Comscore Tracker

Brasil Buat Rekor, Sudah Turunkan Semua Pemainnya di Piala Dunia 2022

Tite sempat melakukan rotasi saat melawan Korea Selatan

Jakarta, IDN Times - Brasil jadi salah satu tim yang menyita perhatian di gelaran Piala Dunia 2022. Bukan hanya soal performa impresif yang ditunjukkan sejauh ini, tetapi juga karena mereka sudah menurunkan seluruh pemain yang masuk skuad Selecao.

Brasil sendiri baru saja memastikan langkahnya ke babak perempat final Piala Dunia 2022. Mereka mampu membantai Korea Selatan dengan skor 4-1 di laga babak 16 besar, Selasa dini hari WIB (6/12/2022).

Menariknya, pada pertandingan tersebut, Pelatih Brasil Tite resmi telah menurunkan semua pemainnya yang dibawa ke Qatar.

1. Brasil sudah turunkan 26 pemain dari babak penyisihan hingga 16 besar Piala Dunia 2022

Brasil Buat Rekor, Sudah Turunkan Semua Pemainnya di Piala Dunia 2022Brasil menurunkan semua 26 pemainnya. (record.pt)

Brasil unggul cepat di babak pertama dengan skor 4-0. Memasuki babak kedua, Brasil tampak sudah memegang kendali penuh atas pertandingan. Hal itu jadi alasan Tite melakukan rotasi pemain.  

Sejumlah nama yang jarang tampil diturunkan seperti Dani Alves, Gleison Bremer, Gabriel Martinelli, dan Rodrygo mendapat kesempatan tampil.

Namun, semua mata tertuju pada Alisson Becker yang ternyata juga terkena rotasi. Ia Secara mengejutkan, diganti oleh kiper berusia 34 tahun, Weverton. Masuknya kiper ketiga Brasil itu menggenapkan 26 pemain yang dibawa ke Piala Dunia kali ini sudah mencicipi menit bermain.

Baca Juga: 5 Negara Terakhir yang Disingkirkan Brasil di 16 Besar Piala Dunia

2. Brasil catatkan rekor usai memainkan seluruh skuad di Piala Dunia

Dilansir Opta, Brasil menjadi tim pertama dan satu-satunya yang pernah memainkan seluruh pemain (26 pemain) dalam sejarah Piala Dunia. Yang lebih impresifnya lagi, Brasil membawa total tiga penjaga gawang, dan semuanya sudah pernah diturunkan.

Meski demikian, Brasil bukan satu-satunya yang sudah memainkan semua pemain di dalam skuad. Sebelumnya, sudah ada Belanda pada Piala Dunia 2014. Tetapi saat itu, jumlah pemain yang dibawa dalam skuad mereka hanya berjumlah 23 orang.

3. Tite lakukan rotasi besar-besaran di babak penyisihan

Brasil Buat Rekor, Sudah Turunkan Semua Pemainnya di Piala Dunia 2022Pemain Brasil, Everton Ribeiro, tampil lawan Kamerun di Piala Dunia 2022. (calciomercato.com)

Rotasi besar-besaran sempat dilakukan Brasil saat jumpa Kamerun di laga terakhir Grup G Piala Dunia 2022. Saat itu, Brasil yang sudah dipastikan lolos ke fase gugur, memberikan Ederson kesempatan main menggantikan Alisson yang tampil di dua laga awal.

Tak hanya itu, Tite juga menurunkan pemain-pemain yang kalah pamor dari bintang-bintang Brasil yang main di Eropa. Everton Ribeiro dan Pedro, yang sama-sama membela klub Brasil, Flamengo, sempat merasakan atmosfer Piala Dunia 2022.

Hal itu menunjukkan jika Tite membawa pemain yang siap tempur dalam laga manapun, tanpa memandang nama besar pemainnya.

Selanjutnya, Brasil akan menghadapi Kroasia di babak perempat final Piala Dunia 2022. Duel yang akan berlangsung sengit itu akan digelar di Stadion Education City pada 9 Desember mendatang.

Baca Juga: Jadi Saksi Brasil Bantai Korea Selatan, Stadion 974 Langsung Dibongkar

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya