Piala Dunia 2018 di Depan Mata, Ini 5 Negara yang Jadi Kuda Hitam

Piala Dunia tidak melulu tentang tim besar, ada beberapa tim yang siap membuat kejutan.

Mulai 14 Juni mendatang, para penikmat sepak bola akan dihibur suguhan kelas dunia. Pentas paling akbar dari olahraga sepak bola, yaitu Piala Dunia. Sebanyak 32 negara dari lima konfederasi akan bersaing untuk menjadi yang terbaik dan merengkuh status juara dunia pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Piala Dunia 2018 Rusia akan menjadi hajatan ke-21 Piala Dunia. Jerman sebagai juara bertahan, memiliki beban yang berat karena dituntut untuk bisa mempertahankan status.

Saat ini, Brasil masih tercatat sebagai negara tersukses dengan lima gelar Piala Dunia. Jerman dan Italia berada di peringkat kedua dengan empat gelar yang sudah mereka raih.

Meskipun begitu, negara lainnya tetap harus diperhitungkan. Hal tersebut sangat wajar, karena setiap negara memiliki motivasi tersendiri untuk mengharumkan namanya di Piala Dunia.

Setiap kompetisi pasti menghadirkan tim yang memiliki status kuda hitam, yaitu tim yang berpeluang membuat kejutan. Pada Piala Dunia 2018, ada beberapa negara yang berpeluang menjadi kuda hitam. Berikut ini adalah negara kuda hitam dari masing-masing konfederasi.

1. UEFA - Belgia

Piala Dunia 2018 di Depan Mata, Ini 5 Negara yang Jadi Kuda Hitamarysports.tv

Belgia menjadi perwakilan UEFA atau Eropa yang paling dinanti penampilannya. Negara tersebut sedang berada dalam periode generasi emas sepak bola. Saat ini, Belgia diperkuat pemain-pemain terbaik dunia, seperti Eden Hazard, Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku dan lainnya.

Kehadiran para tersebut membuat Belgia layak diperhitungkan untuk meramaikan bursa juara. Selain itu, Belgia ditangani Roberto Martinez yang telah berpengalaman di Premier League. Martinez pun memiliki asisten yang merupakan pemain legendaris Prancis, Thierry Henry.

Belgia berada di Grup G yang diisi Panama, Tunisia dan Inggris. Belgia dan Inggris menjadi tim favorit dari grup tersebut.

2. CAF - Mesir

Piala Dunia 2018 di Depan Mata, Ini 5 Negara yang Jadi Kuda HitamThink Marketing Magazine

Mesir memiliki sejarah tersendiri di Piala Dunia. Pada tahun 1934, Mesir menjadi negara Afrika pertama yang lolos ke putaran final Piala Dunia.

Kali terakhir Mesir tampil pada Piala Dunia adalah pada 1990. Kini 28 tahun berselang, Mesir kembali ambil bagian di Piala Dunia. Kembalinya Mesir ke Piala Dunia seiring dengan melejitnya Mohamed Salah bersama Liverpool. Hal tersebut membuat Salah didapuk menjadi andalan Mesir untuk membuat kejutan pada Piala Dunia 2018.

Mesir menempati Grup A, yang diisi Rusia, Arab Saudi dan Uruguay. Melihat komposisi tersebut, Mesir memiliki peluang untuk melaju ke fase knockout.

3. CONCACAF - Meksiko

Piala Dunia 2018 di Depan Mata, Ini 5 Negara yang Jadi Kuda HitamESPN

Meksiko adalah wakil dari CONCACAF (Konfederasi Sepak Bola Amerika Tengah, Utara dan Kep. Karibia) yang merupakan langganan Piala Dunia. Setiap Meksiko turut serta, mereka selalu mendapat predikat tim kuda hitam.

Meksiko diperkuat beberapa nama tenar, yaitu Javier Chicharito Hernandez, Carlos Vela, Miguel Layun dan Raul Jimenez. Kehadiran para pemain tersebut diprediksi bisa merepotkan tim-tim unggulan.

Meksiko berada di Grup F yang cukup berat. Selain harus berhadapan dengan juara bertahan, Jerman, mereka juga wajib melewati Korea Selatan dan Swedia.

4. CONMEBOL - Kolombia

Piala Dunia 2018 di Depan Mata, Ini 5 Negara yang Jadi Kuda HitamRemezcla

Kolombia diperkuat beberapa pemain bintang yang merumput di Eropa, yaitu Radamel Falcao, James Rodriguez, James Cuadrado, David Ospina dan Cristian Zapata. Modal tersebut dianggap cukup untuk membuat Kolombia menjadi kuda hitam pada Piala Dunia 2018.

Pada Piala Dunia 2014, Kolombia membuat kejutan setelah berhasil melangkah hingga perempat final.

Kolombia menempati Grup H bersama Polandia, Senegal dan Jepang. Peluang mereka untuk melaju ke babab berikutnya cukup besar.

5. AFC - Jepang

Piala Dunia 2018 di Depan Mata, Ini 5 Negara yang Jadi Kuda HitamJapan Times

Prestasi terbaik Jepang di Piala Dunia adalah mencapai babak 16 besar, yaitu pada Piala Dunia 2002 dan 2010. Meskipun begitu, Jepang telah membuktikan konsistensi dengan selalu lolos ke putaran final Piala Dunia sejak 1998.

Saat ini, Jepang diperkuat pemain dengan mental yang kuat, seperti Keisuke Honda, Makoto Hasebe, dan Yuto Nagatomo. Modal tersebut dapat membuat Jepang membuat kejutan di Rusia.

Jepang berada di Grup H bersama Polandia, Senegal dan Kolombia. Polandia dan Kolombia akan menjadi tantangan utama bagi Jepang untuk menembus fase grup.

Aditya Wicaksono Photo Writer Aditya Wicaksono

Sport Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya