11 Kasus Pemecatan Pelatih Tercepat Dalam Sejarah Sepak Bola

Ada yang hanya 10 menit!

Pastinya pemilik klub dan seluruh fans menginginkan klub kesayangannya memenangi banyak gelar dan berprestasi. Tapi, bagaimana jika ekspetasi pemilik klub dan fans tidak dapat dipenuhi oleh pelatih dan pemain? Wah, bisa bahaya! Bisa-bisa kehilangan pekerjaan, seperti pelatih-pelatih di bawah ini. Bahkan ada yang dipecat hanya dalam hitungan menit setelah ditunjuk sebagai pelatih, kasihan juga ya!

1. Brian Clough (Leeds United-1974, 44 hari)

11 Kasus Pemecatan Pelatih Tercepat Dalam Sejarah Sepak Bolaid.wikipedia.org

Nama panjangnya adalah Brian Howard Clough. Brian Clough merupakan pelatih yang fenomenal, kisahnya bermula saat berada di Derby Country, dia berhasil membawa klub yang semenjana itu naik ke divisi satu, setahun setelahnya dia berhasil merengkuh juara liga utama, dan mencapai semifinal Piala Eropa, sebelum akhirnya dikalahkan oleh raksasa Italia, Juventus.

Saat menukangi Leeds United, ia seolah kehilangan magisnya. Karena berbagai tekanan dan prestasi yang tidak kunjung membaik, akhirnya jajaran direksi Leeds United setuju memecatnya, terhitung dia hanya 44 hari melatih Leeds United, sebelum akhirnya dipulangkan ke rumahnya.

2. Les Reed (Charlton Athletic-2006, 41 hari)

11 Kasus Pemecatan Pelatih Tercepat Dalam Sejarah Sepak Boladailyecho.co.uk

Les Reed hanya diberi kesempatan untuk mengkomandoi Charlton Athletic selama 41 hari, atau lebih tepatnya 7 pertandingan. Les Reed hanya mampu mengemas 1 kemenangan dalam 7 laga yang ia jalani di Charlton United, sisa 6 laganya berujung kekalahan, termasuk kekalahan memalukan dari tim League Two, Wycombe Wanderers, di babak perempat final Piala Liga.

3. Alex McLeish (Nottingham Forest-2012, 40 hari)

11 Kasus Pemecatan Pelatih Tercepat Dalam Sejarah Sepak Bolaespn.com

Saat berada di Nottingham Forest, Alex McLeish tidak menyadari bahwa karier kepelatihannya akan berakhir dengan sangat cepat. Ia harus angkat kaki dari klub yang bermarkas di City Ground, setelah 40 hari melatih disana. Ia hanya dapat menemani Nottingham Forest selama 7 laga saja.

Beberapa media mengatakan bahwa, dipecatnya Alex McLeish karena pertengkarannya dengan pemilik klub perihal kebijakan transfer klub.

4. Steve Coppell (Manchaster City-1996, 33 hari)

11 Kasus Pemecatan Pelatih Tercepat Dalam Sejarah Sepak Bolaespn.com

Dulu Manchester City belum sesukses seperti sekarang, saat tahun 1996, Steve Coppell menerima lowongan sebagai pelatih yang dilayangkan pihak manajemen Manchester City kala itu, ia pun berangkat ke klub yang bermarkas di Maine Road (sebelum pindah ke Etihad Stadium) ini.

Namun, selang 33 hari secara mengejutkan Steve Coppell menyatakan bahwa ia mengakhiri kariernya sebagai pelatih di Manchester City, lalu ia pun memutuskan untuk pulang kembali ke Crsytal Palace.

5. Paul Hart (QPR-2009, 28 hari)

11 Kasus Pemecatan Pelatih Tercepat Dalam Sejarah Sepak Bolatheguardian.com

Menggantikan peran Jim Magilton, Paul Hart datang ke markas QPR dengan membawa sejumlah harapan bagi para fans. Akan tetapi, alih-alih membawa QPR bersaing di tingkat atas, Paul Hart malah melakukan perseteruan dengan pemainnya sendiri.

Akibat ulahnya itu, pemilik klub saat itu memutuskan kontrak kerja dengan Hart, dan menendangnya keluar dari Loftus Road kurang dari 1 bulan.

6. Micky Adams (Swansea City-1997, 13 hari)

11 Kasus Pemecatan Pelatih Tercepat Dalam Sejarah Sepak Bolatheguardian.com

Swansea City saat itu sedang mengalami krisis yang membuat performa klub menjadi tidak stabil, dan Micky Adams terkena imbasnya. Bayangkan saja, Swansea City dalam kurun waktu 18 bulan sudah berganti 6 pelatih, hal inilah yang membuat performa klub Wales satu ini menjadi lebih sering terpuruk.

Belum genap 2 minggu melatih Swansea City, Micky harus angkat koper dari Stadion Liberty. Tidak ada kepastian yang valid, apakah Micky Adams dipecat atau memutuskan untuk pergi sendiri.

7. Martin Ling (Cambridge United-2009, 9 hari)

11 Kasus Pemecatan Pelatih Tercepat Dalam Sejarah Sepak Bolatheguardian.com

Klub divisi Conference, Cambridge United, sedang mencari pelatih baru, setelah sebelumnya ditinggal pelatih lamanya karena adanya konflik dengan pemilik klub. Martin Ling yang mendengar lowongan pekerjaan tersebut langsung saja menanda tangani kontraknya bersama Cambridge United.

Akan tetapi, belum genap 14 hari, Ling memutuskan untuk berhenti melatih Cambridge United. Beberapa media mengatakan bahwa Ling dan pemilik klub saat itu terlibat konflik yang sama seperti pendahulunya.

8. Giovanni Bosi (Palermo-2016, 7 hari)

11 Kasus Pemecatan Pelatih Tercepat Dalam Sejarah Sepak Bolazimbio.com

Tadinya, Giovanni Bosi adalah pelatih tim junior Palermo, tapi karena Palermo membutuhkan jasa pelatih secepatnya, maka ditunjuklah Bosi untuk mengambil alih kursi pelatih Palermo yang sedang kosong.

Tahun itu, Torino membuat heboh publik Serie A karena gonta ganti pelatih sebanyak 6 kali selama semusim, dan Giovanni Bosi termasuk di dalam daftar 6 pelatih yang dipecat oleh Palermo. Yang membuatnya 'spesial' adalah karena Giovanni Bosi hanya sempat menemani Palermo 1 pertandingan, dan menelan kekalahan dari Torino dengan skor 1-3. Setelah pertandingan berakhir, Bosi langsung dipecat dari kursi kepelatihan Palermo.

9. Kevin Cullis ( Swansea City-1996, 8 hari)

11 Kasus Pemecatan Pelatih Tercepat Dalam Sejarah Sepak Bolawalesonline.co.uk

Sebelum Micky Adams, adalah Kevin Cullis yang menjadi korban dari keganasan para jajaran direksi Swansea City kala itu. Cullis hanya dapat menemani The Swans selama dua pertandingan saja, dan dari dua pertandingan tersebut, Cullis tidak mampu mengantongi poin sama sekali.

10. David Bassett (Crystal Palace-1984, 4 hari)

11 Kasus Pemecatan Pelatih Tercepat Dalam Sejarah Sepak Bolatheguardian.com

Sebelumnya, Dave melatih Wimbledon, saat Crystal Palace sedang membuka lowongan, maka Dave menerima tawaran tersebut lalu segera terbang ke Selhurst Park. Selang 3 hari, ia memutuskan untuk balik ke klub lamanya karena alasan yang tidak bisa diungkapkan.

11. Leroy Rosenior (Torquay United-2007, 10 menit)

11 Kasus Pemecatan Pelatih Tercepat Dalam Sejarah Sepak Bolatheguardian.com

Sepertinya akan sangat susah sekali untuk memecahkan rekor yang dicatatkan oleh Leroy Rosenier, yaitu sebagai pelatih dengan rekor pemecatan tercepat. Rosenier menanda tangani kontraknya bersama Torquay United saat masa transisi, karena pemilik klub yang lama menjual lebih dari setengah saham klub kepada dewan konsorium lokal, otomatis membuat kepemilikan klub juga berpindah.

Setelah 600 detik resmi menjadi pelatih baru Torquay United, pemilik klub yang baru tiba-tiba memecat Rosenier, alasannya karena ia ingin memilih sendiri manajer untuk Torquay United. Maka sejak saat itu, Rosenier berhasil mendapatkan predikat sebagai 'pelatih dengan masa bakti terpendek' hingga saat ini.

Afiq Izzuddin Photo Writer Afiq Izzuddin

Baiknya cek juga tulisan saya di medium/slansaka24

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya