Comscore Tracker

3 Jurus Ralf Rangnick di Laga Kontra Young Boys

Rangnick libatkan banyak pemain muda

Jakarta, IDN Times - Manajer interim Manchester United, Ralf Rangnick, tampak sudah menggunakan kekuasaannya di klub yang berkandang di Old Trafford tersebut. Hal itu terbukti saat MU menjamu Young Boys dalam laga pekan terakhir Fase Grup F, Kamis (9/12/2021) dini hari WIB.

Manchester United bermain imbang 1-1 setelah gol dari sepakan akrobatik Mason Greenwood, diimbangi Young Boys lewat Fabian Rieder. Kendati, MU tetap lolos ke babak 16 besar berstatus juara grup. Rangnick gagal memberikan kemenangan kedua, namun ia telah menggunakan otoritasnya dengan maksimal lewat beberapa jurusnya.

Baca Juga: Jelang Manchester United Vs Manchester City Di Premier League, Ini 3 Faktanya!

1. Komposisi campuran

3 Jurus Ralf Rangnick di Laga Kontra Young BoysPara pemain muda Manchester United; Anthony Elanga, Teden Mengi, dan Zidane Iqbal. (theathletic.com)

Rangnick menurunkan tim yang berkomposisikan campuran antara pemain muda dan senior. Ada nama-nama seperti Mason Greenwood, Anthony Elanga, dan Amad Diallo yang menjadi starter di samping Juan Mata dan Nemanja Matic. Hal ini tentu saja karena MU sudah dipastikan lolos sebelumnya yang membuat Rangnick boleh bereksperimen.

Namun, Rangnick melakukan tugas berat yang mungkin saja manajer lain tidak akan melakukan, yaitu tidak memainkan Cristiano Ronaldo yang sedang onfire. Di Liga Champions, Ronaldo sudah mencetak gol di seluruh lima laga sebelumnya dengan torehan enam gol.

2. Cadangan pemain muda

3 Jurus Ralf Rangnick di Laga Kontra Young BoysZidane Iqbal dan Charlie Savage debut di Liga Champions bersama Manchester United. (twitter.com/theutdjournal)

Tidak hanya di kesebelasan utama, bangku cadangan Manchester United juga penuh akan pemain-pemain muda akademi. Bahkan, melansir Daily Mirror, rata-rata usia pemain pengganti MU ada di angka 18 tahun.

Matej Kovar, Bjorn Hardley, Charlie Savage, Teden Mengi, Shola Shoretire, dan Zidane Iqbal mengisi bangku cadangan. Rangnick pun memberikan Savage dan Iqbal debut di tim senior yang dilakukan di ajang sebesar Liga Champions. Ini merupakan indikasi Rangnick memikirkan masa depan Manchester United. 

3. Formasi tak biasa

3 Jurus Ralf Rangnick di Laga Kontra Young BoysNemanja Matic. (sportskeeda.com)

Selain merotasi seluruh pemain di starting lineup, Rangnick juga memainkan formasi yang jarang dilihat di Manchester United. Yang pertama ada Nemanja Matic yang mengisi posisi bek tengah bersama Eric Bailly. Matic, yang menjabat sebagai kapten kesebelasan di pertandingan itu, bermain di posisi yang biasanya ditempati Harry Maguire. 

Selain itu, Rangnick juga hanya memainkan satu gelandang bertahan yaitu Donny van de Beek. Padahal, di pertandingan sebelumnya, Rangnick memainkan duet Fred dan Scott McTominay. Hal yang sama juga selalu dilakukan manajer sebelumnya, Ole Gunnar Solskjaer. Tak hanya itu, Rangnick juga memainkan dua gelandang serang, Juan Mata dan Jesse Lingard yang membantu Mason Greenwood yang bertugas sebagai striker sentral.

Baca Juga: 4 Perubahan yang Dibawa Ralf Rangnick ke Manchester United

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya