5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak Tanpa Gelar Juara Liga Champions

Sering bertanding tidak menjamin dapat meraih gelar juara

Bermain di Liga Champions Eropa merupakan mimpi bagi seluruh pesepakbola. Semakin banyak kesempatan bermain yang diperoleh tentunya mental dan pengalaman pemain tersebut sudah sangat matang. Namun, banyak penampilan saja tidak menjamin seorang pemain dapat menjuarai Liga Champions Eropa.

Meskipun telah bertanding sebanyak lebih dari 100 kali, seluruh 5 pemain di bawah ini belum pernah menjuarai Liga Champions Eropa. Kontribusi yang mereka buat bagi klub masing-masing sebenarnya sudah cukup besar. Beberapa di antaranya bahkan pernah mengantarkan klub yang dibelanya mencapai babak final.

1. Gianluigi Buffon

5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak Tanpa Gelar Juara Liga Champions90min.com

Terkenal sebagai salah satu kiper terbaik di dunia, Buffon telah memenangkan banyak gelar sepanjang kariernya. 9 gelar juara Liga Italia bersama Juventus dan 1 kali gelar juara dunia bersama Italia adalah sebagian dari prestasi yang pernah dicapainya. Namun, Buffon sama sekali belum pernah berhasil menjuarai Liga Champions Eropa.

Buffon merupakan pemain dengan penampilan terbanyak yang belum pernah menjuarai Liga Champions Eropa yaitu dengan 131 penampilan. Sejatinya, Buffon pernah memperoleh kesempatan emas untuk menjadi juara pertama kalinya pada tahun 2015 dan 2017 ketika Juventus berhasil mencapai babak final. Namun, kesempatan tersebut kandas karena Juventus ditaklukkan oleh Barcelona dengan skor 1-3 pada tahun 2015 dan oleh Real Madrid dengan skor 1-4 pada tahun 2017.

2. Zlatan Ibrahimovich

5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak Tanpa Gelar Juara Liga Championspremierleague.com

Ibra telah cukup lama malang melintang di Liga Champions. Total ada 7 klub yang ia bela selama bermain di Liga Champions. Klub-klub yang dibelanya juga bukanlah klub kecil. Sebut saja Ajax Amsterdam, Juventus, Inter Milan, Barcelona, AC Milan, PSG, dan Manchester United.

Namun, embel-embel klub besar tidak dapat membuat Ibra menjuarai Liga Champions. Selama bertanding di Liga Champions, Ibra tercatat telah tampil sebanyak 124 kali dan mencetak 48 gol. Sialnya dua klub yang pernah Ibra bela justru meraih gelar juara Liga Champions setahun setelah Ibra meninggalkan klub tersebut.

Ibra meninggalkan Inter Milan pada tahun 2009 untuk bergabung dengan Barcelona. Setahun berselang, Inter Milan berhasil memperoleh gelar Liga Champions setelah mengalahkan Bayern Munchen di final dengan skor 2-0. Hanya satu tahun bergabung bersama Barcelona, Ibra kembali pindah ke klub lain yaitu AC Milan pada musim 2010/2011. Ironisnya, Barca dapat meraih juara Liga Champions di musim itu setelah menghempaskan Manchester United dengan skor 3-1 di final.

Baca Juga: Inilah 10 Pemain dengan Jumlah Penampilan Terbanyak di Liga Champions

3. Cech Fabregas

5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak Tanpa Gelar Juara Liga Champions90min.com

Cech Fabregas merupakan pemain dengan penampilan terbanyak ke-32 sepanjang sejarah Liga Champions. Total penampilan sebanyak 110 pertandingan dibuatnya selama membela tiga klub yaitu Arsenal, Barcelona, dan Chelsea.

Sama seperti Buffon, Fabregas juga hampir pernah menjuarai Liga Champions Eropa ketika berseragam Arsenal. Fabregas merupakan bagian dari tim Arsenal ketika berhasil mencapai babak final pada tahun 2006. Sayangnya, Arsenal dikalahkan oleh Barcelona 2-1 meski berhasil unggul terlebih dahulu. 

4. Olexandr Shovkovskiy

5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak Tanpa Gelar Juara Liga Championsfifa.com

Meski namanya kurang terkenal di kalangan fans sepak bola, penjaga gawang asal Ukraina ini tercatat telah tampil sebanyak 109 pertandingan di Liga Champions. Seluruh penampilannya dibuat dengan bermain pada satu klub saja yaitu Dynamo Kyiv.

Olexandr terkenal sebagai kiper andalan timnas Ukraina. Bersama timnas Ukraina, Olexandr telah bertanding sebanyak 92 kali dalam waktu 18 tahun. Jumlah penampilan tersebut merupakan yang terbanyak keempat setelah Anatolly Tymoshchuk (144), Andriy Shevchenko (111), dan Oleg Gusev (98).

Selama membela Kyiv, Olexandr telah tampil dalam 645 pertandingan. Meski tidak berhasil menjuarai Liga Champions, Olexandr telah meraih kesuksesan dengan menjuarai Liga Ukraina sebanyak 14 kali dan Piala Ukraina sebanyak 10 kali. Olexandr juga termasuk dalam peringkat ke-6 sebagai pemain dengan raihan piala terbanyak yaitu 34 piala. 

5. Roar Strand

5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak Tanpa Gelar Juara Liga Championsuefa.com

Roar Strand termasuk dalam peringkat ke-37 sebagai pemain dengan jumlah pertandingan terbanyak di Liga Champions Eropa. Berposisi sebagai gelandang tengah, pemain asal Norwegia tersebut telah membuat 107 penampilan dalam Liga Champions. Seluruh penampilan tersebut dibuat dengan klub asal Norwegia, Rosenborg.

Debut Roar Strand di Liga Champions terjadi pada tanggal 13 September 1989 ketika berumur 19 tahun. Penampilan terjauh yang pernah diraihnya bersama Rosenborg terjadi pada musim 1996/1997. Kala itu Rosenborg berhasil meraih babak perempat final.

Meskipun sering bertanding, ternyata kelima pemain dalam daftar di atas tampaknya belum memiliki keberuntungan lebih. Namun, semoga saja jangan sampai membuat performa mereka menjadi turun!

Baca Juga: 5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah Liga Inggris

Aditya Purnomo Photo Writer Aditya Purnomo

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya