5 Pesepak Bola yang Pernah Membela Borussia Dortmund dan Schalke 04

Borussia Dortmund dan Schalke 04 merupakan rival abadi

Revierderby (Derbi Lembah Ruhr) merupakan salah satu pertandingan terpanas di Liga Eropa. Pertandingan ini mempertemukan Borussia Dortmund dengan Schalke 04 yang sama-sama berasal dari Ruhr, Jerman.

Percikan rivalitas antara kedua tim mulai terasa saat Schalke berhasil mengalahkan Dortmund dalam pertandingan Bundesliga 1972. Akibat kekalahan tersebut, Borussia Dortmund harus terdegradasi ke kasta kedua.

Hingga saat ini, pertandingan antara Borussia Dortmund dan Schalke 04 selalu berlangsung dalam tensi tinggi. Namun, hal tersebut tidak menghalangi pemain kedua klub untuk pindah ke klub rival.

Berikut lima pemain yang pernah memperkuat Borussia Dortmund dan Schalke 04.

1. Steffen Freund

5 Pesepak Bola yang Pernah Membela Borussia Dortmund dan Schalke 04potret Steffen Freund (schalke04.de)

Steffen Freund merupakan gelandang bertahan Jerman yang cukup ikonik pada 1990-an. Ia mengawali karier sepak bola profesionalnya bersama BSG Stahl Brandenburg.

Penampilan apik Freund bersama BSG Stahl Brandenburg mampu mencuri perhatian Schalke. Ia kemudian menandatangani kontrak bersama mereka pada bursa transfer musim panas 1991.

Sayangnya, Steffen Freund tidak mampu menunjukkan penampilan terbaiknya bersama Schalke. Ia pun dilepas ke Borussia Dortmund pada 1993.

Perlahan, Freund berhasil kembali ke permainan terbaiknya. Dirinya juga mampu mengantarkan Dortmund meraih dua gelar juara Bundesliga dan Liga Champions 1996/1997. Setelah 5 musim berseragam Borussia Dortmund, Steffend Freund mencari tantangan baru dengan bergabung bersama Tottenham Hotspur di Liga Inggris.

2. Felipe Santana

5 Pesepak Bola yang Pernah Membela Borussia Dortmund dan Schalke 04potret Felipe Santana (twitter.com/BVB)

Felipe Santana merupakan pesepak bola asal Brasil yang berposisi sebagai seorang bek tengah. Dirinya dibeli Borussia Dortmund dari Figueirense pada 2008.

Felipe menandatangani kontrak dengan durasi 5 tahun bersama Die Borussen. Ia mampu debut bersama Dortmund dengan sangat bagus. Namun, cedera menghambat performanya.

Selama 5 musim berseragam Dortmund, Felipe Santana hanya tampil dalam 95 pertandingan. Ia kemudian dijual ke Schalke 04 dengan harga 1 juta euro atau setara 15 miliar rupiah.

Cedera masih menjadi masalah utama bagi Felipe saat berseragam Schalke 04. Ia sempat dipinjamkan ke Olympiakos sebelum dilepas ke Kuban Krasnodar yang bermain di Liga Rusia.

Baca Juga: 5 Pemain Bundesliga yang Hengkang ke Premier League pada 2022/2023

3. Christoph Metzelder

5 Pesepak Bola yang Pernah Membela Borussia Dortmund dan Schalke 04potret Christoph Metzelder (dfb.de)

Christoph Metzelder merupakan pemain bertahan yang digadang-gadang menjadi salah satu pemain besar. Dirinya mampu tampil apik pada musim debutnya bersama tim senior Preussen Munster.

Hal tersebut menarik perhatian Borussia Dortmund yang kemudian mendatangkannya pada musim panas 2000. Metzelder mampu tampil gemilang bersama Borussia Dortmund sehingga sering dipanggil Timnas Jerman.

Setelah 7 musim berseragam Dortmund, Christoph Metzelder memutuskan hijrah ke Spanyol untuk memperkuat Real Madrid. Sayangnya, ia mengalami penurunan performa karena cedera.

Metzelder kemudian kembali ke Jerman untuk memperkuat Schalke 04. Namun, dirinya tidak mampu kembali ke performa terbaiknya. Christoph Metzelder hanya mencatatkan 74 penampilan selama 3 musim berseragam Schalke 04.

4. Jens Lehmann  

5 Pesepak Bola yang Pernah Membela Borussia Dortmund dan Schalke 04potret Jens Lehmann (twitter.com/s04)

Jens Lehmann merupakan kiper legendaris asal Jerman yang telah memperkuat berbagai tim besar Eropa. Dirinya mengawali karier sepak bola professional bersama Schalke 04 pada 1988/1989.

Lehmann menjadi salah satu pemain yang cukup menonjol bersama Schalke dan mampu mengantarkan timnya promosi ke kasta tertinggi. Selain itu, dirinya berhasil membawa Schalke menjuarai Liga Europa 1996/1997.

Jens Lehmann menjadi incaran tim-tim besar Eropa berkat penampilannya yang gemilang. Ia sempat bermain selama setengah musim untuk AC Milan pada 1998/1999, kemudian kembali ke Jerman untuk memperkuat Borussia Dortmund.

Lehmann mampu tampil konsisten bersama Dortmund hingga direkrut Arsenal pada 2003. Jens Lehmann menjadi bagian dari skuad invincibles Arsenal dengan penampilan apiknya di bawah mistar gawang.

5. Andreas Moller  

5 Pesepak Bola yang Pernah Membela Borussia Dortmund dan Schalke 04potret Andreas Moller (twitter.com/FIFAcom)

Kepindahan Andreas Moller dari Borussia Dortmund menuju Schalke pada 2000 sempat menjadi kontroversi. Sebab, ia merupakan pemain kunci bagi Borussia Dortmund pada 1990-an.

Moller mampu mengantarkan Die Borussen meraih gelar Bundesliga 2 musim berturut-turut pada 1994/1995 serta 1995/1996. Ia juga mempersembahkan gelar Liga Champions pertama bagi Borussia Dortmund pada 1996/1997.

Karena jasanya yang sangat besar bagi kesuksesan klub, Andreas Moller sangat dicintai fans Dortmund. Namun, dirinya membuat keputusan yang cukup kontroversial dengan hengkang ke Schalke 04.

Performa yang ditampilkan Andreas Moller bersama Schalke tidak secemerlang saat berseragam Borussia Dortmund. Ia hanya bertahan selama 3 musim bersama Schalke sebelum berlabuh ke Eintracht Frankfurt.

Para pencinta sepak bola harus menyaksikan pertandingan Revierderby karena memiliki aroma rivalitas yang sangat kental. Kalau kamu, penggemar Borussia Dortmund atau Schalke 04, nih?

Baca Juga: 6 Lulusan Akademi Dortmund yang Membela Tim Utama pada 2022/2023

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya