6 Pemain Jebolan Garuda Select yang Menjadi Andalan Tim Liga 1

Pulang kampung, apakah kemampuan mereka sudah lebih unggul?

Garuda Select merupakan program yang dibuat PSSI sebagai salah satu upaya untuk pembinaan pemain usia muda agar kelak menjadi pemain yang berkualitas. Program ini sendiri telah terlaksana dalam 3 jilid yang berlangsung di dua negara, yaitu Inggris dan Italia. Selama program Garuda Select berlangsung, para pemain mendapatkan berbagai fasilitas penunjang serta pelatih kelas dunia, yaitu Dennise Wise dan Des Walker.

Dengan melawan tim akademi sepak bola kelas dunia, diharapkan kualitas skill dan mental para pemain dapat terasah dengan baik. Setelah program Garuda Select selesai, banyak klub Liga 1 yang lantas berminat untuk mendatangkan pemain jebolan program Garuda Select.

Berikut daftar pemain jebolan Garuda Select yang kini menjadi andalan klub Liga 1.

1. Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya Surabaya)

6 Pemain Jebolan Garuda Select yang Menjadi Andalan Tim Liga 1potret Ernando Ari Sutaryadi (instagram.com/nandoariiiss)

Ernando merupakan salah satu kiper andalan tim Garuda Select jilid I yang sekarang membela Persebaya Surabaya. Selama dua laga pertama Liga 1, Ernando selalu turun sebagai kiper utama tim Bajul Ijo.

Pemain 19 tahun ini sempat mengalami cedera bahu hingga harus naik meja operasi saat menjalani TC bersama timnas U-19.  Ernando turut berperan dalam kemenangan timnas U-16 di laga final Piala AFF dengan menghalau tendangan pinalti lawan saat babak adu pinalti.

2. Mohammad Supriadi (Persebaya Surabaya)

6 Pemain Jebolan Garuda Select yang Menjadi Andalan Tim Liga 1potret Muhammad Supriadi (instagram.com/moch.supriadi17)

Muhammad Supriadi terkenal dengan kecepatan yang dia miliki sehingga tidak heran jika ia menjadi pemain andalan Persebaya Surabaya. Supri sempat tergabung dalam tim Garuda Select jilid I dan menjadi andalan di sisi sayap. Bersama tim Garuda Select, Supriadi berhasil mencetak 9 gol.

Persebaya termasuk tim yang banyak mengandalkan pemain muda untuk mengarungi Liga 1 2021. Selain Supriadi, Persebaya juga memiliki amunisi muda lain diantaranya Ernando Ari Sutaryadi, Muhammad Ridho, dan Marselino Ferdinand. Langkah Persebaya patut diapresiasi agar para pemain muda mendapatkan jam bermain yang lebih banyak.

Baca Juga: Menteri Erick: BRI Liga 1 Jadi Penggerak Roda Perekonomian

3. Braif Fatari (Persija Jakarta)

6 Pemain Jebolan Garuda Select yang Menjadi Andalan Tim Liga 1potret Braif Fatari (instagram.com/braiffatari12)

Pemain asal Indonesia Timur ini dapat berposisi sebagai gelandang serang maupun striker. Penampilan Braif Fatari bersama Persija Jakarta dapat dibilang cukup mengesankan dengan turut ikut andil dalam kemenangan Persija di laga final Piala Menpora. Braif mampu menyarangkan satu gol ke gawang Persib Bandung di leg pertama.

Braif juga menarik perhatian pelatih Shin Tae Yong untuk memperkuat Timnas Indonesia saat kualifikasi Piala Dunia 2023 di Uni Emirat Arab. Selain itu, Braif Fatari juga menjadi bagian dari skuad garuda muda saat menjalani TC di Kroasia.

4. Yudha Febrian (Persik Kediri)

6 Pemain Jebolan Garuda Select yang Menjadi Andalan Tim Liga 1potret Yudha Febrian (instagram.com/febrian13yudhaa)

Yudha Febrian merupakan salah satu bek kiri tim Garuda Select yang membela klub Liga 1, Persik Kediri. Sebelum dikontrak Persik Kediri, Yudha sempat mendapatkan kontrak dari klub liga 2 milik Atta Halilintar, AHHA PS Pati.

Yudha sempat menuai kontroversi hingga menjadi perbincangan para pecinta sepak bola tanah air. Ia sempat dikeluarkan dari TC Timnas U-19 karena tindakan indisipliner yaitu pulang malam serta terlambat datang ke tempat latihan. Beberapa saat setelah kejadian tersebut, Yudha kembali menuai kontroversi dengan video dugem serta dugaan pelecehan seksual yang beredar di sosial media.

5. Bagas Kaffa (Barito Putera)

6 Pemain Jebolan Garuda Select yang Menjadi Andalan Tim Liga 1potret Bagas Kaffa (instagram.com/bagaskaffaa)

Bagas Kaffa menjadi bagian penting bagi skuad Laskar Antasari untuk mengarungi Liga 1 2021. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini selalu menjadi starter di dua laga pertama Liga 1 bersama Barito Putera. Ia merupakan langganan timnas di berbagai kelompok umur, mulai dari era Fakhri Hussaini hingga Shin Tae Yong.

Bagas menjadi salah satu punggawa Timnas U-19 yang menjalani TC di Kroasia bersama pelatih Shin Tae Yong. Pemain asal Magelang ini memiliki keinginan untuk berkarier di luar negeri sama seperti saudara kembarnya, Bagus Kaffi yang saat ini membela FC Utrecht di Liga Belanda.

6. Fajar Fathur Rahman (Borneo FC)

6 Pemain Jebolan Garuda Select yang Menjadi Andalan Tim Liga 1potret Fajar Fathurrahman (instagram.com/fajarfathurrahm)

Pemain asal Manokwari ini diperkenalkan Borneo FC sejak September 2020. Fajar merupakan pencetak gol Timnas U-16 saat laga final piala AFF U-16 2018 menghadapi Thailand. Fajar Fathur Rahman memiliki kecepatan sebagai senjata untuk merepotkan barisan pertahanan lawan. Fajar dapat bermain di dua posisi yaitu sayap kanan serta bek kanan sehingga hal ini sangat menguntungkan tim yang ia bela.

Itulah daftar pemain jebolan Garuda Select yang memperkuat tim Liga 1 2021. Para penggemar sepak bola Indonesia tentunya berharap agar mereka mendapatkan banyak menit bermain sehingga kemampuan mereka semakin berkembang pesat. Semoga program Garuda Select ini benar-benar membuahkan hasil yang signifikan, ya!

Baca Juga: BRI Liga 1 Resmi Dimulai, BRI Jadi Bagian Sejarah Sepak Bola Nasional

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Law student

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya