Comscore Tracker

Alien, Messi Antar Argentina Dominasi Ballon d'Or Sendirian

Argentina mengimbangi Prancis dengan total enam gelar

Jakarta,IDN Times - Status alien tak salah jika disematkan kepada Lionel Messi. Sebab, karena Messi seorang, Argentina jadi salah satu negara yang mendominasi Ballon d'Or.

Hanya dengan mengandalkan Messi, Argentina sudah meraih enam gelar Ballon d'Or. Dengan catatan tersebut, Argentina menjadi satu dari lima negara paling sering meraih Ballon d'Or.

Jumlah koleksi Ballon d'Or Argentina sama dengan Prancis. Bedanya, Prancis harus menggunakan lebih banyak pemain demi masuk ke posisi lima besar.

Berikut daftar lengkap negara terbanyak yang memenangkan Ballon d'Or, IDN Times rangkum buat kamu, dilansir Sport Bible.

1. Jerman

Alien, Messi Antar Argentina Dominasi Ballon d'Or SendirianFranz Beckenbauer. (dailymail.co.uk)

Jerman menjadi negara yang paling sering meraih gelar Ballon d'Or. Dua legenda Jerman, berhasil menyumbang gelar Ballon d'Or terbanyak untuk negaranya, Franz Beckenbauer dan Karl-Heinz Rummenigge.

Keduanya kompak menyumbang dua gelar Ballon d'Or buat Jerman. Kemudian, tiga gelar lain disumbang oleh Gerd Mueller, Lothar Matthaus, dan Matthias Sammer. Dengan demikian, Jerman mengoleksi tujuh Ballon d'Or.

2. Belanda

Alien, Messi Antar Argentina Dominasi Ballon d'Or SendirianJohan Cruyff. (ultimouomo.com)

Belanda menguntit Jerman di belakang. Raihan Ballon d'Or Belanda sama dengan Jerman, tujuh. Marco van Basten dan Johan Cruyff jadi dua pemain Belanda yang paling sering meraih gelar Ballon d'Or.

Mereka masing-masing mengoleksi tiga gelar Ballon d'Or. Satu gelar lainnya disumbang oleh Ruud Gullit.

Baca Juga: Kontrak Belum Jelas, Messi Tak Latihan Bareng Barcelona

3. Portugal

Alien, Messi Antar Argentina Dominasi Ballon d'Or SendirianCristiano Ronaldo dengan trofi Ballon d'Or kelimanya. (news18.com)

Portugal ada di posisi tiga negara peraih Ballon d'Or terbanyak. Jumlahnya sama dengan Jerman dan Belanda.

Sudah pasti, penyumbang gelar Ballon d'Or terbanyak buat Portugal adalah sang superstar, Cristiano Ronaldo. Dia sendirian meraih lima gelar Ballon d'Or. Sementara, dua gelar lainnya disumbang oleh Luis Figo dan Eusebio.

4. Prancis

Alien, Messi Antar Argentina Dominasi Ballon d'Or SendirianMichel Platini. (theguardian.com)

Sementara, negara tempat lahirnya Ballon d'Or, Prancis, baru mengoleksi enam gelar. Prancis cuma menempati urutan empat negara paling sering meraih Ballon d'Or.

Pemenang Ballon d'Or dari Prancis adalah Michel Platini (tiga kali), Jean-Pierre Papin, Raymond Kopa, dan Zinedine Zidane.

5. Argentina

Alien, Messi Antar Argentina Dominasi Ballon d'Or SendirianLionel Messi mengangkat piala Copa America. (mirror.co.uk)

Beda dengan negara lain, Argentina justru menjadi negara lima besar peraih Ballon d'Or cuma lewat satu pemain. Ya, enam gelar Ballon d'Or Argentina cuma disumbangkan oleh Messi. Argentina bisa saja menyamai torehan Portugal, Belanda, dan Jerman jika pada tahun ini Messi dinobatkan lagi menjadi pemenang gelar individu prestisius itu.

Dengan mengantarkan Argentina dalam menjuarai Copa America 2021, Messi menjadi salah satu yang difavoritkan dalam mengangkat trofi bola emas tersebut. 

"Peranannya sangat vital terhadap tim. Dia adalah kapten dan contoh bagi rekan-rekannya. Kemampuannya mencetak gol sangat brilian, meskipun memiliki musim yang berat. Saya tahu dia sangat ingin menjuarai Copa America dan sudah memenangkannya. Bagi saya, dia adalah kandidat favorit untuk Ballon d'Or," kata pelatih Barcelona, Ronald Koeman, di situs resmi klub.

Baca Juga: Messi Belum Selevel dengan Maradona

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya