruh dunia. Selain menyajikan pertandingan level atas, Ligue 1 juga menjadi kompetisi yang menghasilkan talenta-talenta baru yang menjadi incaran tim besar Eropa.

Paris Saint-Germain dan Olympique Marseille menjadi klub yang cukup sering meraih gelar juara Ligue 1. PSG telah mengoleksi sepuluh gelar Ligue 1, sedangkan Marseille telah menjuarai Ligue 1 sebanyak delapan kali. Kedua tim tersebut juga sering melahirkan pemain-pemain berkualitas. Berikut lima pemain top yang pernah berseragam PSG dan Marseille.

1. Edouard Cisse  

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Berseragam PSG dan Marseillepotret Edouard Cisse (twitter.com/PSG_inside)

Edouard Cisse merupakan gelandang kebangsaaan Prancis yang mulai dikenal ketika memperkuat Paris Saint-Germain. Cisse didatangkan PSG pada bursa transfer musim panas 1997. Ia sempat dipinjamkan ke berbagai klub, seperti Rennes, West Ham United, dan AS Monaco. 

Pada 2007, PSG melepas Edouard Cisse ke Besiktas di Liga Turki. Setelah 2 musim memperkuat Besiktas, Edouard Cisse kembali ke Prancis untuk membela Marseille. Selama berseragam Marseille, Cisse telah mencatatkan 77 penampilan. Ia memutuskan gantung sepatu pada 2012. AJ Auxerre menjadi klub terakhir yang dibela oleh pemain keturunan Senegal ini.

2. Zoumana Camara  

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Berseragam PSG dan Marseillepotret Zoumana Camara (twitter.com/PSG_English)

Zoumana Camara merupakan pemain bertahan asal Prancis yang telah malang-melintang di liga top Eropa. Setelah 2 musim bermain di Liga Italia, Zoumana Camara kembali ke Prancis pada bursa transfer musim panas 2000 untuk memperkuat Marseille. Selama 2 musim berseragam Marseille, Camara hanya mencatatkan 46 penampilan di semua kompetisi.

Zoumana Camara mampu menunjukkan performa terbaiknya saat memperkuat Paris Saint-Germain. Ia menjadi pilihan utama di lini belakang PSG dengan mencatatkan 224 penampilan. Setelah 8 musim berseragam PSG, Zoumana Camara memutuskan gantung sepatu pada 2015. Ia telah memenangi banyak gelar bersama PSG termasuk tiga kali juara Liga Prancis.

Baca Juga: Messi Punya Klausul Spesial di PSG soal Piala Dunia?

3. Hatem Ben Arfa

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Berseragam PSG dan Marseillepotret Hatem Ben Arfa (twitter.com/Ligue1UberEats)

Nama Hatem Ben Arfa cukup bersinar saat memperkuat Olympique Lyon dengan berhasil memenangkan empat gelar Liga Prancis. Ia kemudian direkrut Marseille pada 2008 dengan biaya transfer 12 juta euro atau setara 184 miliar rupiah. Ben Arfa tampil dalam 91 pertandingan bersama Marseille dengan kontribusi 15 gol dan 12 assist. Dirinya juga berhasil membawa Marseille menjadi juara Liga Prancis musim 2009/2010.

Setelah sempat bermain di Liga Inggris, Hatem Ben Arfa kembali ke Prancis dengan memperkuat OGC Nice pada 2015. Setelah semusim memperkuat OGC Nice, ia kemudian berlabuh ke Paris Saint-Germain. Selama 2 musim berseragam PSG, Hatem Ben Arfa hanya tampil dalam 32 pertandingan dengan mencetak 4 gol dan 7 assist.

4. Claude Makelele

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Berseragam PSG dan Marseillepotret Claude Makelele (twitter.com/Ligue1_ENG)

Claude Makelele merupakan salah satu gelandang bertahan terbaik pada era 2000-an. Ia dikenal dengan kemampuannya dalam memutus alur serangan lawan. Setelah cukup lama berseragam FC Nantes, Makelele bergabung bersama Marseille pada musim 1997/1998. Dirinya hanya bertahan selama semusim dengan mencatatkan 36 penampilan di semua kompetisi.

Setelah melewati masa-masa keemasannya bersama Real Madrid dan Chelsea, Makelele kembali ke Liga Prancis untuk memperkuat Paris Saint-Germain pada 2008. Bersama PSG, Makelele tampil dalam 118 pertandingan dengan ikut menyumbang 1 gol dan 4 assist. PSG menjadi klub terakhir yang dibela oleh Makelele sebelum gantung sepatu pada 2011.

5. George Weah

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Berseragam PSG dan Marseillepotret George Weah (twitter.com/PSG_English)

George weah merupakan satu-satunya pemain asal Benua Afrika yang pernah memenangkan gelar Ballon d’Or. Pemain Liberia ini bergabung dengan PSG pada musim panas 1992 setelah sebelumnya sempat berseragam AS Monaco selama 4 musim. George Weah mampu mencetak 55 gol serta 10 assist selama 3 musim berseragam PSG. Kehebatan George Weah mampu menarik perhatian AC Milan yang kemudian merekrutnya pada musim panas 1995.

George Weah kembali ke Liga Prancis pada musim 2000/2001 dengan memperkuat Marseille. George Weah yang saat itu telah memasuki penghujung kariernya sebagai pesepak bola hanya mencatatkan 20 penampilan dengan torehan 5 gol dan 2 assist selama semusim berseragam Marseille. Setelah pensiun sebagai pemain sepak bola, George weah cukup aktif dalam dunia politik. Bahkan, kini ia menjabat sebagai Presiden Liberia.

 

Para pencinta sepak bola, terutama para penikmat Liga Prancis, patut menantikan pemain selanjutnya yang akan memperkuat kedua tim tersebut. Dari daftar pemain di atas, siapa yang menjadi pemain favorit kalian?

Baca Juga: 10 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa AS Monaco, Ada George Weah!

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya