4 Pemain Spanyol yang Bantu 2 Medioker Dobrak Premier League

Empat pemain Spanyol jadi pembeda di dua klub

Jakarta, IDN Times - Brighton and Hove Albion serta Brentford merupakan dua klub yang sama-sama belum meraih gelar juara di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Premier League. Tapi, Brighton dan Brentford, yang lebih lama menghabiskan waktu di tiga divisi terbawah sepak bola Inggris ini justru tampil impresif hingga pekan tujuh Premier League.

Buktinya, mereka kini berada di papan atas Premier League. Brighton saat ini bercokol di posisi enam sedangkan Brentford berada satu strip di bawahnya.

Dari tujuh pertandingan yang telah dijalani, keduanya hanya menelan sekali kekalahan. Penampilan gemilang ini merupakan buah dari kolektivitas dan taktik moncer sang manajer. Tetapi, ada beberapa nama yang perannya begitu vital. Uniknya, kedua klub ini memiliki sedikit kesamaan dalam hal pemain kunci.

1. Robert Sanchez

4 Pemain Spanyol yang Bantu 2 Medioker Dobrak Premier LeagueKiper Brighton, Robert Sanchez. (sportspressnews.com)

Kiper Brighton kelahiran Spanyol ini masih berusia 23 tahun. Sanchez sebenarnya adalah kiper cadangan dari Matt Ryan yang kini telah bergabung ke Real Sociedad. Awal kariernya di Brighton dihabiskan dengan menjalani dua periode peminjaman ke Forest Green Rovers dan Rochdale.

Tapi sejak November 2020, peruntungannya berubah. Matt Ryan yang ingin pindah membuka kesempatan Sanchez buat main di tim utama. Dia menjadi pilihan pertama dan bermain sebanyak 27 kali musim lalu.

Sedangkan musim ini, penampilannya lebih menjanjikan. Dari tujuh kali main, dia sukses catatkan tiga clean sheet, 13 penyelamatan, 72,2 persen penyelamatan, dan dua kali menghalau tendangan penalti. Dia bahkan sudah dipanggil Timnas Spanyol oleh Luis Enrique dan menjadi kiper ketiga La Furia Roja di Piala Eropa 2020.

2. David Raya

4 Pemain Spanyol yang Bantu 2 Medioker Dobrak Premier LeagueKiper Brentford, David Raya. (metro.co.uk)

Kiper Brentford yang satu ini juga asal Spanyol. Raya juga masih cukup prima karena baru 26 tahun. Di musim perdananya bersama Brentford, dia tampil gemilang dan berhak atas nominasi penjaga gawang terbaik pada London Football Awards di 2020 lalu.

Raya juga berhasil koleksi 16 clean sheet yang membuatnya berbagi gelar sarung tangan emas dengan Bartosz Bialkowski. Pencapaiannya musim ini sangat vital bagi Brentford. Dari tujuh pertandingan, dia sukses mencatatkan tiga clean sheet, 18 kali penyelamatan, dan 75 persen penyelamatan.

Selain jago dalam menjaga gawang, Raya juga piawai dalam memulai serangan. Dia kerap berperan sebagai sweeper-keeper. Performanya bahkan sempat dipuji oleh Jurgen Klopp saat Liverpool ditahan imbang 3-3 oleh Brentford.

Baca Juga: Brentford: Lebah Pekerja Gemar Sengat Raksasa Premier League

3. Marc Cucurella

4 Pemain Spanyol yang Bantu 2 Medioker Dobrak Premier LeagueMarc Cucurella. (brightonandhoveindependent.co.uk)

Bek kiri asal Spanyol milik Brighton ini baru didatangkan pada musim panas lalu dari Getafe dengan mahar senilai sekitar 15 juta poundsterling. Sejauh ini, dia sudah bermain di empat pertandingan bersama The Seagulls.

Dia juga sudah mengoleksi 352 menit bermain. Dalam empat laga, jebolan akademi Barcelona itu tampil impresif. Selain bisa main di posisi bek kiri, dia juga bisa beroperasi di gelandang kiri. Total, dia sudah menciptakan peluang enam kali, menang duel enam kali, dan 50 persen take-on.

4. Sergi Canos

4 Pemain Spanyol yang Bantu 2 Medioker Dobrak Premier LeagueSergi Canos. (skysports.com)

Pemain yang berposisi sebagai sayap kanan ini pernah menimba ilmu di akademi Barcelona dan Liverpool. Tapi, dia gagal bersinar, hingga akhirnya mencari tempat baru agar berkembang lewat menit bermain lebih banyak.

Canos menjadi sosok yang tak tergantikan di sisi kanan Brentford musim ini. Pria 24 tahun tersebut bisa main sebagai gelandang kanan, sayap kanan, atau bek sayap kanan, yang baru-baru ini diperankannya di bawah asuhan Thomas Frank. Musim ini, dia telah turun di tujuh pertandingan The Bees. Dia sudah mencetak satu gol dengan 13 kali melakukan clearance dan 10 kali halauan. Catatan take-on suksesnya juga cukup mentereng dengan 62,5 persen.

Baca Juga: Brentford: Lebah Pekerja Gemar Sengat Raksasa Premier League

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya