3 Pemain Kunci Kroasia Jelang Duel Lawan Argentina

Luka Modric jadi salah satunya

Jakarta, IDN Times - Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar telah memasuki semifinal. Duel Kroasia versus Argentina yang digelar di Lusail Iconic Stadium, Rabu dini hari WIB (14/12/2022), menjadi salah satu pusat perhatian. 

Bagaimana tidak, ini menjadi duel antara favorit melawan kuda hitam. Terlebih ada duel individu yang akan menjadi pusat perhatian dalam laga ini, melibatkan Luka Modric dan Lionel Messi.

Tapi, Modric tak akan sendiri dalam menghadapi Messi. Ada dua pemain kunci Kroasia lainnya yang bisa saja menjadi kunci dalam misi Kroasia mengalahkan Argentina.

Siapa saja mereka? Berikut IDN Times sajikan daftarnya untuk kamu.

1. Luka Modric

3 Pemain Kunci Kroasia Jelang Duel Lawan ArgentinaLuka Modric. (marca.com)

Seperti yang sudah dibahas, Modric adalah pemain kunci Kroasia. Gelandang veteran berusia 37 tahun itu memiliki peranan vital di permainan Kroasia. Berperan sebagai kapten tim, Modric juga menjadi otak dari strategi yang diterapkan pelatih Zlatko Dalic.

Modric tampil di seluruh lima pertandingan yang telah dijalani. Statistiknya pun sangat menggambarkan dampak yang diberikan bagi tim berjuluk Vatreni. Dilansir Squawka, Modric tercatat sukses mengkreasikan empat peluang, 472 sentuhan, 88,47 persen akurasi umpan, 207 umpan sukses di area lawan, delapan intersep, dan dua blok.

Baca Juga: Waduh, Messi Terancam Absen Bela Argentina Lawan Kroasia

2. Dominik Livakovic

3 Pemain Kunci Kroasia Jelang Duel Lawan ArgentinaKiper Kroasia, Dominik Livakovic, menjadi pahlawan usai menepis sepakan Rodrygo Goes (Twitter @FIFAWorldCup)

Kroasia baru kebobolan tiga gol dari lima pertandingan. Torehan tersebut berkat performa impresif penjaga gawangnya, Dominik Livakovic. Kiper berusia 27 tahun tersebut tampil mengesankan di bawah mistar gawang saat menghadapi situasi penalti

Dari dua adu penalti, saat jumpa Jepang dan Brasil, Livakovic selalu jadi pahlawan. Menghadapi total delapan tendangan, Livakovic empat kali menepis bola dari situasi penalti. Livakovic juga sukses mencatatkan dua clean sheet dari lima laga dan melakukan total 20 penyelamatan dengan persentase sebesar 86,96 persen.

3. Josko Gvardiol

3 Pemain Kunci Kroasia Jelang Duel Lawan ArgentinaJosko Gvardiol berduel dengan Romelu Lukaku. (news.trenddetail.com)

Selain Livakovic, solidnya pertahanan Kroasia juga karena dibentengi bek muda berusia 20 tahun, Josko Gvardiol. Berduet dengan Dejan Lovren, bek yang membela RB Leipzig itu tampil tak kalah matang dibanding seniornya. Gvardiol dipercaya tampil di seluruh lima pertandingan yang telah dijalani.

Statistiknya pun sangat luar biasa. Dikutip Squawka, Gvardiol sukses mencatatkan 32 sapuan, delapan intersep, tiga blok, 12 kali memenangkan duel darat, dan dua kali memenangkan duel udara. Berkat performa fenomenalnya sejauh ini, namanya pun masuk dalam radar klub-klub top Eropa seperti Chelsea, Manchester United, dan Real Madrid.

Baca Juga: Kroasia Mau Buyarkan Mimpi Lionel Messi Jadi Juara Dunia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya