Dipanggil Timnas Belanda, Pemain Ini Sempat Tolak Indonesia

Mees Hilgers dipanggil timnas Belanda U21

Jakarta, IDN Times - Pemain keturunan Indonesia, Mees Hilgers, dikabarkan mendapat panggilan untuk membela tim nasional Belanda. Bek berusia 21 tahun tersebut tampil impresif bersama klub Eredivisie, FC Twente.

Total, Hilgers sudah memainkan 36 pertandingan di semua kompetisi. Usianya yang masih muda dan memiliki darah campuran membuatnya memiliki peluang untuk main di Indonesia dan juga Belanda.

1. Hilgers dipanggil Timnas Belanda U-21

Dipanggil Timnas Belanda, Pemain Ini Sempat Tolak IndonesiaMees Hilgers (instagram.com/meeshilgerss)

Tetapi, kini masa  depan di timnas mana ia akan bermain mulai terlihat. Dalam rilis federasi sepak bola Belanda, Jumat (2/9/2022), Hilgers resmi mendapat panggilan untuk membela Timnas Belanda U-21 atau Jong Oranje.

Ia masuk ke dalam skuad yang berisi 29 pemain untuk persiapan Piala Eropa U21 2023. Di sana, juga ada nama Xavi Simons, pemain milik PSV yang digadang-gadang akan jadi bintang masa depan.

Baca Juga: 10 Fakta Mees Hilgers, Calon Tandem Elkan Baggot di Timnas Indonesia

2. Panggilan perdana untuk Hilgers

Dipanggil Timnas Belanda, Pemain Ini Sempat Tolak IndonesiaMees Hilgers (instagram.com/meeshilgerss)

Ini merupakan panggilan perdana bagi Hilgers untuk memperkuat timnas. Sebelumnya ia belum pernah sama sekali membela Timnas Belanda kelompok umur.

Sebelumnya, Hilgers sempat ramai diperbincangkan di tanah air. Sebab, Shin Tae Yong sudah memasukkannya ke dalam list pemain keturunan yang akan dinaturalisasi. Dia diproyeksikan untuk membela skuad Garuda. 

Namun, performa cemerlang bersama FC Twente di Eredivisie, membuat Hilgers belum mau mengambil sumpah untuk jadi WNI. Dia percaya diri bisa menembus skuad Timnas Belanda.

3. Tambahan bek naturalisasi

Dipanggil Timnas Belanda, Pemain Ini Sempat Tolak IndonesiaSandy Walsh (instagram.com/sandywalsh)

Nantinya, Hilgers beserta Timnas U-21 Belanda akan melakoni dua laga uji coba dalam pemusatan latihan. Jong Oranje akan menjajal kekuatan Belgia pada 23 September 2022 dan Rumania pada 27 September 2022 mendatang.

Di sisi lain, Timnas Indonesia akan segera mendapat kekuatan baru. Dua bek keturunan Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh, akan segera resmi menjadi WNI. Amat kini bermain untuk klub Malaysia, Johor Darul Takzim, sedangkan Walsh berseragam klub Belgia, KV Mechelen.

Baca Juga: Komisi X Restui Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya