Comscore Tracker

3 Negara Favorit Juara Copa America 2019, Punya Banyak Pemain Bintang

Akankah muncul juara baru tahun ini?

Kompetisi sepak bola terbesar antar negara Amerika Selatan atau Copa America edisi ke-49 di Brasil sudah dimulai pada akhir pekan ini. Sebanyak 12 negara yang terbagi ke dalam 3 grup akan bertanding untuk memperebutkan gelar juara yang baru.

Kompetisi ini memang menarik perhatian dari para penggemar sepak bola di seluruh dunia setiap tahunnya, tidak terkecuali tahun ini. Bagaimana tidak, Lionel Messi, Luis Suares atau Neymar akan akan unjuk gigi membela negaranya masing-masing. Selain itu terdapat juga bintang baru seperti Roberto Firmino yang baru saja sukses bersama liverpool di Liga Champions. 

Ada yang menarik di turnamen tahun ini yaitu diundangnya Qatar dan Jepang yang notabene bukan negara Amerika Latin. Hal ini tentu saja membuat persaingan semakin panas. Namun, dari sekian banyak negara kuat yang hadir di turnamen tahun ini, terdapat tiga negara yang berada di peringkat paling atas yang dijagokan untuk menjadi juara baru tahun ini. Siapa saja? Simak fakta-faktanya berikut ini.

1. Tim nasional Brasil

3 Negara Favorit Juara Copa America 2019, Punya Banyak Pemain Bintangthesun.co.uk

Timnas Brasil merupakan salah satu timnas paling disorot di tunamen ini. Sebagai tuan rumah Brasil yang berada di bahwa asuhan Tite ini merupakan salah satu kekuatan besar. Meskipun sang bintang utama Neymar tidak bisa hadir karena cedera namun kekuatan tempur mereka tidak banyak berkurang karena banyaknya bintang di setiap lini.

Saat ini, mereka mengawalinya dengan mengalahkan Bolivia di penyisian grup A. Peran sebagai tuan rumah tahun ini tentu akan menjadi nilai tambah untuk mereka. Selain itu, mereka tentu saja ingin mengakhiri puasa gelar Copa Amerika yang terakhir diraih pada 2007. 

Brasil dikatakan sebagai salah satu timnas yang paling lengkap dengan banyak pemain bintang yang berada di setiap posisi. Pada posisi penyerang terdapat nama-nama seperti Roberto Firmino (Liverpool), Gabriel Jesus (Manchester City), David Neres (AFC Ajax) dan Willian (Chelsea). Pindah ke tengah terdapat bintang Barcelona Coutinho, Casemiro (Real Madrid), Fernadinho (Manchester City), Allan Marques (Napoli) dan Arthur Melo (FC Barcelona). Di lini belakang Brazil diisi oleh para pemain senior seperti Dani Alves (PSG) sebagai kapten, Thiago Silva (PSG), Filipe Luis (Atletico Madrid) dan Miranda (Inter Milan). Dan di posisi penjaga gawang terdapat kiper utama Livepool, Alisson Becker dan juga kiper utama Manchester City, Ederson Moraes. 

Dengan skuad yang didomansi oleh banyak pemain bintang yang merumput di Eropa, banyak orang tidak akan terkejut jika mereka melaju sampai ke final bahkan menjadi juara.

Baca Juga: 7 Bintang Sepak Bola Ini Performanya Meredup Sepanjang Musim 2018/2019

2. Tim nasional Argentina

3 Negara Favorit Juara Copa America 2019, Punya Banyak Pemain Bintangcopaamericalive.com

Bersaing bersama dengan Brasil terdapat timnas yang datang dengan ambisi besar untuk meraih gelar juara yaitu Argentina. Setelah kalah dari Chili di final pada dua edisi terakhir Copa America bisa membuat Argentina menggila di turnamen tahun ini. Copa America tahun ini mungkin akan menjadi ajang balas dendam mereka dan juga untuk mengakhiri puasa gelar yang terakhir diraih pada tahun 1993.

Bagi sang bintang utama Lionel Messi, tahun ini merupakan ajang pembuktian sekaligus ambisi untuk meraih gelar internasional setelah gagal di dua edisi terakhir Piala Dunia dan Copa America. Melihat sang rival Cristiano Ronaldo yang sudah mengamankan dua trofi internasional bisa membuat Messi lebih termotivasi. Saat ini timnas Argentina tergabung di grup B bersama dengan Kolombia, Paraguay dan Qatar. 

Untuk stok pemain bintang timnas Argentina tidak kalah dari timnas Brasil. Pada posisi penyerang ada bintang utama mereka yang bermain untuk Bercelona yaitu Lionel Messi, kemudian Sergio Aguero (Manchester City), Paulo Dybala (Juventus) dan Lautaro Martinez (Inter Milan). Di posisi tengah terdapat nama beken seperti Angel Di Maria (PSG), Roberto Pereyra(Watford ), Giovani Lo Celso (Real Betis pinjaman dari PSG), Leandro Paredes (A.S. Roma) dan Rodrigo De Paul (Udinese). Pindah ke posisi belakang terdapat bek senior seperti Nicolas Otamendi (Manchester City), Ramiro Funes Mori (Villarreal), Marcos Acuna (Sporting CP) dan Nicolas Tagliafico (AFC Ajax). Dan di posisi penjaga gawang ada kiper utama mereka Franco Armani ( River Plate) dan Agustin Marchesin (Club América).

Dengan susunan pemain bintang serta ambisi besar yang terpendam, timnas asuhan manajer Lionel Scaloni akan menjadi salah satu saingan terberat untuk tim-tim lainnya.

3. Tim nasional Uruguay

3 Negara Favorit Juara Copa America 2019, Punya Banyak Pemain Bintangworldfootball.net

Timnas Urugay merupakan salah satu kekuatan sepak bola terbesar di Amerika Latin. Mereka terakhir menjuarai turnamen ini pada tahun 2011 setelah di final mengalahkan Paraguay. Meskipun begitu mereka tidak bisa berbuat banyak dalam dua edisi terakhir Copa America setelah tersingkir dengan cepat.

Dengan skuad baru yang mumpuni, timnas asuhan manajer Óscar Tabárez akan berbicara banyak di turnamen tahun ini. Tim tentu akan sangat bergantung pada sang bintang utama Luis Suarez yang gemilang bersama Barcelona musim ini. Selain itu mereka juga memiliki penyerang mematikan lainnya yaitu Edinson Cavani yang bermain untuk PSG. Dengan saingan di grup C yaitu Ekuador, Jepang dan Chili, mereka diprediksi akan lolos dari grup.

Untuk skuad timnas dengan julukan Los Charrúas tidak kalah dari dua rival mereka sebelumnya. Pada posisi penyerang mereka memiliki sang bintang utama Luis Suarez (Barcelona) dan penyerang mematikan lain seperti Edinson Cavani (PSG), Cristhian Stuani (Espanyol) dan Maxi Gomez (Celta Vigo). Untuk posisi gelandang Uruguay punya Rodrigo Bentancur (Juventus), Matias Vecino (Inter Milan), Nicolas Lodeiro (Botafogo), Torreira (Arsenal), Gaston Pereiro (PSV Eindhoven), Giorgian De Arrascaeta (Cruzeiro) dan Nahitan Nandez (Boca Juniors). Pindah ke posisi belakang terdapat nama senior seperti Diego Godin (Atletico Madrid), Jose Gimenez (Atletico Madrid), Diego Laxalt (A.C. Milan) dan Martin Caceres (Lazio). Dan untuk posisi penjaga gawang ada nama seperti Fernando Muslera (Galatasaray) yang merupakan sang kiper utama dan di dukung oleh dua kiper lainnya yaitu Martin Silva (Vasco da Gama) dan Martin Campana(Independiente).

Kekuatan tempur mereka tentu saja tidak bisa dianggap remeh terutama ada beberapa nama yang bersinar bersama klubnya musim ini.

Brasil, Argentina dan Uruguay saat ini merupakan tiga negara teratas yang paling banyak memenangkan trofi Copa America. Brasil dengan 8 trofi, Argentina dengan 14 trofi dan Uruguay dengan 15 trofi. Untuk tahun ini kamu mungkin akan melihat salah satu atau bahkan dua dari tiga negara ini akan melaju sampai ke final.

Menurut kamu mana negara yang memiliki peluang paling besar untuk memenangkan gelar Copa America tahun ini?

Baca Juga: 10 Bintang Sepak Bola Termahal di Dunia Saat Ini, Ada Idolamu?

Afendi Nahak Photo Community Writer Afendi Nahak

I am I

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You