Belgia Siapkan Thierry Henry Jadi Suksesor Martinez?

Henry merupakan bagian dari staf kepelatihan Belgia

Jakarta, IDN Times - Legenda Prancis, Thierry Henry, dilaporkan menjadi salah satu kandidat untuk mengisi posisi pelatih Belgia. Posisi tersebut sedang kosong setelah ditinggal Roberto Martinez usai Belgia gagal total di Piala Dunia 2022.

Tim berjuluk The Red Devils itu gagal lolos ke fase gugur karena hanya finis di fase grup dengan raihan empat poin dari tiga pertandingan. Dengan kursi kepelatihan sudah ditinggalkan Martinez, maka sejumlah nama pun berkesempatan mengisi kekosongan itu.

1. Henry dan Vermaelen berpeluang jadi pelatih Belgia

Belgia Siapkan Thierry Henry Jadi Suksesor Martinez?Thomas Vermaelen dan Thierry Henry. (dailystar.co.uk)

Dilansir Tyc Sports, selain Henry, ada juga nama Thomas Vermaelen yang berpeluang menjadi pelatih Belgia selanjutnya. Keduanya pun saat ini masih menjadi bagian dari staf kepelatihan Belgia dan menjabat sebagai asisten Martinez.

Bagi Henry, striker legendaris Prancis itu bergabung dengan staf kepelatihan Belgia sejak 2016 lalu. Sedangkan Vermaelen, bek legendaris belgia, baru bergabung pada awal 2022 setelah menyatakan pensiun sebagai pesepak bola.

Baca Juga: Kejutan, Eden Hazard Pensiun dari Timnas Belgia

2. Henry pernah latih klub

Belgia Siapkan Thierry Henry Jadi Suksesor Martinez?Thierry Henry (law-justice.co)

Henry sebelumnya sudah pernah mengantongi pengalaman sebagai pelatih kepala di level klub profesional. Ia pernah melatih tim kontestan Ligue 1, AS Monaco, pada 2018 lalu. Namun, ia gagal mengangkat performa Monaco dan dipecat pada 2019.

Henry tak menyerah dan kembali mencoba peruntungannya di klub Amerika Serikat, Montreal Impact, pada 2019. Tapi, ia lagi-lagi gagal dan kembali dipecat pada 2021. Ia akhirnya memutuskan untuk kembali jadi staf pelatih Belgia.

3. Nama lain yang dipertimbangkan

Belgia Siapkan Thierry Henry Jadi Suksesor Martinez?Vincent Kompany memimpin latihan Burnley. (facebook.com/vincentkompany)

Selain Henry dan Vermaelen, ada sejumlah nama lainnya yang dipertimbangkan Federasi Sepak Bola Belgia untuk jadi pelatih. Yang pertama ada pelatih Burnley yang juga mantan bek timnas Belgia, Vincent Kompany.

Yang kedua, ada mantan pelatih Standard Liege, Michel Preud'Homme. Dan yang terakhir, ada Philippe Clement, yang tengah melatih AS Monaco. Menarik untuk dinantikan siapa yang akan menjadi pelatih Belgia usai gagal total di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Belgia Tersingkir di Piala Dunia 2022, Martinez Lepas 2 Jabatan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya