Selangkah Lagi, Timnas Putri U-16 Melangkah Ke Semifinal AFF 2018

Hebat ya, para srikandi muda ini

Timnas putri U-16 Indonesia menjadi tuan rumah ajang AFF U-16 Girls Championship di Palembang dari tanggal 1-13 Mei 2018. Bergabung dengan di grup B bersama Thailand, Kamboja, dan Laos. Indonesia sangat yakin melangkah ke babak semifinal. 

Sepak bola wanita di Indonesia masih jarang. Namun, Indonesia ingin mengembangkan para pemain muda ini yang nantinya akan menjadi tulang punggung timnas putri Indonesia. Saingan terberat dalam grup adalah Thailand. Thailand sendiri sepak bolanya sudah sangat maju dan bahkan mereka mampu menembus semifinal Piala Asia 2018.

Perjalanan srikandi muda Indonesia tidaklah mudah. Indonesia sendiri pada pertandingan pertama kontra Thailand harus mengalami kekalahan telak. Berikut ulasan pertandingannya dan bagaimana timnas putri bisa melangkah ke babak semifinal. 

1. Laga perdana timnas putri U-16 kalah telak kontra Thailand

Selangkah Lagi, Timnas Putri U-16 Melangkah Ke Semifinal AFF 2018pssi.org

Timnas Indonesia putri U-16 mengawali laga perdana AFF U-16 Girls' Championship 2018 kontra tim kuat Thailand di Stadion Bumi Sriwijaya, Palembang, Rabu (2/5) sore. Namun, pada laga perdana ini timnas putri harus kalah telak dengan skor 4-1. 

Sebenarnya timnas putri Indonesia sempat unggul cepat lewat gol Jasmine Setia pada menit ketiga . Namun pada menit ke-22, Thailand mampu menyamakan kedudukan lewat Suprapon. Menit ke-28, Thailand justru berbalik unggul 2-1 lewat gol Chattaya Pratumkal. 

Di babak kedua, Indonesia tidak bisa bangkit. Justru Thailand habis-habisan menekan barisan pertahanan Indonesia. Menit ke-67, Thailand unggul 3-1 lewat sundulan Sofingatun. Dan pada menit ke-80, Suchada membuat Thailand unggul dengan skor 4-1. Skor 4-1 sampai pertandingan berakhir. 

Kekalahan telak 4-1 atas Thailand membuat Indonesia menjadi juru kunci dengan raihan 0 poin. Sementara Laos berhasil menang 3-1 atas Kamboja seperti dilansir dari Bola.com

2. Indonesia membuka asa lolos ke babak semifinal setelah menang atas Kamboja

Selangkah Lagi, Timnas Putri U-16 Melangkah Ke Semifinal AFF 2018pssi.org

Pada partai kedua Indonesia bertemu dengan Kamboja di Stadion Bumi Sriwijaya, Palembang, Jumat (4/5) sore. Timnas putri secara menyakinkan menang 2-0 atas Kamboja. Kemenangan itu dicetak oleh Garuda Pertiwi dan Firanda pada menit ke-31 dan 71.

Hasil ini membuat Indonesia berpeluang lolos ke babak semifinal. Pasalnya Laos takluk dari Thailand dengan skor 1-0. Dengan hasil tersebut Indonesia berada diperingkat ketiga dengan raihan 3 poin sama dengan Laos diperingkat kedua karena unggul selisih gol. Sementara Thailand sudah dipastikan lolos ke semifinal dengan raihan 6 poin.

"Ini kemenangan penting bagi kami karena di pertandingan perdanan kami kalah lawan Thailand. Ini adalah momen yang tepat bagi kita untuk bangkit kembali dengan lebih kuat," kata pelatih Rully dari pssi.org.

Pada laga selanjutnya Indonesia akan melawan Laos, Senin (7/5) mendatang.Target meraih kemenangan menjadi harga mati bagi Indonesia. Indonesia wajib menang apabila ingin melaju ke babak semifinal. Melihat secara kualitas yang ada dari para pemain Indonesia. Indonesia sangat yakin akan mampu meraih kemenagan saat berjumpa Laos. 

3. AFF U-16 Girls Championship merupakan ajang bangkitnya sepak bola wanita

Selangkah Lagi, Timnas Putri U-16 Melangkah Ke Semifinal AFF 2018pssi.org

AFF U-16 Girls Championship merupakan ajang bagi kebangkitan sepak bola wanita di Indonesia. Ajang ini Indonesia menargetkan agar para srikandi muda berprestasi. Selain itu, ajang AFF U-16 agar nantinya Indonesia mampu membentuk skuad sepak bola wanita masa depan Indonesia. 

Harapannnya dari kompetisi ini Indonesia akan mampu berbicara banyak untuk sepak bola level Asia. Kata Joko Driono ketum PSSI mengatakan bahwa PSSI saat ini sangat serius dan sepak bola wanita menjadi salah satu fokus perhatian.

Ahmad Edi Darmawan Photo Verified Writer Ahmad Edi Darmawan

Save climate change

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya