6 Klub Asia Tenggara Tampil di Liga Champions Asia 2022

Liga Champions Asia 2022 tanpa Wakil Indonesia

Liga Champions Asia (AFC Champions League) merupakan kompetisi antarklub di Asia. Meskipun tidak semeriah Liga Champions Eropa, ajang ini tetap dinanti penikmat sepak bola Asia, tak terkecuali penggemar di Asia Tenggara.

Dalam beberapa tahun terakhir, Asia Tenggara hanya mengirim dua wakil untuk berkompetisi di ajang ini. Akan tetapi, setelah adanya penambahan slot di Liga Champions Asia 2022/2023, Asia Tenggara kini mendapat jatah sebanyak enam wakil. Sayangnya, di antara enam klub tersebut, tidak ada klub asal Indonesia.

1. BG Pathum United

6 Klub Asia Tenggara Tampil di Liga Champions Asia 2022BG Pathum United saat menjuarai Thai League 1 2021. (bangkokpost.com)

Klub asal Thailand ini menjadi satu-satunya klub Asia Tenggara yang sukses di Liga Champions Asia. Pasalnya, pada 2021, klub yang diperkuat Teerasil Dangda ini berhasil melaju ke babak enam belas besar.

Langkah mereka terhenti setelah ditaklukan klub asal Korea Selatan, Jeonbuk Hyundai Motors, lewat adu pinalti. BG Pathum United berpartisipasi dalam Liga Champions Asia 2022 setelah keluar sebagai juara Thai League-1 2020/2021. Mereka berpeluang untuk mengulang kembali kesuksesan seperti pada edisi sebelumnya.

2. Chiangrai United

6 Klub Asia Tenggara Tampil di Liga Champions Asia 2022Chiangrai United saat menjuarai FA Cup Thailand 2020. (bangkokpost.com)

Liga Champions Asia 2021 memang menjadi eranya klub-klub Thailand. Pasalnya, pada edisi tersebut, Thailand mengirimkan empat wakilnya sekaligus, termasuk Chiangrai United. Akan tetapi, kiprah 3 dari 4 klub tersebut harus terhenti pada fase grup.

Pada edisi kali ini, Chiangrai United kembali berpartisipasi. Mereka punya peluang besar untuk lolos ke babak enam belas besar. Chiangrai United berada di grup J bersama Shanghai Port (China), Kitchee (Hongkong), dan pemenang play-off antara Vissel Kobe (Jepang) dan Melbourne Victory (Australia).

3. United City FC (Filipina)

6 Klub Asia Tenggara Tampil di Liga Champions Asia 2022United City FC vs Beijing Guoan AFC Champions League 2021 (rappler.com)

United City FC atau sebelumnya bernama Ceres-Negros merupakan klub kuat asal Filipina. Klub ini dihuni pemain-pemain bintang timnas Filipina. Mereka sudah berpartisipasi sebanyak lima kali di Liga Champions Asia, termasuk pada edisi 2021.

Mereka kembali berpartisipasi pada edisi kali ini setelah berhasil keluar sebagai juara Liga Filipina 2020. United City FC tergabung di grup G bersama BG Pathum United (Thailand), Jeonnam Dragons (Korea Selatan), dan Melbourne City (Australia).

Baca Juga: 5 Klub Terfavorit dalam Perebutan Gelar Liga Champions 2021/2022

4. Hoang Anh Gia Lai (Vietnam)

6 Klub Asia Tenggara Tampil di Liga Champions Asia 2022Hoang Anh Gia Lai saat berkompetisi di Vietnam League 1. (vnexpress.net)

Hoang Anh Gia Lai menjadi satu-satunya klub yang paling lama absen dari Liga Champions Asia. Klub asal Vietnam ini terakhir kali berkompetisi pada 2005 silam. 

Setelah resmi menjuarai V-League 1 2021, Hoang Anh Gia Lai dipastikan akan tampil di Liga Champions Asia 2022/2023. Klub yang kini dilatih mantan pelatih timnas Thailand, Kiatisuk Senamuang, tersebut tergabung di grup H bersama Jeonbuk Hyundai Motors (Korea Selatan), Yokohama F. Marinos (Jepang), dan Sydney FC (Australia). 

5. Johor Darul Ta'zim (Malaysia)

6 Klub Asia Tenggara Tampil di Liga Champions Asia 2022pertandingan fase grup ACL 2021 antara JDT vs Ratchaburi FC (malaymail.com)

Johor Darul Ta'zim atau biasa disebut JDT menjadi klub Malaysia dengan pertandingan terbanyak yang tampil di Liga Champions Asia. Klub kaya raya asal Malaysia ini sudah delapan kali berkompetisi dalam ajang ini, termasuk pada edisi 2021.

Setelah menjuarai Liga Super Malaysia 2021, artinya ini menjadi kali kesembilan mereka mengikuti gelaran Liga Champions Asia. JDT tergabung di grup I bersama Kawasaki Frontale (Jepang), Guangzhou FC (China), dan pemenang play-off antara Ulsan Hyundai (Korea Selatan) dan Thai Port (Thailand).

6. Lion City Sailors (Singapura) 

6 Klub Asia Tenggara Tampil di Liga Champions Asia 2022Lion City Sailors FC saat berkompetisi di Singapore Premiere League. (lioncitysailoirsfc.sg)

Juara utama Liga Singapura 2021, Lion City Sailor, dipastikan kembali mengikuti Liga Champions Asia 2022 setelah absen pada dua edisi sebelumnya. Klub yang sebelumnya bernama Home United ini benar-benar melakukan perombakan besar-besaran.

Demi mengarungi 2022/2023, klub ini mendatangkan eks pelatih Ulsan Hyundai, Kim Do Hoon. Mereka juga merekrut Maxime Lestienne yang merupakan mantan wonderkid Belgia. Di Liga Champions Asia 2022, Lion City Sailors tergabung di grup G bersama Urawa Reds Diamond (Jepang), Shandong Taishan (China), dan pemenang antara Daegu FC (Korea Selatan) dan Buriram United (Thailand).

Liga Champions Asia 2022 sendiri bergulir sejak 8 Maret 2022 sampai Februari 2023. Kompetisi ini menggunakan sistem zonasi, Barat dan Timur. Nantinya pemenang masing-masing zona akan bertemu di final yang digelar menggunakan format dua leg.

Baca Juga: 5 Klub Terakhir yang Singkirkan Paris Saint-Germain di Liga Champions

Afif Dalma Photo Verified Writer Afif Dalma

Learn from the past, live for today and plan for tomorrow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya