Bank Argentina Mau Rilis Uang Kertas Lionel Messi Usai Juara Dunia

Kemungkinan akan jadi uang bersifat komemoratif

Jakarta, IDN Times - Bank Sentral Argentina sedang mempertimbangkan untuk mengeluarkan uang edisi terbaru dengan memajang wajah Lionel Messi di dalamnya. Hal itu sebagai bentuk apresiasi terhadap Messi dan kawan-kawan yang telah membawa Argentina juara Piala Dunia 2022.

Kesuksesan Argentina jadi juara dunia terasa sangat luar biasa, karena terakhir kali melakukannya yaitu 36 tahun lalu pada edisi 1986. Kini, dengan Messi berhasil mengikuti jejak Diego Maradona, pemerintah Argentina mau merayakannya dengan menerbitkan uang kertas edisi khusus Messi.

1. Masih dibahas

Bank Argentina Mau Rilis Uang Kertas Lionel Messi Usai Juara DuniaModel visual uang kertas Lionel Messi. (twitter.com/StokeyyG2)

Dilansir Daily Mail, Bank Sentral Argentina sedang berdiskusi untuk merilis uang kertas senilai 1.000 Peso bergambar Messi. Nantinya, uang tersebut akan bersifat komemoratif, atau hanya sebagai bentuk perayaan atas kesuksesan Argentina jadi juara Piala Dunia 2022.

Sebuah model visual dari uang kertas tersebut telah berseliweran di media sosial dan para penggemar ingin itu menjadi kenyataan. Di uang kertas tersebut, ada wajah Messi dan sisi lainnya tertulis julukan La Scaloneta yang identik dengan Argentina sejak Lionel Scaloni menggantikan Jorge Sampaoli pada 2018 lalu.

Jika terealisasi, uang kertas tersebut akan menjadi suatu hal yang sangat dicari untuk dikoleksi. Sebab, fans sudah mengutarakan niatnya buat mengoleksi uang tersebut.

Baca Juga: Rumah Lionel Messi di Argentina Disatroni Ratusan Warga

2. Sudah pernah produksi uang komemoratif

Bank Argentina Mau Rilis Uang Kertas Lionel Messi Usai Juara DuniaIlustrasi koin. (Pixabay/Devanath)

Faktanya, ini bukan pertama kalinya Bank Sentral Argentina memproduksi uang komemoratif. Mereka pernah merilis koin komemoratif untuk Argentina saat sukses menjuarai Piala Dunia pertama kali yaitu pada 1978.

Koin peringatan juga pernah diproduksi pada peringatan 50 tahun kematian Eva Peron, mantan Presiden Wanita Argentina.

3. Messi jadi inspirator Argentina

Bank Argentina Mau Rilis Uang Kertas Lionel Messi Usai Juara DuniaLionel Messi memenangkan Piala Dunia 2022 bersama timnas Argentina. (instagram.com/leomessi)

Messi memang menjadi sosok yang inspiratif bagi Argentina sepanjang Piala Dunia 2022 lalu. Selain menjadi kapten, La Pulga juga menjadi kreator gol-gol Albiceleste.

Tujuh gol dan tiga assist berhasil Messi koleksi yang membuatnya menjadi pemain terbaik di ajang empat tahunan tersebut. Berbagai rekor juga dicatatkan Messi, membuatnya dianggap telah mengakhiri perdebatan Greatest of All Time (GOAT).

Baca Juga: Kisah Produsen Jubah Lionel Messi Raup Untung Usai Piala Dunia 2022

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya